Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ilmu Sosial Budaya Daar 421108 Dosen Drs I Wayan Musna BA Msi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ilmu Sosial Budaya Daar 421108 Dosen Drs I Wayan Musna BA Msi."— Transcript presentasi:

1 Ilmu Sosial Budaya Daar Dosen Drs I Wayan Musna BA Msi

2 A.Visi, Misi dan Tujuan ISBD Visi Kelompok mata kuliah Berkehidupan bermasyarakat M.B.B :: Pasal 1 Keputusan Dirjen Dikti No 30 DIKTI/Kep /2003 Menyatakan bahwa visi klompok menjadi sumber nilai,moral,estetika, etika dan panduan bagi penyelenggaraan pendidikan dalam mengantarkan mahasiswa mengembangkan kemampuan pemahaman serta penguasaan tentang :

3 1 Keaneka ragaman,kesederajatan,dan kemartabatan manusia sebagai individu dan makhluk sosial didalam kehidupanbermasyarakat dengan berpedoman kepada kebudayaan melalui pranata pendidikan 2. Tanggung jawab manusia terhadap sumber daya alam,dan lingkungan dalam kehidupan bermasyarakat baik nasional maupun global yang membatasi tindak kekaryaan seseorang sesuai dengan kompetisi keakhliannya,

4 Misi MBB 1Memberi landasan pengetahuan dan wawasan luas serta keyakinan kepada mahasiswa sebagai bekal hidup bermasyarakat selaku individu, dan mahluk sosial yang beradab bertanggung jawab trhadap sumber daya alam dan lingkungannya. 2Agar Mahasiswa mengusai kemampuan berpikir rasional,berwawasan luas,berjiwa besar sebagai manusia intlektual,beradab dan

5 Bermartabat yang bertanggung jawab terhadap terwujudnya estetika, etika dan moral,atau nilai nilai budaya bagi keteraturan,kebersamaan dan kesejahtraan hidup bermasyarakat serta terpeliharanya sumber daya alam dan lingkungannya. Dengan berbekal ISBD maka Lulusan pergurauan tinggi dapat diharapkan :

6 1.Mampu menguasai ilmu pengertahuan tentang keaneka ragaman, kesederajatan dan kemartabatan manusia saebagai individu, dan makluk sosial dalam kehidupan bermasyarakat 2. Mampu memahami dan menghormati estetika etika dan nilai nilai budaya yang menjadi pedoman bagi keteraturan dan kesejahtraan hidup dalam menata hidup kebersamaan dalam masyarakat.

7 1.Visi ISBD Berkembangnya Mahsiswa sebagai manusia terpelajar yang keritis Peka dan arif dalam memahami keragaman dan kesederajatan manusia yang dilandasi nilai nilai estetika,etika dan moral dalam kehidupan bermasyarakat.

8 2.MISI ISBD Memberikan landasan pengetahuan dan landasan yang luas serta menumbuhkan sikap kritis,peka dan arif pada mahasiswa untuk memahami keragaman,kesederajatan manusia dalam kehidupan bermasyarakat selaku inbdividu dan makhluk sosial yanmg beradab serta bertanggung jawab terhadap sumber daya alam dan lingkungannya.

9 3. Tujuan ISBD 1,Mengembangkan kesadaran Mahasiswa menguasai pengetahuan tentang keaneka ragaman dan keswederajatan manusia sebagai individu dan makluk sosial dalam kehidupan bermasyarakat. 2Menumbuhkan sikap kritis peka dan arif dalam memahami keanekaragaman dan kesedrajatan manusia dengan landasan nilai estetika,etika moral,dalam kehidupan ber

10 Masyarakat 3.Memberikan landasan pengetahuan dan wawasan yang luas serta keyakinan kepada Mahasiswa sebagai bekal hdup bermasyarakat selaku individu dan makluk sosial yang beradab dalam memperaktikkan pengetahuan akademis dan keakhliannya.

11 Pengerian Ilmu sosial Dasar, Ilmu budaya Dasar,dan ISBD, 1.Ilmu sosial dasar ( Basic Sosial Studies ) bukan suatu disiplin ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri melainkan,hanyalah suatu pengetahuan mengenai aspek aspek yang paling dasar yang ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan masalah masalah sosial yang terwujud dari padanya

12 2. Ilmu sosial dasar memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala gejala sosial agar daya tanggap,persepsi dan penalaran, mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan,sehingga kepekaan mahasiswa padalingkungan sosialnya menjadi lebih besar.

13 3.Ilmu sosial Dasar bertujuan : membantu pengembangan wawasan pemikiran dan keperibadian Mhasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas,dan ciri ciri keperobadian yang diharapakan dari setiap anggota golongan terpelajar khususnya berkenanaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia manusia lain dan tingkah laku manusia terhadap -

14 Manusia yang bersangkutan Ilmu sosial dasar menyajikan :suatu pemahaman mengenai akekat manusia sebagai makhluk sosial.

15 Ilmu Budaya Dasar ( Basic humanities) : Adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan penetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah masalah manusia dan kebudayaan, Tujuan umum dari ilmu budaya dasar adalah pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan

16 Perhatian pengetahuan dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungan,kususnya gejala gejala berkenaan dengan kebudayaan dan kemanusiaa,agar daya tanggap,persepsi dan penalaran berkenaan dengan lingkungan budaya dapat di perluas.

