Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengenalan Data Base/Basis Data Pertemuan Pertama, 20 Maret 2012.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengenalan Data Base/Basis Data Pertemuan Pertama, 20 Maret 2012."— Transcript presentasi:

1 Pengenalan Data Base/Basis Data Pertemuan Pertama, 20 Maret 2012

2 Hirarkhi Data Sistem Basis Data Basis Data File Record Data item Byte Bit Agregat Data

3 Principles of Information Systems, Seventh Edition 3 Byte

4 Sebuah data pada basis data mempunyai beberapa tingkatan diantaranya adalah : Karakter (Character): merupakan bagian data yang paling kecil, dapat berupa karakter numeric, huruf, atau karakter khusus yang membentuk suatu item data atau filed.

5 Field Field mempresentasikan sebuah atribut dari record yang menunjukan suatu item dari data, misalnya nama, alamat, nomer telepon, dan lain sebagainya. Nama satu filed harus berbeda dengan field lainnya, beberapa tipe field diantaranya : karakter, teks, tanggal, angka, dan lain sebagainya.

6 Field (lanjutan) Sebuah field mempunyai beberapa komponen tipe field lebar field (ruang maksimum yang dapat terisi oleh karakter, teks, angka, dsb.) isi dari field tersebut untuk masing-masing record

7 Attribute Pelengkap data yang ada pada masing- masing field, sehingga dapat memberikan sebuah informasi terhadap sebuah item dalam basis data. Suatu attribute dapat mewakili karakter suatu entity.

8 Record Record menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu. Kumpulan dari record membentuk suatu file. Misalnya file personalia, tiap-tiap record dapat mewakili data tiap-tiap karyawan.

9 File File merupakan kumpulan dari record- record dalam basis data yang menggambarkan satu kesatuan data yang sejenis. Misalnya file mata pelajaran berisi data tentang semua mata pelajaran yang ada.

10 Entity Suatu obyek nyata yang dapat dibedakan dari yg lainnya. Pada sebuah data base entity dapat pula diartikan sebagai isi dari data base tersebut.

11 Data Base/Basis Data Data base merupakan kumpulan dari beberapa file atau tabel yang saling berhubungan sehingga dapat membentuk sebuah basis data.

12 Database Management System (DBMS) Merupakan kumpulan dari database yang terdiri dari beberapa file dan tabel yang saling berkaitan dan ditambah dengan sebuah program yang berfungsi sebagai pengelola sistem.

13 Basis Data: Beberapa Konsep Beberapa definisi basis data (database) :  Chou : mendefinisikan basis data sebagai kumpulan informasi bermanfaat yang diorganisasikan ke dalam tatacara yang khusus.  Fabbri dan Schwab : Basis data, adalah sistem berkas terpadu yang dirancang terutama untuk meminimalkan pengulangan data.  Date : Basis data dapat dianggap sebagai tempat untuk sekumpulan berkas data terkomputerisasi.

14 Basis Data (2) Basis data adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.informasikomputer program komputer Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Perangkat lunakkuerisistem manajemen basis data

15 Basis Data (3) NIMNAMAALAMAT AnisaJl. ABC No AndiJl. Bunga No TonoJl Serang No.30 KodeMKNmMKSKSFakultas CS12345Data Structures2CS CS43235Database3CS CS65634Operating System2CS Tabel Mahasiswa Tabel Mata Kuliah Column (field) Row (record) NIMKodeMK CS CS CS CS CS43235 Tabel Kartu Rencana Studi

16 Basis Data (4) Basis data tidak hanya sekedar kumpulan berkas (tabel), tetapi juga mencakup hal- hal lain, seperti hubungan antar tabel, view (tabel yang bersifat logis, yang merupakan paduan sejumlah medan milik sejumlah tabel), dan bahkan kode yang disebut prosedur tersimpan.

17 Basis Data (5) Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah basis data memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema. skema Skema menggambarkan obyek yang diwakili suatu basis data, dan hubungan di antara obyek tersebut. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur basis data, hal ini dikenal sebagai model basis data atau model data.model basis data

18 Basis Data (6) Ada banyak Model yang umum digunakan untuk memodelkan data. Diantaranya adalah model relasional, yang menurut istilah layman mewakili semua informasi dalam bentuk tabel-tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom (definisi yang sebenarnya menggunakan terminologi matematika). Dalam model ini, hubungan antar tabel diwakili dengan menggunakan nilai yang sama antar tabel. Model yang lain seperti model hierarkis dan model jaringan menggunakan cara yang lebih eksplisit untuk mewakili hubungan antar tabel.model relasionalmodel hierarkismodel jaringan

