Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Disampaikan Dalam Seminar Pra Nikah Kamis, 29 Juli 2010 Fakultas MIPA UI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Disampaikan Dalam Seminar Pra Nikah Kamis, 29 Juli 2010 Fakultas MIPA UI."— Transcript presentasi:

1 Disampaikan Dalam Seminar Pra Nikah Kamis, 29 Juli 2010 Fakultas MIPA UI

2

3 Apa yang dipikirkan dan dibayangkan tentang pernikahan ?

4 Rata-rata pada tahap perkembangan dewasa muda (usia tahun) Keadaan fisik  berada pada kondisi puncak dan kemudian menurun secara perlahan. Sisi psikososial  terjadi proses pemantapan kepribadian dan gaya hidup. Sisi biologis  membuat keputusan tentang hubungan yang intim. (Papalia, Olds, & Feldman, 2001; Santrok, 2002, dalam Chairy, 2006).

5 Pemahaman Komitmen Cinta

6 Pemahaman diri dan calon pasangan Pemahaman arti pernikahan Pemahaman motivasi pernikahan diri dan pasangan Pemahaman pengetahuan (terutama agama) serba- serbi pernikahan

7 Komitmen (keterikatan) Komitmen memungkinkan seseorang berkorban untuk pasangannya (Waite & Gallagher, dalam Chairy, 2006) Komitmen dalam pernikahan juga terwujud dalam keputusan untuk mendidik anak bersama.

8 Passionate Love: reaksi emosional  gelora & gairah Biasa di masa perkenalan. Companiate Love : kasih sayang  percaya & toleransi Tumbuh dan berkembang sejalan dengan usia pernikahan. Lebih dewasa dan bersifat jangka panjang. (Hatfield, dalam Lubis, 2002, dalam Chairy,2006)

9 KomUnikasi efektif, Problem solving, ekspresi cintA, hubungan Seks.

10 Gaya komunikasi dipengaruhi oleh cara komunikasi dalam keluarga mereka sendiri, kondisi emosi dan fisik, dan juga pengalaman sebelumnya. Pria cenderung bicara singkat dan padat, bosan mendengarkan cerita yang panjang, dan ingin selalu memberikan solusi. Sedangkan, wanita senang bercerita mendetil, ingin didukung, namun belum tentu membutuhkan solusi.

11 Pria bicara dengan melibatkan fakta tanpa perasaan, sedangkan wanita, kebalikannya; melibatkan perasaan serta pengalaman subyektif. Umumnya pria memerlukan waktu untuk berpikir sendiri atau menjauh dari pasangannya.

12 2 masalah yang muncul dalam pernikahan, yaitu masalah yang berulang serta masalah yang bisa dipecahkan. Masalah berulang, terkait sifat pasangan  terima apa adanya. Masalah yang bisa dipecahkan  dimusyawarahkan.

13 words of affirmation (ungkapan afirmasi). Bentuknya antara lain: kata-kata yang membesarkan hati, ungkapan dengan nada suara lembut, permintaan dengan kerendahan hati, atau pujian. quality time (waktu berkualitas). Bentuknya antara lain: memberikan perhatian penuh, kasih sayang dan menikmati kebersamaan. Menikmati kebersamaan ini bisa berupa komunikasi timbal balik (saling mendengar dan bercerita) dan melakukan kegiatan bersama. receiving gifts (menerima hadiah). Bentuk ungkapan cinta ini adalah yang paling mudah dipelajari. Contohnya adalah memberi hadiah dan kejutan.

14 physical touch (sentuhan fisik). Bentuknya antara lain: pijatan, kecupan, menggandeng tangan, mengusap punggung, dll. Ungkapan sentuhan ini sangat efektif dalam mengkomunikasikan cinta. acts of service (pelayanan). Memberikan bantuan pada pasangan ketika sedang membutuhkan bantuan. Bantuan ini hanya akan memperkuat rasa cinta jika dilakukan dengan senang hati, bukan karena rasa bersalah atau terpaksa.

15 Ketrampilan hubungan seksual yang dimaksud disini adalah segala kegiatan, mulai dari bersentuhan, hingga bersanggama. Seks adalah sebuah aspek penting dalam pernikahan dan nantinya akan mempengaruhi kepuasan pasangan dalam pernikahan. Seks mempengaruhi kesehatan mental seseorang

16 Masalah yang sering dijumpai: frekuensi hubungan seksual tidak sesuai, tidak puas dalam berhubungan seks, namun tidak berani mengutarakannya, kehadiran anak seakan menjadikan hubungan seks menjadi kurang penting, perasaan cinta dan gairah menurun drastis, dan disfungsi seksual.

17 Tidak ada pernikahan yang sempurna. Pernikahan adalah proses menuju kesempurnaan dan kematangan dua pribadi. Siap menikah berarti siap PKC.


Download ppt "Disampaikan Dalam Seminar Pra Nikah Kamis, 29 Juli 2010 Fakultas MIPA UI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google