17 Isi Ilmu Budaya dasar terdiri dari disiplin ilmu sosial dan Humaniora beserta kegiatan dasar manusia,sedang metode dasar berpikirnya menghadopsi ilmu pengetahuan alam,serta menggunakan disiplin ilmu pendidikan dan psikologi pendidikan untuk teori belajar dan mengajarnya. IBD mempelajari bahan bahan yang sifatnya Tabu,issues dalam bidang ekonomi,

18 Politik sejarah, hukum, moral dan lain lainnya. Dengan bahan seperti ini diharapkan mahasiswa : a.Dapat mempelajari masalah sosial dan budaya yang perlu dipecahkan b. Iklim kelas mencerminkan kehidupan demokrasi, c. Melatih berbeda pendapat.

19 D. Bahan tabu dekat kegunaannya dengan kebutuhan pribadi dan masyarakat.

20 C. Ruang Lingkup ISBD 1 Pengantar ISBD 2. Manusia sebagai Mahkluk budaya 3. Mansia dan Peradaban 4 Manusia sebagai individu dan mahluk sosial 5. Manusia keragaman dan kesederajatan. 6.Manusia,moralitas dan hukum. 7Manusia Sain dan Teknologi 8Manusia dan lingkungan.

21 Kedudukan ISBD Dalam Pendidikan Umum Di perguruan Tinggi ISBD termasuk pada kata gori gendral education (Pendidikan Umum ) yang bertujuan untuk membina individu ( Mahasiswa ) untuk menjadi warga masyarakat atau warga negara yang baik yaitu pendidikan yang berkenaan dengan pengembangan keseluruhan kepribadian seseorang dalam kaitannya dengan masyarakat dan lingkungan hidup.

22 Penddidikan umum mempersiapkan generasi muda dalam kehidupan umum sehari hari dalam kelompok mereka,yang merupakan unsur kesatuan budaya,berhubungan dengan keseluruh kehidupan yang memenuhi kepuasan dalam keluarga,pekerjaan sebagai warga negara,pekerjaan sebagai umat yang terpadu serta penuh dengan makna kehidupan.

23 Pendidikan umum ini mempersiapkan peserta didik terutama generasi muda untuk menjadi :”Manusia yang sesunguhnya”yang manusiawi,mengenal diri sendiri manusia lain disekelilingnya,sadar akan kehidupan yang luas dengan segala masalah dan kondisinya yang menjadi hak dan kewajiban setiap orang memperdayakannya sebagai anggota keluarga,negara,dunia dan akhirnya sbg ciptaan Tuhan.

24 Pendidikan umum merupakan proses pembangkitan makna makna yang esensial dalam kehidupan masyarakat dan budaya manusia yang meliputi enam pola yaitu : Simbolik,empirik,estetik,sinoetik,etik,dan sinoptik. Makna simbolik meliputi, bahasa, matematika,syarat sayarat,upacara,anda tanda kebesaran, dan sebagainya.

25 Makna Empirik :mengembangkan makna teoritis, konseptual,analitis, gengrallisasi berdasarkan fakta fakta dan kenyataan yang dapat diamati. Makna estetik meliputi berbagai seni seperti musik,karya seni,kesenian, sastra, dll. Kawasan esttik ini termasuk hal hal yang berkenaan dengan keindahan,kehalusan keunikan menurut persepsi subyektif berjiwa seni.

26 Mmakna Seoetik : berkenaan dengan perasaan kesan penghayatan,dan kesadaran dengan perasaan yang mendalam. Makna sinoptik berkenaan dengan pengertian pengertian yang terpadu dan mendalam seperti Agama, filsafat,pengetahuan sejarah yang menuntut nalar masa lampau,dan hal hal yang bernuasa spriyual.

27 ISBD Sebagai bagian dari gendaral education Ia bukanlah sebuah disiplin ilmubkan sebgai bagian ilmu sosial,dan juga bukan disiplin ilmu budaya.Akan tetapi Ia merupakan sebuah studi yang akan menggunakan makna makna esensial disiplin ilmu ilmu sosial dan ilmu budaya sebagai pisau analisis untuk memecahkan masalah sosial dan budaya yang ada dalam kehidupan masyarakat.

28 Fungsi Pendidikan Umum dan MBB di perguruan Tinggi 1.Usaha untuk membantu mengembangkan keperibadian mahasiswa agar manpu berperan sebagai anggota masyarakatdan bangsa serta agama. 2.Untuk menumbuhkan kepekaan Mahasiswa terhadapa masalah kemanusiaan sosial dan budaya yang timbul di masyarakat.

29 3Memberi pengetahuan dasar kepada Mhs agar mampu berpikir secara inter disipliner, dan mampu memahami pikiran para ahli berbagai ilmu pengetahuan,sehingga dengan demikian memudahkan mereka berkumunikasi. MBB di perguarauan tinggi menjadi sumber : Nilai Moral Estetika, etika dan panduan bagi pendidik dalam mengantarkan MHS untuk mengembangkan kemampuan :

30 Keaneka ragaman kesedajatan,dan kemartabatan manusia sebagai individu, dan makhluk sosial didalam kehidupan bermasyrakat,dengan berpedoman kepada kebudayaan dan pranata pranata sosialnya. Tanggung jawab manusia terhadap sumber daya alam dan lingkungannya dalam berkehidupan bermasyarakat baik nasional maupun global.

31 Hasil Pendidikan Tinggi diharapkan a.Ilmu pengetahuan dan keterampilan tertentu. b. Penerapan ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam bentuk kekaryaan. c,.Sikap berkarya. d.hakekat dan kemampuan dalam berkehidupan bermasyarakat dengan pilihan kekaryaan e.Nilai Nilai dasar Agama,budaya serta kesadaran berbangsa dan bernegara.


Download ppt "Ilmu Sosial Budaya Daar 421108 Dosen Drs I Wayan Musna BA Msi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google