Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PISIKOLOGI SOSIAL Oleh : INDRO DWI HARYONO INTERAKSI INTERPERSONAL.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PISIKOLOGI SOSIAL Oleh : INDRO DWI HARYONO INTERAKSI INTERPERSONAL."— Transcript presentasi:

1

2 PISIKOLOGI SOSIAL Oleh : INDRO DWI HARYONO

3 INTERAKSI INTERPERSONAL

4 TERTARIK DAN CINTA a.Tertarik Timbulnya cinta karena seringnya berhubungan atau bertemu. Hubungan langsung dapat berupa : 1. Berhadap-hadapan secara fisik, misalnya teman kerja, teman kuliah dan sebaginya. 2. Tidak berhadap-hadapan secara fisik, setiap hubungan langsung itu tetap terjadi, misalnya melalui telpon, surat dan sebagainya.

5 b. Cinta Cinta merupakan salah satu bentuk terpenting dari ketertarikan antar pribadi. Pada umumnya cinta melibatkan dua orang berbeda jenis kelaminnya, suatu perwuju dan ketertarikan antar pribadi antara pria dan wanita. Hubungan cinta ini mendasari berlangsungnya pernikahan. Pada dasarnya cinta terdiri dari 4 elemen utama yaitu: 1. Pengertian 2. Kepercayaan 3. Kerja sama 4. Pernyataan kasih sayang.

6 BENTUK-BENTUK CINTA Cinta Romantik. Cinta yang ditandai oleh pengalaman- pengalaman emosional. Biasanya merupakan cinta pada pandangan pertama. Yang penting dalam bentuk cinta ini adalah adanya daya tarik jasmaniah. Orang-orang yang terlibat dalam bentuk cinta ini sepakat bahwa, “Pada sentuhan pertamanya saya tahu bahwa cinta adalah suatu kemungkinan yang nyata.” Cinta memiliki. Orang yang terlibat dalam cinta ini merasakan pengalaman emosional yang kuat, mudah cemburu, sangat terobsesi pada orang yang di cintai. Orang-orang yang mengalami bentuk cinta ini biasanya sangat tergantung pada orang yang di cintai, oleh karena itu dia takut tersisih. Keterlibattannya sangat mudah berubah dari perasaan sangat bahagia sampai rasa putus asa. Menurut mereka, “Bila kekasih saya tidak memberikan perhatiannya pada saya, saya merasa sakit.

7 Cinta Kawan Baik. Merupakan bentuk cinta yang mengutamakan keakraban yang menyenangkan. Cinta ini biasanya tumbuh berlahan-lahan dan dimulai dari sebuah persahabatan, saling berbagi dan mengungkapkandiri secara bertahap. Ciri-ciri dari bentuk cinta ini adalah sifatnya yang bijaksana, hangat, dan sarat dengan rasa persaudaraan. Orang- orang yang terlibat dalam bentuk cinta ini Mengatakan, “Cinta yang terbaik adalah cinta yang tumbuh dari sebuah pershabatan.” Cinta Pragmatik. Cinta yang menuntut adanya pasangan yang serasi dan hubungan yang berjalan baik, kedua pihak betah berada di dalamnya dan dapat saling memuaskan kebutuhan- kebutuhan dasar atau kebutuhan-kebutuhan Praktis mereka. Orang yang terlibat dalam cinta pragmatis sangat logis dan banyak pertimbangan dalam menentukan pasangan yang sesuai dengan mereka, “ Anda perlu merencanakan kehidupan anda, anda secara seksama sebelum memilih seorang kekasih.”

8 Cinta Altruistik. Ciri utama dari cinta ini adalah perhatian, keingginan untuk selalu memberikan sesuatu, dan selalu siap memaafkan kesalahan pasangan. Cinta diartikan sebagai suatu tugas yang harus dilakukan tampa pamrih. Bentuk cinta ini diungkapkan melalui pengorbanan diri, kesabaran, dan rasa percaya terhadap orang yang dicintai. Menurut mereka, “ Saya mencoba menggunakan kekuatan saya sendiri untuk membantu keasih saya melewati masa-masa sulitnya, bahkan pada saat dia bertindak bodoh. Cinta Main-main. Orang yang melakukan cinta seperti memainkan sesuatu : untuk menikmati “permainan cinta” dan memenangkannya. Dalam bentuk cinta ini, yang paling penting adalah strategi, dan keterikatan biasanya dihindari. Orang yang terlibat dalam bentuk cinta ini biasanya memiliki lebih dari satu hubungan cinta pada satu saat. Tidak ada hubungan yang mampu bertahan lama, biasanya akan berakhir bila pasangan mulai bosan atau menjadi terlalu serius. Menurut mereka “Bagian yang menyenangkan dari cinta adalah menguji kemampuan seseorang untuk menjaga agar hubungan itu berjalan terus dan orang sekaligus mendapatkan mendapatkan apa yang diinginkannya.”

9 Resep Cinta Manisan Cinta Untuk Yang bercinta Bahan: 0,5kg Saling kepercayaan 2 ons Kasih sayang 50 butir ciuman Cemburu Secukupnya Cubitan mesra. Cara Membuatnya: Campurkan saling percaya dan kasih sayang. Kocok sampai mengembang. Letakan dalam panci kesetiaan, lalu panaskan dalam kompor malam minggu. Selama itu jaga agar api asmara tetap menyala. Masukan butir-butir ciuman sedikit demi sedikit. Sekali-sekali taburkan cemburu. Jangan terlalu banyak, nanti manisan cinta bisa pahit. Setelah masak, angkat dengan janji setia. Lalu hidangkan di piring Perkawinan. Selamat Mencoba oke!


Download ppt "PISIKOLOGI SOSIAL Oleh : INDRO DWI HARYONO INTERAKSI INTERPERSONAL."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google