Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

7 Penyebab Umum Kecelakaan 1. Jalan Pintas……..Short Cut 2. Percaya Diri Berlebihan…Overconfidence 3. Memulai Pekerjaan Dengan Instruksi Yang Tidak Lengkap…Starting.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "7 Penyebab Umum Kecelakaan 1. Jalan Pintas……..Short Cut 2. Percaya Diri Berlebihan…Overconfidence 3. Memulai Pekerjaan Dengan Instruksi Yang Tidak Lengkap…Starting."— Transcript presentasi:

1 7 Penyebab Umum Kecelakaan 1. Jalan Pintas……..Short Cut 2. Percaya Diri Berlebihan…Overconfidence 3. Memulai Pekerjaan Dengan Instruksi Yang Tidak Lengkap…Starting a Task With Incomplete Instruction 4. Kerapian Kerja Yang Jelek…Poor Housekeeping 5. Mengabaikan Prosedur Keselamatan…Ignoring Safety Procedure 6. Gangguan Mental Dari Pekerjaan…Distractions From Work 7. Gagal Untuk Menyiapkan Rencana Sebelum Kerja…Failure To Pre-Plan The Work

2 Jalan Pintas……..Short Cut Setiap hari kita membuat keputusan dimana diharapkan dapat membuat pekerjaan kita lebih cepat dan lebih efisien. Tetapi apakah Anda pernah memikirkan penghematan waktu yang dilakukan akan menimbulkan resiko terhadap keamanan diri Anda, atau keselamatan pekerja lain?. Jalan Pintas yang mengurangi keselamatan Anda pada suatu pekerjaan bukan merupakan jalan pintas, tetapi sebuah peningkatan terhadap kemungkinan terjadinya kecelakaan

3 Percaya Diri Berlebihan… Overconfidence Percaya Diri merupakan sesuatu yang bagus. Overconfidence yang terlalu berlebihan dari sesuatu yang baik, seperti menganggap “Hal itu tidak akan pernah terjadi pada diri saya” merupakan sikap yang dapat membuat prosedur, peralatan, atau metode tidak dilaksanakan dengan benar dalam bekerja. Hal ini adalah merupakan pencetus timbulnya suatu kecelakaan

4 Memulai Pekerjaan Dengan Instruksi Yang Tidak Lengkap…Starting a Task With Incomplete Instruction Untuk melakukan pekerjaan dengan aman dan benar, hal pertama yang Anda butuhkan adalah informasi yang lengkap. Apakah Anda pernah melihat seorang pekerja yang melakukan pekerjaan dengan instruksi pekerjaan yang tidak begitu jelas (hanya beberapa bagian)?. Jangan malu bertanya untuk mendapatkan penjelasan mengenai prosedur pekerjaan dan tindakan keselamatan. “Bukan hal yang bodoh untuk bertanya, sebaliknya hal yang bodoh jika Anda tidak bertanya”.

5 Kerapian Kerja Yang Jelek… Poor Housekeeping Ketika pelanggan, manajer atau orang- orang safety berjalan melalui unit Anda, kerapian merupakan indikator penting dari sikap seseorang mengenai kualitas, produksi dan keselamatan. Kerapian kerja yang jelek akan menciptakan bahaya dari berbagai unsur. Area yang ditata dengan baik, menciptakan standar yang akan diikuti oleh unit lain. Kerapian kerja yang baik merupakan sebuah kebanggaan dan keselamatan.

6 Mengabaikan Prosedur Keselamatan… Ignoring Safety Procedure Dengan sengaja mengabaikan prosedur keselamatan dapat membahayakan Anda dan rekan kerja Anda. Anda dibayar untuk mengikuti kebijaksanaan perusahaan mengenai keselamatan bukan untuk membuat peraturan sendiri…….. “Causal” about safety can lead to a casualty!

7 Gangguan Mental Dari Pekerjaan… Distractions From Work Mengalami hari yang jelek di rumah dan memikirkannya di kantor adalah kombinasi yang berbahaya. Menghilangkan pelindung “mental” dapat menghilangkan fokus Anda terhadap prosedur keselamatan kerja. Anda juga bisa terganggu ketika sedang sibuk bekerja seseorng teman datang untuk berbicara/bercanda ketika Anda sedang bekerja, Jangan melepaskan perhatian dari mesin”walaupun hanya satu menit”.

8 Sekarang ini banyak pembicaraan mengenai Job Hazard Analysis/Risk Assessment. JHA/RA adalah cara yang efektif untuk memberikan gambaran terbaik mengenai bekerja secara aman dan efektif (JHA/RA : tahap-tahap apa yang perlu untuk menyelesaika pekerjaan, bahaya masing-masing tehap, dan bagaimana menghilangkan atau mengurangi bahaya- bahaya yang dapat menimbulkan kecelakaan kerja) Gagal Untuk Menyiapkan Rencana Sebelum Kerja…Failure To Pre- Plan The Work Gagal Untuk Menyiapkan Rencana Sebelum Kerja…Failure To Pre- Plan The Work


Download ppt "7 Penyebab Umum Kecelakaan 1. Jalan Pintas……..Short Cut 2. Percaya Diri Berlebihan…Overconfidence 3. Memulai Pekerjaan Dengan Instruksi Yang Tidak Lengkap…Starting."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google