Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PANCAR DENAH PROFILIA, 7250406540 PENGARUH PENDIDIKAN MANAJER/PEMILIK, PELATIHAN AKUNTANSI DAN SKALA USAHA TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI DENGAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PANCAR DENAH PROFILIA, 7250406540 PENGARUH PENDIDIKAN MANAJER/PEMILIK, PELATIHAN AKUNTANSI DAN SKALA USAHA TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI DENGAN."— Transcript presentasi:

1 PANCAR DENAH PROFILIA, PENGARUH PENDIDIKAN MANAJER/PEMILIK, PELATIHAN AKUNTANSI DAN SKALA USAHA TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI DENGAN VARIABEL MODERATING KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN PADA MANAJER/PEMILIK INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN PEMALANG.

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : PANCAR DENAH PROFILIA - NIM : PRODI : Akuntansi - JURUSAN : Akuntansi - FAKULTAS : Ekonomi - pd_profilia pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Sukirman, M.Si - PEMBIMBING 2 : Indah Anisykurlillah, SE. M.Si. Akt. - TGL UJIAN :

3 Judul PENGARUH PENDIDIKAN MANAJER/PEMILIK, PELATIHAN AKUNTANSI DAN SKALA USAHA TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI DENGAN VARIABEL MODERATING KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN PADA MANAJER/PEMILIK INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN PEMALANG.

4 Abstrak Kurangnya informasi akuntansi merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kegagalan pada industri kecil dan menengah dalam mengembangkan usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan manajer/pemilik, pelatihan akuntansi dan skala usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi dengan ketidakpastian lingkungan sebagai variabel moderating. Hasil survey awal pada 10 industri kecil dan menengah di Kabupaten Pemalang memiliki indikasi penggunaan informasi akuntansi yang rendah yaitu 7 perusahaan tidak membuat laporan keuangan dan hanya 3 perusahaan menengah yang membuat laporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah industri kecil dan menengah yang terdaftar pada Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pemalang. Metode pengambilan sampel penelitian menggunakan stratified sampling probability, berjumlah 127 manajer/pemilik industri kecil dan menengah Kabupaten Pemalang dengan tingkat kesalahan 5%. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner yang dibagikan kepada para manajer/pemilik industri kecil dan menengah Kabupaten Pemalang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dan analisis regresi berganda model interaksi (MRA) dan uji selisih mutlak. Uji hipotesis dengan menggunakan uji F, uji t dan koefisien determinasi (R2). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan manajer/pemilik, pelatihan akuntansi dan skala usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi dan ketidakpastian lingkungan tidak terbukti memoderasi pengaruh pendidikan manajer/pemilik, pelatihan akuntansi, dan skala usaha dalam penggunaan informasi akuntansi pada industri kecil dan menengah Kabupaten Pemalang. Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang dapat diberikan peneliti adalah peningkatan pendidikan manajer/pemilik dan pelatihan akuntansi terhadap informasi akuntansi sangat diperlukan dalam mengelola usaha dengan memberikan pelatihan dan pengarahan tentang pengetahuan akuntansi dalam menjalankan usaha. Partisipasi aktif dari para manajer/pemilik perusahaan untuk mengikuti pelatihan akuntansi juga merupakan hal yang penting dan harus diperhatikan agar tujuan pelatihan tersebut dapat tercapai.

5 Kata Kunci Pendidikan Manajer/Pemilik, Pelatihan Akuntansi, Skala Usaha, Ketidakpastian Lingkungan, Penggunaan Informasi Akuntansi, Industri Kecil dan Menengah

6 Referensi

7 Terima Kasih


Download ppt "PANCAR DENAH PROFILIA, 7250406540 PENGARUH PENDIDIKAN MANAJER/PEMILIK, PELATIHAN AKUNTANSI DAN SKALA USAHA TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI DENGAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google