Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISIOLOGI Ilmu yang mempelajari tentang kehidupan sosial atau kehidupan manusia dengan manusia lainnya secara bersama-sama dalam suatu masyarakat Manusia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISIOLOGI Ilmu yang mempelajari tentang kehidupan sosial atau kehidupan manusia dengan manusia lainnya secara bersama-sama dalam suatu masyarakat Manusia."— Transcript presentasi:

1

2 SISIOLOGI Ilmu yang mempelajari tentang kehidupan sosial atau kehidupan manusia dengan manusia lainnya secara bersama-sama dalam suatu masyarakat Manusia Suatu ilmu yang mempelajari tentang: 1.Hubungan dan pengaruh timbal balik antara beberap gejala sosial. 2.Hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dan non-sosial 3.Ciri-ciri umum dari pada semua jenis gejala sosial. Pitirin Sorokin

3 1.Sosiologi adalah ilmu sosial  merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala-gejala alam yang berhubungan dengan prilaku masyarakat. 2. Sosiologi bukan merupakan disiplin yang normatif melainkan kategoris  artinya bahwa ilmu sosiologi tetap memberikan petunjuk-petunjuk yang menyangkut kebijakan masyarakat dari proses kehidupan bersama, termasuk menyangkut masalah nilai kehidupan. 3. Sosiologi merupakan “pure science” bukan “applied science”  karena tujuannya adalah untuk mendapatkan pengetahuan yang ada dalam kehidupan masyarakat bukan mempergunakan pengetahuan tersebut kedalam masyarakat.

4 4. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang abstrak  bahwa dalam ilmu ini yang diperhatikan adalah bentuk dan pola-pola peristiwa dalam masyarakat. 5. Sosiologi bertujuan untuk menghasilkan pengertian-pengertian dan pola-pola umum, prinsip-prinsip umum, dan hukum-hukum umum yang berkaitan dengan interaksi antar manusia, isi dan struktur dari suatu masyarakat. 6. Sosiologi merupakan ilmu pengatuhan yang empiris dan rasional (tidak menggunakan asumsi). 7. Sosiologi mempelajari gejala-gejala yang bersifat umum yang terdapat pada setiap inteaksi antar manusia.

5 Manusia Individu / Kelompok Merupakan sejumlah manusia yang telah hidup bersama, menciptakan peraturan- peraturan, menciptakan system dan kaidah- kaidah pergaulan dan melahirkan kebudayaan dalam masyarakat tersebut. Masyarakat = Rakyat (bangsa)

6 (1855 – 1917) “Division of Labor”  membedakan antara solidaritas mekanis dan solidaritas organis. Masyarakat yang bercirikan solidaritas organis merupakan perkembangan dari masyarakat mekanis, telah mempunyai pembagian kerja yang ditandai dengan derajat spesialisasi tertenu. (1818 – 1883) Bahwa selama masyarakat masih terbagi atas kelas-kelas, maka pada kelas yang berkuasalah akan terhimpun segala kekuatan dan kekayaan. Selama masih ada kelas yang berkuasa, maka akan tetap terjadi eksploitasi terhadap kelas yang lebih lemah, oleh karena itu timbul pertikaian antar kelas dan yang menang akan membentuk kelas tersendiri dan yang kalah menjadikan masyarakat tanpa kelas.

7 Perbandingan antara kajian ekonomi, sosiologi, dan sosiologi ekonomi ( Neil J. Smelser ) Ilmu ekonomi adalah mempelajari tentang bagaimana orang dan masyarakat mengadakan pilihan, dgn atau tanpa uang, untuk menggunakan sumber-sumber produktif yg langka dan memiliki berbagai alternatif penggunaan, untuk menghasilkan bermacam- macam komoditi dan membaginya untuk konsumsi masa sekarang dan masa depan diantara banyak orang dalam masyarakat. Sosiologi adalah suatu upaya sistimatis untuk menerangkan keteraturan dan keragaman berbagai tujuan dan perilaku perseorangan, struktur sosial, norma-norma dan nilai-nilai, lebih khusus lagi sosiologi mempelajari sebab musabab dan proses saling keterkaitan yang menghubungkan beberapa bentuk variabel satu dengan yang lainnya. Sosiologi ekonomi adalah penggabungan kerangka berpikir, variabel-variabel dan model-model penjelas dari sosiologi dalam kegiatan yang menyeluruh yang meliputi produksi, distribusi pertukaran, dan konsumsi barang dan jasa yang bersifat langka.