19 Tujuan Pemanfaatan Basis Data (1) 1. Kecepatan dan Kemudahan (Speed) Yakni agar pengguna basis data bisa: -m-menyimpan data -m-melakukan perubahan/manipulasi terhadap data -m-menampilkan kembali data dengan lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan cara biasa (baik manual ataupun elektronis). 2. Efisiensi Ruang Penyimpanan (Space) Dengan basis data kita mampu melakukan penekanan jumlah redundansi (pengulangan) data, baik dengan menerapkan sejumlah pengkodean atau dengan membuat relasi-relasi antara kelompok data yang saling berhubungan.

20 3. Keakuratan (Accuracy) Agar data sesuai dengan aturan dan batasan tertentu dengan cara memanfaatkan pengkodean atau pembentukan relasi antar data bersama dengan penerapan aturan/batasan (constraint) tipe data, domain data, keunikan data dsb. 4. Ketersediaan (Availability) Agar data bisa diakses oleh setiap pengguna yang membutuhkan, dengan penerapan teknologi jaringan serta melakukan pemindahan/penghapusan data yang sudah tidak digunakan / kadaluwarsa untuk menghemat ruang penyimpanan. Tujuan Pemanfaatan Basis Data (2)

21 5. Kelengkapan (Completeness) Agar data yang dikelola senantiasa lengkap baik relatif terhadap kebutuhan pemakai maupun terhadap waktu, dengan melakukan penambahan baris-baris data ataupun melakukan perubahan struktur pada basis data; yakni dengan menambahkan field pada tabel atau menambah tabel baru. 6. Keamanan (Security) Agar data yang bersifat rahasia atau proses yang vital tidak jatuh ke orang / pengguna yang tidak berhak, yakni dengan penggunaan account (username dan password) serta menerapkan pembedaan hak akses setiap pengguna terhadap data yang bisa dibaca atau proses yang bisa dilakukan. Tujuan Pemanfaatan Basis Data (3)

22 6. Kebersamaan (Sharability) Agar data yang dikelola oleh sistem mendukung lingkungan multiuser (banyak pemakai), dengan menjaga / menghindari munculnya problem baru seperti inkonsistensi data (karena terjadi perubahan data yang dilakukan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan) atau kondisi deadlock (karena ada banyak pemakai yang saling menunggu untuk menggunakan data). Tujuan Pemanfaatan Basis Data (4)

23 Keuntungan Pemakaian Sistem Basis Data 1. Mengurangi redundansi Data yang sama pada beberapa aplikasi cukup disimpan sekali saja. 2. Menghindarkan inkonsistensi Karena redundansi berkurang, sehingga umumnya update hanya sekali saja. 3. Terpeliharanya integritas data Data tersimpan secara akurat. 4. Data dapat dipakai bersama-sama Data yang sama dapat diakses oleh beberapa user pada saat bersamaan. 5. Memudahkan penerapan standarisasi Menyangkut keseragaman penyajian data. 6. Jaminan sekuriti Data hanya dapat diakses oleh yang berhak. 7. Menyeimbangkan kebutuhan Dapat ditentukan prioritas suatu operasi, misalnya antara update (mengubah data) dengan retrieval (menampilkan data) didahulukan update.

24 Kerugian Pemakaian Sistem Basis Data Mahal  Diperlukan hardware tambahan CPU yang lebih besar Terminal yang lebih banyak Alat untuk komunikasi  Biaya performance yang lebih besar Listrik Personil yang lebih tinggi klasifikasinya Biaya telekomunikasi yang antar lokasi / kota Kompleks Prosedur backup & recovery sulit

25 Pemakai Basis Data (1) Secara umum, seluruh sistem dalam kehidupan bisa menggunakan konsep basis data dalam pengelolaan informasi, karena semua sistem tersebut tak bisa lepas dari fakta. Bidang-bidang fungsional yang memanfaatkan basis data dalam hal efisiensi, akurasi dan kecepatan operasi antara lain adalah: - Kepegawaian, untuk berbagai perusahaan yang memiliki banyak pegawai - Pergudangan (inventory), untuk perusahaan manufaktur (pabrik), grosir (reseller), apotik dll - Akuntansi, untuk berbagai perusahaan - Akuntansi, untuk berbagai perusahaan Layanan pelanggan (Customer care), untuk perusahaan yang berhubungan dengan banyak pelanggan (bank, konsultan dll)

