Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh Munawar Asikin. Sistem Basis Data Basis Data File Record Data item Byte Bit Agregat Data.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh Munawar Asikin. Sistem Basis Data Basis Data File Record Data item Byte Bit Agregat Data."— Transcript presentasi:

1 Oleh Munawar Asikin

2 Sistem Basis Data Basis Data File Record Data item Byte Bit Agregat Data

3 3

4  Karakter (Character): merupakan bagian data yang paling kecil, dapat berupa karakter numeric, huruf, atau karakter khusus yang membentuk suatu item data atau filed.

5  Field mempresentasikan sebuah atribut dari record yang menunjukan suatu item dari data, misalnya nama, alamat, nomer telepon, dan lain sebagainya. Nama satu filed harus berbeda dengan field lainnya, beberapa tipe field diantaranya : karakter, teks, tanggal, angka, dan lain sebagainya.  Sebuah field mempunyai beberapa komponen  tipe field  lebar field (ruang maksimum yang dapat terisi oleh karakter, teks, angka, dsb.)  isi dari field tersebut untuk masing-masing record

6  Pelengkap data yang ada pada masing-masing field, sehingga dapat memberikan sebuah informasi terhadap sebuah item dalam basis data.  Suatu attribute dapat mewakili karakter suatu entity.

7  Record menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu. Kumpulan dari record membentuk suatu file.  Misalnya file personalia, tiap-tiap record dapat mewakili data tiap-tiap karyawan.

8  File merupakan kumpulan dari record-record dalam basis data yang menggambarkan satu kesatuan data yang sejenis.  Misalnya file mata pelajaran berisi data tentang semua mata pelajaran yang ada.

9  Suatu obyek nyata yang dapat dibedakan dari yg lainnya.  Pada sebuah data base entity dapat pula diartikan sebagai isi dari data base tersebut.

10  Data base merupakan kumpulan dari beberapa file atau tabel yang saling berhubungan sehingga dapat membentuk sebuah basis data.

11  Merupakan kumpulan dari database yang terdiri dari beberapa file dan tabel yang saling berkaitan dan ditambah dengan sebuah program yang berfungsi sebagai pengelola sistem.

12  Beberapa definisi basis data (database) :  Chou : mendefinisikan basis data sebagai kumpulan informasi bermanfaat yang diorganisasikan ke dalam tatacara yang khusus.  Fabbri dan Schwab : Basis data, adalah sistem berkas terpadu yang dirancang terutama untuk meminimalkan pengulangan data.  Date : Basis data dapat dianggap sebagai tempat untuk sekumpulan berkas data terkomputerisasi.  Basis data adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.  Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS).  Basis data tidak hanya sekedar kumpulan berkas (tabel), tetapi juga mencakup hal- hal lain, seperti hubungan antar tabel, view (tabel yang bersifat logis, yang merupakan paduan sejumlah medan milik sejumlah tabel), dan bahkan kode yang disebut prosedur tersimpan.  Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah basis data memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema.  Skema menggambarkan obyek yang diwakili suatu basis data, dan hubungan di antara obyek tersebut. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur basis data, hal ini dikenal sebagai model basis data atau model data.

13  Kecepatan dan Kemudahan (Speed)  Efisiensi Ruang Penyimpanan (Space)  Keakuratan (Accuracy)  Ketersediaan (Availability)  Kelengkapan (Completeness)  Keamanan (Security)  Kebersamaan (Sharability)

14 1. Mengurangi redundansi Data yang sama pada beberapa aplikasi cukup disimpan sekali saja. 2. Menghindarkan inkonsistensi Karena redundansi berkurang, sehingga umumnya update hanya sekali saja. 3. Terpeliharanya integritas data Data tersimpan secara akurat. 4. Data dapat dipakai bersama-sama Data yang sama dapat diakses oleh beberapa user pada saat bersamaan. 5. Memudahkan penerapan standarisasi Menyangkut keseragaman penyajian data. 6. Jaminan sekuriti Data hanya dapat diakses oleh yang berhak. 7. Menyeimbangkan kebutuhan Dapat ditentukan prioritas suatu operasi, misalnya antara update (mengubah data) dengan retrieval (menampilkan data) didahulukan update.

