Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELOMPOK : 5... ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR Pengertian Interaksi Pengertian Interaksi Sosial- Budaya Ciri-ciri Terjadinya Interaksi Sosial Macam- macam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELOMPOK : 5... ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR Pengertian Interaksi Pengertian Interaksi Sosial- Budaya Ciri-ciri Terjadinya Interaksi Sosial Macam- macam."— Transcript presentasi:

1

2 KELOMPOK : 5... ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR

3 Pengertian Interaksi Pengertian Interaksi Sosial- Budaya Ciri-ciri Terjadinya Interaksi Sosial Macam- macam Interaksi Sosial Syarat Terjadi Interaksi Sosial Faktor yang Mempengaruhi Interaksi Sosial Implikasi Dari Sifat Kesosialan Manusia Dampak Interaksi Sosial- Budaya

4 Interaksi berasal dari kata inter dan aksi. Aksi (action) yang dimaksud adalah tindakan. Tindakan oleh Max Weber diartikan sebagai perilaku yang mempunyai makna subjektif bagi pelakunya (the subjective meaning of action). Maksudnya adalah bahwa makna yang sebenarnya dari suatu tindakan hanya diketahui dengan benar oleh pelakunya (aktor) sendiri.

5  Maryati dan Suryawati (2003) menyatakan bahwa, “Interaksi sosial adalah kontak atau hubungan timbal balik atau interstimulasi dan respons antar individu, antar kelompok atau antar individu dan kelompok” (p. 22).  Pendapat lain dikemukakan oleh Murdiyatmoko dan Handayani (2004), “Interaksi sosial adalah hubungan antar manusia yang menghasilkan suatu proses pengaruh mempengaruhi yang menghasilkan hubungan tetap dan pada akhirnya memungkinkan pembentukan struktur sosial” (p. 50).  Sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat.

6 Budaya atau kebudayaan adalah suatu komponen yang sangat penting yang meliputi cara hidup masyarakat seperti cara berpikir, berencana, bertindak disamping segala hasil karya nyata yang dianggap berguna INTERAKSI SOSIAL BUDAYA adalah suatu kontak atau hubungan timbal balik antar individu dan masyarakat yang saling mempengaruhi sehingga menjadi budaya tersendiri dalam kehidupan bermasyarakat.

7 Menurut Tim Sosiologi (2002), ada empat ciri - ciri interaksi sosial, antara lain (p. 23) : a. Jumlah pelakunya lebih dari satu orang b. Terjadinya komunikasi di antara pelaku melalui kontak sosial c. Mempunyai maksud atau tujuan yang jelas d. Dilaksanakan melalui suatu pola sistem sosial tertentu

8  Interaksi sosial yang bersifat asosiatif, yakni yang mengarah kepada bentuk - bentuk asosiasi (hubungan atau gabungan)  Interaksi sosial yang bersifat disosiatif, yakni yang mengarah kepada bentuk - bentuk asosiasi (hubungan atau gabungan)

9  Tindakan Sosial Tindakan Sosial  Arah Komunikasi Arah Komunikasi  Kontak Sosial Kontak Sosial

10  Tindakan rasional instrumental  Tindakan rasional berorientasi nilai  Tindakan tradisional  Tindakan efektif

11 Menurut Gibson (1996) desain organisasi harus memungkinkan terjadinya komunikasi 4 arah yang berbeda :  Komunikasi ke bawah (down ward communication)  Komunikasi keatas (up ward communication)  Komunikasi horizontal (horizontal communication)  Komunikasi diagonal (diagonal communication)

12 Dalam kehidupan sehari-hari dikenal beberapa macam kontak sosial yaitu : Kontak Sosial Menurut cara yang dilakukan: Kontak langsung dan kontak tidak langsung. Menurut proses terjadinya/tingkat hubungannya: Kontak primer dan kontak sekunder. Menurut sifat: Kontak positif dan kontak negatif.

13 FFaktor Internal a. Dorongan untuk meneruskan/mengembangkan keturunan b. Dorongan untuk memenuhi kebutuhan c. Dorongan untuk mempertahankan hidup d. Dorongan untuk berkomunikasi dengan sesama

14 a. Imitasib. Identifikasic. Sugestid. Simpatie. Empatif. Motivasi

15  Manusia sebagai makhluk individu  Manusia sebagai makhluk sosial

16 Dampak positif  Terpenuhinya kebutuhan individu dan kelompok yang tidak dapat dipenuhi sendiri tanpa adanya interaksi dengan orang lain.  Kerjasama manusia yang terus berkembang seiring dengan makin kompleksnya kebutuhan dan situasi masyarakat saat ini.  Hubungan sosial antara dua atau lebih kelompok sosial yang berbeda akan terintegrasi lebih kuat karena timbulnya solidaritas dan kesetiakawanan yang tinggi.  Individu- individu yang berbeda akan saling kenal  Tercapainya kestabilan antara dua/ lebih kelompok yang bertikai  Lahirnya unsur kebudayaan baru dengan tidak menghilangkan atau mengeliminasi kebudayaan asli yang mendukungnya.  Terjadinya negosiasi antara pihak- pihak yang bertikai.

17 Dampak negatif KKerusakan dan hilangnya harta benda dan nyawa jika terjadi kontak atau benturan fisik PPersaingan yang tajam akan membuat kontrol sosial tidak berfungsi AAkan menimbulkan prasangka yang memicu terjadinya kerugian bagi orang lain AAktivitas yang dilakukan akan mengakibatkan terjadinya benturan/ kontak fisik MMenimbulkan rencana / niat mencelakakan pihak lain

18 Good bye


Download ppt "KELOMPOK : 5... ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR Pengertian Interaksi Pengertian Interaksi Sosial- Budaya Ciri-ciri Terjadinya Interaksi Sosial Macam- macam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google