Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Disajikan Oleh : Heru Subagyo Sulaeman PENGURUS PUSAT ASOSIASI PROFESIONALIS ELEKTRIKAL-MEKANIKAL INDONESIA Jl. Matraman Raya No. 113 Palmeriam, Jakarta.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Disajikan Oleh : Heru Subagyo Sulaeman PENGURUS PUSAT ASOSIASI PROFESIONALIS ELEKTRIKAL-MEKANIKAL INDONESIA Jl. Matraman Raya No. 113 Palmeriam, Jakarta."— Transcript presentasi:

1

2 Disajikan Oleh : Heru Subagyo Sulaeman PENGURUS PUSAT ASOSIASI PROFESIONALIS ELEKTRIKAL-MEKANIKAL INDONESIA Jl. Matraman Raya No. 113 Palmeriam, Jakarta Timur Telp , , , Fax

3 I. SALURAN UDARA TEGANGAN MENENGAH (SUTM) A.KOMPONEN DAN FUNGSI 1.Tiang (beton, besi) dan pelengkapnya : untuk menyangga Komponen SUTM. 2.Pole Supporter dan komponen pelengkap-nya : untuk penyangga/ peregang/ penegang tiang pada konstruksi tiang : awal/akhir, sudut/belokan, percabangan dan peregang. 3.Pole Top Assembly (Pole Top Arrangement) dan komponen pelengkapnya : untuk tempat pemasangan/ penyangga isolator konduktor/penghantar, dan lain-lain. 4.Konduktor dan komponen pelengkapnya : untuk menyalurkan arus listrik dari satu tempat ke tempat lainnya. 1

4 Lanjutan I. 2 5.Komponen Pole Accesories : Penghalang Panjat, Danger Plate, Step Bolt, dan lain-lain. 6.Komponen Instalasi Pembumian : untuk membumikan/ mengetanahkan arus lebih yang diakibatkan adanya gangguan (misal : short circuit) pada SUTM. 7.Komponen proteksi/pengaman : Circuit Breaker (CB), Load Break Switch (LBS), Disconnecting Switch (DS), dan lain-lain. 8.Komponen penunjang lainnya.

5 Lanjutan I. 3 B.TAHAPAN PELAKSANAAN KEGIATAN. 1.Mencari informasi peluang pekerjaan di PLN, Distamben (ESDM), Real Estate, Industrial Estate, dan lain-lain. 2.Mengikuti pelelangan, sesuai ketentuan dan tahapan yang dipersyaratkan oleh Instansi/Institusi pemberi kerja (Pengguna Jasa). 3.Melakukan negosiasi (bila perlu). 4.Setelah ditunjuk sebagai pemenang : a.Melakukan persiapan pekerjaan. b.Pengadaan (mobilisasi) material. c.Melakukan re-survey. d.Mobilisasi peralatan kerja. e.Menyiapkan tenaga kerja.

6 Lanjutan I. 4 5.Melaksanakan pekerjaan (pemasangan konstruksi), dengan urutan : a.Stacking. b.Excavation. c.Pole Erection. d.Pemasangan Pole Supporter. e.Pemasangan Pole Top Arrangement/Pole Top Assembly. f.Pemasangan konduktor (Stringing). g.Pemasangan Pole Accesories. h.Checking dan Finishing. i.Pemeriksaan dan Pengujian Internal. j.Perbaikan dan Penyempurnaan. k.Pemeriksaan dan Pengujian oleh lembaga inspeksi yang berwenang, dalam rangka penerbitan sertifikat laik operasi (SLO).

7 Lanjutan I. 5 6.Selama dalam pelaksanaan pekerjaan, membuat laporan-laporan : harian, mingguan, bulanan, progress phisik, dan lain-lain. 7.Energizing (pemasukan tegangan). 8.Serah terima pekerjaan ke Satu (ST I). 9.Masa Pemeliharaan. 10.Serah terima pekerjaan ke Dua (ST II).

8 II. GARDU DISTRIBUSI A.KOMPONEN DAN FUNGSI 1.Tiang (besi, beton) : untuk tempat pemasangan/ penyangga Trafo, LV Panel, serta komponen-komponen Gardu Distribusi lainnya. 2.Trafo dan kelengkapannya : untuk mentransformasikan daya listrik dari tegangan menengah ke tegangan rendah, dengan frequensi tetap. 3.LV Panel dan komponen pelengkapnya : untuk mendistribusikan, mengontrol / mengendalikan, memproteksi jaring distribusi di sisi tegangan rendah. 4.Instalasi pembumian / pentanahan : untuk mengetanahkan / membumikan arus lebih / tegangan lebih akibat terjadinya gangguan pada Gardu Distribusi. 6

9 7 Lanjutan II. 5.Komponen proteksi / pengaman : Fuse Cut Out (FCO), Lightning Arrester (LA), dan lain-lain. 6.Cross Arm / Travers : untuk dudukan (tempat pemasangan) Trafo, FCO, LA dan LV Panel. 7.Komponen penunjang lainnya.

10 Lanjutan II. 8 B.TAHAPAN PELAKSANAAN KEGIATAN. 1.Mencari informasi peluang pekerjaan di PLN, Distamben (ESDM), Real Estate, Industrial Estate, dan lain-lain. 2.Mengikuti pelelangan, sesuai ketentuan dan tahapan yang dipersyaratkan oleh Instansi / Institusi pemberi kerja (Pengguna Jasa). 3.Melakukan negosiasi (bila perlu). 4.Setelah ditunjuk sebagai pemenang : a.Melakukan persiapan pekerjaan. b.Pengadaan (mobilisasi) material. c.Melakukan re-survey. d.Mobilisasi peralatan kerja. e.Menyiapkan tenaga kerja.

11 5.Melaksanakan pekerjaan (pemasangan konstruksi), dengan urutan : a.Excavation. b.Pole Erection. c.Pemasangan Cross Arm / Travers untuk dudukan Trafo, FCO, LA dan LV Panel. d.Pemasangan Trafo dan kelengkapannya. e.Pemasangan FCO, LA dan kelengkapannya. f.Pemasangan LV Panel dan kelengkapannya. g.Pemasangan Instalasi Pembumian dan kelengkapannya. h.Pemasangan Instalasi Wiring dan kelengkapannya. i.Checking dan Finishing. j.Pemeriksaan dan Pengujian Internal. k.Perbaikan dan Penyempurnaan. Lanjutan II. 9

12 10 l.Pemeriksaan dan Pengujian oleh lembaga inspeksi yang berwenang, dalam rangka penerbitan sertifikat laik operasi (SLO). 6.Selama dalam pelaksanaan pekerjaan, membuat laporan-laporan : harian, mingguan, bulanan, progress phisik, dan lain-lain. 7.Energizing (pemasukan tegangan). 8.Serah terima pekerjaan ke Satu (ST I). 9.Masa Pemeliharaan. 10.Serah terima pekerjaan ke Dua (ST II).

13


Download ppt "Disajikan Oleh : Heru Subagyo Sulaeman PENGURUS PUSAT ASOSIASI PROFESIONALIS ELEKTRIKAL-MEKANIKAL INDONESIA Jl. Matraman Raya No. 113 Palmeriam, Jakarta."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google