15  Mahal  Diperlukan hardware tambahan CPU yang lebih besar Terminal yang lebih banyak Alat untuk komunikasi  Biaya performance yang lebih besar Listrik Personil yang lebih tinggi klasifikasinya Biaya telekomunikasi yang antar lokasi / kota  Kompleks  Prosedur backup & recovery sulit

16  Kepegawaian  Pergudangan (inventory)  Akuntansi  Perbankan  Pendidikan/Sekolah  Rumah Sakit  Telekomunikasi

17  Perpustakaan  Mall  Credit Card  Tourism 17

18  DATA, data tersimpan secara terintegrasi dan dipakai secara bersama-sama  HARDWARE, perangkat keras yang digunakan dalam mengelola sistem database  SOFTWARE, perangkat lunak perantara antara pemakai dengan data fisik. perangkat lunak dapat berupa data base management system dan berbagai program aplikasi  USER, sebagai pemakai sistem

19 Ciri-ciri data didalam database :  Data disimpan secara terintegrasi (integrated)  Database merupakan kumpulan dari berbagai macam file dari aplikasi-aplikasi yang berbeda, yang disusun dengan cara menghilangkan bagian- bagian yang rangkap (redundant)  Data dapat dipakai secara bersama-sama (shared)  Masing-masing bagian dari database dapat diakses oleh pemakai dalam waktu yang bersamaan, untuk aplikasi yang berbeda

20  Terdiri dari semua peralatan perangkat keras komputer yang digunakan untuk pengelolaan sistem database berupa:  Peralatan untuk penyimpanan database, yaitu secondary storage (harddisk, disket, flash disk, CD)  Peralatan input (keyboard, scanner, kamera digital) dan output (printer, layar monitor)  Peralatan komunikasi data (ethernet card, modem)

21  Berfungsi sebagai perantara (interface) antara pemakai dengan data physik pada database.  Software pada sistem database dapat berupa:  Database Management System (DBMS), yang menangani akses terhadap database, sehingga pemakai tidak perlu memikirkan proses penyimpanan dan pengelolaan data secara detail  Program-program aplikasi dan prosedur- prosedur

22  Pemakai database dibagi atas 3 klasifikasi, yaitu: 1. Database Administrator (DBA), yaitu: Orang/team yang bertugas mengelola sistem database secara keseluruhan 2. Programmer, yaitu: Orang/team yang bertugas membuat program aplikasi yang mengakses database, dengan menggunakan bahasa pemrograman, seperti Clipper, VB, Oracle baik secara batch maupun online untuk berinteraksi dengan komputer 3. End-user, yaitu: Orang yang mengakses database melalui terminal, dengan menggunakan query-language atau program aplikasi yang dibuatkan oleh programmer

23  Structured programming  Improving the logical program flow by breaking the program into groups of statements, called structures  CASE tools: used during software development to automate some of the techniques  Object-oriented implementation  A collection of existing modules of code, or objects, can be used across a number of applications  Cross-platform development: allows programmers to develop programs that can run on computer systems having different hardware and operating systems, or platforms  Integrated development environment: combines the tools needed for programming with a programming language into one integrated package  Structured walkthrough: a planned and preannounced review of the progress of a program module, a structure chart, or a human procedure 23

24  Computer programs: sequences of instructions for the computer  Documentation: describes program functions to help user operate computer system  Systems software: set of programs that coordinates the activities of hardware and programs  Application software: programs that help users solve particular problems 24

25  TERIMA KASIH 


Download ppt "Oleh Munawar Asikin. Sistem Basis Data Basis Data File Record Data item Byte Bit Agregat Data."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google