26 Pemakai Basis Data (2) Bentuk-bentuk Perusahaan yang memanfaatkan Basis Data: - Perbankan, dalam melakukan pengelolaan data nasabah, tabungan, pinjaman, pembuatan laporan akuntansi, pelayanan informasi pada nasabah dll - Pendidikan / sekolah, dalam melakukan pengelolaan data siswa, penjadwalan kegiatan, perkuliahan, nilai dll. - Rumah Sakit, dalam melakukan pengelolaan histori penyakit / pengobatan pasien, menangani pembayaran perawatan dll. - Telekomunikasi, dalam melakukan pengelolaan data administrasi kabel / data pelanggan, menangani gangguan dll. - Dan lain sebagainya

27 TID1103/Aplikasi Komputer Dlm Pengurusan 27 Perpustakaan Penggunaan Database/Basis Data

28 TID1103/Aplikasi Komputer Dlm Pengurusan 28 Mall Penggunaan Database/Basis Data

29 TID1103/Aplikasi Komputer Dlm Pengurusan 29 Credit Card Penggunaan Database/Basis Data

30 TID1103/Aplikasi Komputer Dlm Pengurusan 30 Tourism Penggunaan Database/Basis Data

31 Komponen Basis Data DATA, data tersimpan secara terintegrasi dan dipakai secara bersama-sama HARDWARE, perangkat keras yang digunakan dalam mengelola sistem database SOFTWARE, perangkat lunak perantara antara pemakai dengan data fisik. perangkat lunak dapat berupa data base management system dan berbagai program aplikasi USER, sebagai pemakai sistem

32 Data Ciri-ciri data didalam database : Data disimpan secara terintegrasi (integrated)  Database merupakan kumpulan dari berbagai macam file dari aplikasi-aplikasi yang berbeda, yang disusun dengan cara menghilangkan bagian-bagian yang rangkap (redundant) Data dapat dipakai secara bersama-sama (shared)  Masing-masing bagian dari database dapat diakses oleh pemakai dalam waktu yang bersamaan, untuk aplikasi yang berbeda

33 Hardware Terdiri dari semua peralatan perangkat keras komputer yang digunakan untuk pengelolaan sistem database berupa:  Peralatan untuk penyimpanan database, yaitu secondary storage (harddisk, disket, flash disk, CD)  Peralatan input (keyboard, scanner, kamera digital) dan output (printer, layar monitor)  Peralatan komunikasi data (ethernet card, modem)

34 Software Berfungsi sebagai perantara (interface) antara pemakai dengan data physik pada database. Software pada sistem database dapat berupa:  Database Management System (DBMS), yang menangani akses terhadap database, sehingga pemakai tidak perlu memikirkan proses penyimpanan dan pengelolaan data secara detail  Program-program aplikasi dan prosedur- prosedur

35 User Pemakai database dibagi atas 3 klasifikasi, yaitu: 1. Database Administrator (DBA), yaitu: Orang/team yang bertugas mengelola sistem database secara keseluruhan 2. Programmer, yaitu: Orang/team yang bertugas membuat program aplikasi yang mengakses database, dengan menggunakan bahasa pemrograman, seperti Clipper, VB, Oracle baik secara batch maupun online untuk berinteraksi dengan komputer 3. End-user, yaitu: Orang yang mengakses database melalui terminal, dengan menggunakan query-language atau program aplikasi yang dibuatkan oleh programmer

36 Principles of Information Systems, Seventh Edition 36 Tools and Techniques for Software Development Structured programming  Improving the logical program flow by breaking the program into groups of statements, called structures CASE tools: used during software development to automate some of the techniques Object-oriented implementation  A collection of existing modules of code, or objects, can be used across a number of applications

37 Principles of Information Systems, Seventh Edition 37 Tools and Techniques for Software Development (continued) Cross-platform development: allows programmers to develop programs that can run on computer systems having different hardware and operating systems, or platforms Integrated development environment: combines the tools needed for programming with a programming language into one integrated package Structured walkthrough: a planned and preannounced review of the progress of a program module, a structure chart, or a human procedure

38 Principles of Information Systems, Seventh Edition 38 An Overview of Software Computer programs: sequences of instructions for the computer Documentation: describes program functions to help user operate computer system Systems software: set of programs that coordinates the activities of hardware and programs Application software: programs that help users solve particular problems

39 2B  Ketua: Mohamad Nurfajar Kapriaji   C  Ketua: Fendy Apriyadi  


Download ppt "Pengenalan Data Base/Basis Data Pertemuan Pertama, 20 Maret 2012."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google