Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Uji Normalitas Data. Kenapa diperlukan? Untuk menentukan teknik statistik apa yang akan digunakan? –Data berdistribusi tidak normal  statistik non parametrik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Uji Normalitas Data. Kenapa diperlukan? Untuk menentukan teknik statistik apa yang akan digunakan? –Data berdistribusi tidak normal  statistik non parametrik."— Transcript presentasi:

1 Uji Normalitas Data

2 Kenapa diperlukan? Untuk menentukan teknik statistik apa yang akan digunakan? –Data berdistribusi tidak normal  statistik non parametrik (Korelasi Rank Spearman, Korelasi Kendall) –Data berdistribusi normal  statistik parametrik (Korelasi Product Moment/Pearson, Regresi)

3 Bagaimana caranya? Ada 3 Cara Dengan melihat hasil nilai skewness yang didapat melalui statistik deskriptif (Data dikatakan berdistribusi normal jika nilai Skewness di antara: –( ) atau ( ) Kolmogorov-Smirnov dari menu Analyze > Descriptive Statistics > Explore Kolmogorov-Smirnov dari menu Analyze > Non parametric test > 1-sample K-S

4 Kolmogorov-Smirnov dari menu Analyze > Descriptive Statistics > Explore

5

6

7 Hasilnya Jika nilai Sig lebih besar dari 0,05 maka data berdistribusi normal Jika nilai Sig lebih kecil dari 0,05 maka data tidak berdistribusi normal

8 Cara lain

9

10 Hasilnya

11


Download ppt "Uji Normalitas Data. Kenapa diperlukan? Untuk menentukan teknik statistik apa yang akan digunakan? –Data berdistribusi tidak normal  statistik non parametrik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google