8 “ Economics and sociology; Redefining their boundaries: Conversations with economicts and sociology” Menyimpulkan 3 pembagian kerja Antara ekonomi & sosiologi Persoalan Ekonomi dan Sosiologi - Para ekonom memperluas bidang kajiannya pada topik yang secara tradisi digeluti oleh para sosiolog. - Para sosiolog memperluas bidang kajiannya pada masalah yang sama seperti yang dikaji oleh ekonom. Masalah tersebut merupakan topik yang telah menjadi tradisi kajian ekonomi. - Munculnya perpaduan baru antara ekonomi dan sosiologi. (1994)

9 Sosiologi ekonomi merupakan studi tentang bagaimana cara orang atau masyarakat memenuhi kebutuhan hidup mereka terhadap barang dan jasa langka, dengan menggunakan pendekatan sosiologi.

10 Pertama, fenomena ekonomi yaitu gejala bagaimana cara orang atau msy memenuhi kebutuhan hidup mereka terhadap barang dan jasa langka  terkait dengan aktivitas ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi) Konsumsi & Produksi Produktivitas & inovasi teknologi Pasar, Kontrak, Uang, Tabungan Organisasi ekonomi Kehidupan dalam tempat kerja Pembagian kerja & segregasi pekerjaan Kelas ekonomi Ekonomi dan niali budaya Dampak dari faktor gender & etnik terhadap ekonomi Kekuatan ekonomi, Ideologi ekonomi

11 Kedua, Pendekatan sosiologis yaitu berupa kerangka acuhan, variabel- variabel, dan model-model yang digunakan oleh para sosiolog dalam memahami dan menjelaskan kenyataan sosial atau fenomena yang terjadi di masyarakat.

12 (2002) Melihat bagaimana perbandingan antara kajian ekonomi mengacu kepada konsep yang dikembangkan oleh Swedberg, enam hal dalam cara memandang terhadap sesuatu aspek kaitan antara konsep ekonomi dan sosiologi ekonomi : 1.Konsep aktor 2.Konsep tindakan ekonomi 3.Hambatan pada tindakan ekonomi 4.Hubungan ekonomi dan masyarakat 5.Tujuan analisis 6.Penerapan metode

13 Ekonomi cenderung melakukan prediksi dan eksplanasi, dan Sangat sedikit melakukan deskripsi. Sedangkan sosiologi lebih Cenderung kepada deskripsi dan eksplanasi, dan sangat sedikit Melakukan prediksi. Tujuan Analisis Penerapan Metode Analisis ekonomi penekanannya pada penerapan hipotesis dan penggunaan metode matamatik dan statistik, sedangkan sosiologi lebih pada metode historis dan perbandingan.

14 Hubungan ekonomi dan masyarkat SOSIOLOGI EKONOMI MASYARAKAT Fokus perhatian Ekonom : pertukaran, pasar, dan ekonomi.

15 Persoalan Ekonomi dan Sosiologi Masyarakat Fokus Sosiologi Fokus Ekonomi Daerah segitiga elip merupakan daerah perbatasan Gambar: Tumpang tindih fokus perhatian antara ekonomi Dan sosiologi Perspektif Soiologi tentang Sosiologi Ekonomi

16 1.Analisis Soisologis terhadap proses ekonomi, misalnya proses pembentukan harga antara pelaku ekonomi 2. Analisis hubungan dan interaksi antara ekonomi dan instisusi lain dari masyarakat, misalnya hubungan antara ekonomi dan agama 3. Studi tentang perubahan institusi dan parameter budaya yang menjadi konteks bagi landasan ekonomi dari masyarakat, misalnya semangat kewirausahaan dikalangan santri

17 Weber (1922)  Economy Society 3 Garis pemisah ekonomi & sosiologi Ekonomi: - Tindakan ekonomi adalah sosial - Tindakan ekonomi selalu melibatkan makna - Tindakan ekonomi selalu memperhatikan Kekuasaan

18 Pemikiran “Swedberg & Granovetter (1992)” Merujuk Pemikiran “Weber” 1.Tindakan Ekonomi adalah suatu bentuk dari tindakan sosial. 2. Tindakan ekonomi di situasikan secara sosial. 3. Institusi-institusi ekonomi di- konstruksi secara sosial.

19 Any Question ……?


Download ppt "SISIOLOGI Ilmu yang mempelajari tentang kehidupan sosial atau kehidupan manusia dengan manusia lainnya secara bersama-sama dalam suatu masyarakat Manusia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google