Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERGAULAN REMAJA SEHAT DISUSUN OLEH ANDITHA MAYDIANA (3)FAIZ AGIL WIRAWAN (13) ANITA SETIA PRATIWI (4) ROSYI FIRDAWATI (26) Burung-net.blogspot.com.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERGAULAN REMAJA SEHAT DISUSUN OLEH ANDITHA MAYDIANA (3)FAIZ AGIL WIRAWAN (13) ANITA SETIA PRATIWI (4) ROSYI FIRDAWATI (26) Burung-net.blogspot.com."— Transcript presentasi:

1 PERGAULAN REMAJA SEHAT DISUSUN OLEH ANDITHA MAYDIANA (3)FAIZ AGIL WIRAWAN (13) ANITA SETIA PRATIWI (4) ROSYI FIRDAWATI (26) Burung-net.blogspot.com

2 MASA REMAJA Remaja adalah suatu sosok manusia yang dinamis, penuh gejolak dan emosional.Pada masa ini,terjadi perubahan yang drastis, baik fisik maupun psikis. Perubahan-perubahan yang terjadi tersebut sangatlah besar pengaruh utamanya dalam pergaulan. Remaja sekarang lebih mampu berekspresi pada emosi dan mengungkapkan perasaan tanpa sembunyi-sembunyi.Dengan biasa mereka mengekspresikan perasaan cinta dan sayang pada pacar mereka di tempat-tempat umum. Buat para orang tua, perilaku seperti ini sangat membuat mereka khawatir. Namun, apabila orang tua terlalu mengekang, maka remaja akan memberontak dan pertikaian antara orang tua dan anak tidak dapat lagi dihindari.

3 Pengaruh Positif Pergaulan Remaja Meningkatkan motivasi belajar sehingga bisa meraih prestasi belajar dengan baik; Dapat meningkatkan pengembangan bakat pada remaja; Dapat mengisi waktu pada kegiatan yang positif; Dapat mengembangkan sikap yang berkarakter (ramah, sopan, suka. menolong, dll);

4 Pengaruh Negatif Pergaulan Remaja Sering melanggar tata tertib sekolah. Melakukan tindakan yang merusak milik orang lain atau fasilitas umum. Membentuk gank atau perkumpulan teman sebaya yang cenderung melakukan kegiatan negatif. Melakukan tindakan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

5 CARA MENCEGAH PERGAULAN NEGATIF Membatasi pergaulan dengan teman yang memiliki kebiasaan tidak sehat, misal suka suka merokok, minum-minuman keras dan sebagainya. Menolak jika ditawari oleh teman untuk mencoba merokok apalagi minum-minuman keras. Mengisi waktu luang dengan kesibukan antara lain membantu orang tua serta melakukan hobi yang bermanfaat Membina hubungan yang akrab dan harmonis dengan orang tua dan seluruh anggota keluarga di rumah. Menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianutnya dengan tekun dan sungguh- sungguh. Menjalani hidup sehat secara teratur

6 Kemampuan bergaul Kemampuan bergaul seseorang adalah ketrampilan seseorang menjalin hubungan dengan orang lain baik melalui tutur kata atau komunikasi timbal balik maupun sikap perilaku sehari-hari yang menyenangkan. Tujuannya agar anak remaja dapat menyesuaikan diri dalam kelompok. pergaulan memerlukan adanya media antara lain kelompok belajar bermain, kegiatan olah raga, kegiatan seni, berpetualang, keagamaan & lain-lain baik secara formal, maupun non formal.

7 HAL HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PERGAULAN Memilih teman pergaulan Jangan terlalu memaksakan kehendak pada teman Jangan selalu menyalahkan teman,seolah kita paling benar dan pintar. Jangan mudah dihasut oleh orang lain Jangan terlalu sering mengeluh kepada teman. Segera minta maaf bila kita salah.

8 Tips jitu mencari teman Pada saat ngobrol pertama kali dengan seseorang, di situlah pribadi kita bisa kelihatan. Apakah kita orang yang baik atau cuek. Nah, Kalau kita bisa memberikan kesan pertama yang baik, maka orang akan menaruh simpati pada kita dan kita akan lebih mudah dalam mencari teman. Usahakan menjadi teman ngobrol yang baik bagi orang lain, meskipun kita sama sekali belum kenal dengan dia. Cara yang paling efektif adalah dengan mendengarkan apa yang sedang orang tersebut bicarakan., jangan memotong pembicaraannya hanya untuk memaksakan pendapat kita. Pada saat orang lain berbicara, usahakan tatap matanya. Hal ini bertujuan agar orang tersebut yakin bahwa kita benar-benar mendengarkan apa yang seang ia bicarakan, sesekali anggukkan kepala Berbicaralah apa adanya, jangan terlalu berlebihan. Kalau kita baru kenal dengan seseorang dan langsung sok akrab belum tentu orang tersebut suka dengan sikap kita. Trik & Tips

9 KESIMPULAN Masa remaja adalah masa paling berbahaya dalam kehidupan kita.Kita sebagai remaja harusnya sadar dan menjaga diri kita jangan sampai terjerumus ke pergaulan yang negatif.Pergaulan negatif akan merusak masa depan kita.Sedangkan dengan pergaulan yang positif,kita akan mencapai masa depan yang cerah.

10 DAFTAR PUSTAKA.Setiyarto,Agus (2009). Bimbingan Konseling Pengembangan Diri untuk SMK.Klaten: Surya Alpindo Terima Kasih


Download ppt "PERGAULAN REMAJA SEHAT DISUSUN OLEH ANDITHA MAYDIANA (3)FAIZ AGIL WIRAWAN (13) ANITA SETIA PRATIWI (4) ROSYI FIRDAWATI (26) Burung-net.blogspot.com."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google