Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ISBD: ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR MATAKULIAH BERKEHIDUPAN BERMASYARAKAT (MBB)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ISBD: ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR MATAKULIAH BERKEHIDUPAN BERMASYARAKAT (MBB)"— Transcript presentasi:

1 ISBD: ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR MATAKULIAH BERKEHIDUPAN BERMASYARAKAT (MBB)

2 Identifikasi Suatu Kebudayaan Hanya ada dalam kehidupan manusia Hanya diperoleh dalam anggota masyarakat Diwariskan dengan cara belajar Berwujud material dan non material

3 Manusia sbg Pencipta Kebudayaan Kelakuan manusia didasarkan pada akalnya Kehidupan manusia berlangsung atas bantuan peralatan sbg hasil kerja akalnya Perilaku manusia didapat dan dibiasakan dengan proses belajar Dengan akalnya manusia memiliki alat komunikasi berupa bahasa Pengetahuan manusia bersifat akumulatif Dengan akalnya manusia dpt merumuskan segala pengetahuannya yang bersifat akumulatif Sistem pembagian kerja manusia lebih kompleks Masyarakat manusia beraneka ragam.

4 VISI ISBD Menjadi sumber nilai, moral, estetika, etika, dan panduan bagi penyelenggaraan pendidikan dlm mengantarkan mhs mengembangkan kemampuan pemahaman serta penguasaan tentang: 1. Keanekaragaman, kesederajatan, dan kemarta- batan sbg individu dan makhluk sosial di dlm ke- hidupan bermasyarakat dg berpedoman kpd kebu- dayaan melalui pranata pendidikan. 2. Tanggung jawab manusia thd sumber daya alam dan lingkungannya dlm berkehidupan bermasyara- kat baik nasional, global, yg membatasi tindak ke- karyaan seseorang sesuai dg kompetensi keahlian- nya.

5 MISI ISBD Memberikan landasan pengetahuan dan wa- wasan luas serta keyakinan kpd mhs sebagai bekal hidup bermasyarakat selaku individu, makhluk sosial yg beradab, bertanggung ja- wab thd sumber daya alam dan lingkungan- nya.

6 Kompetensi MBB Agar mhs menguasai kemampuan berpikir rasio- nal, berwawasan luas, berjiwa besar sbg manusia intelektual beradab dan bermartabat yg bertang- gung jawab thd. : A. Terwujudnya estetika, etika & moral atau nilai- nilai budaya bagi keteraturan, kebersamaan, dan kesejahteraan hidup bermasyarakat. B. Terpeliharanya sumber daya alam dan lingku- ngannya.

7 KOMPETENSI ISBD Menguasai pengetahuan ttg keanekaragaman, ke- sederajatan, dan kebermartabatan manusia sbg in- dividu dan makhluk sosial dlm berkehidupan ber- masyarakat. Memahami dan menghormati estetika, etika dan nilai-nilai budaya yg menjadi pedoman bagi kete- raturan dan kesejahteraan hidup dlm menata hidup kebersamaan dlm masyarakat.

8 TUJUAN ISBD Mengembangkan kesadaran mhs menguasai pe- ngetahuan ttg keanekaragaman dan kesederajatan manusia sbg individu & makhluk sosial dalam ke- hidupan bermasyarakat. Menumbuhkan sikap kritis, peka & arif dlm me- mahami keragaman dan kesederajatan manusia dg landasan nilai estetika, etika dan moral dalam ke- hidupan bermasyarakat. Memberikan landasan pengetahuan dan wawasan yg luas serta keyakinan kpd mhs sbg bekal bagi hidup bermasyarakat, selaku individu & makhluk sosial yg beradab dlm mempraktikkan pengetahu- an akademik dan keahliannya.

9 Hakekat Kebudayaan Penjilmaan manusia dalam menghadapi waktu, peluang, keinambungan dan per-ubahan yakni sejarah. Kebudayaan merupakan perwujudan dari budi, yang berupa cipta, karsa, dan rasa. Sbg makhluk budaya manusia berkemam-puan menciptakan kebaikan, kebenaran, keadilan dan bertanggung jawab. Sbg makhluk berbudaya, manusia mendayakan akal budinya untuk menciptakan kebahagiaan, baik bagi dirinya & masy demi kesempurnaan hidupnya.

10 Pengertian cipta, karsa, dan rasa Cipta: kerinduan manusia untuk mengeta-hui rahasia segala hal yang ada dalam pe- ngalamannya, baik lahir maupun batin. Karsa: kerinduan manusia untuk mengin-syafi ttg “sangkan paran”, dari mana manu-sia itu ada (sangkan) dan kemana manusia kembali (paran). Rasa: kerinduan manusia akan keindahan, sehingga menimbulkan dorongan untuk menikma- ti keindahan.

11 Wujud Kebudayaan Keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia untuk memenuhi kehi-dupannya dengan cara belajar, yang semua-nya tersusun dalam kehidupan masyarakat. Menurut J.J. Honigmann berdasarkan gejalanya wujud kebudayaan dpt debedakan me-liputi: ideas, actvities, dan artifact. Menurut Koentjoroningrat: 1) suatu kompleks ide- ide, gagasan nilai-nilai, norma-norma, dsb.2) kom- pleks aktivitas serta tindakan berpola manusia dlm masyarakat; 3) benda-benda hasil karya manusia.

12 7 Unsur Kebudayaan Universal 1. Sistem religi dan upacara keagamaan 2. Sistem organisasi kemasyarakatan 3. Sistem pengetahuan 4. Sistem bahasa 5. Sistem kesenian 6. Sistem mata pencaharian hidup 7. Sistem teknologi dan peralatan


Download ppt "ISBD: ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR MATAKULIAH BERKEHIDUPAN BERMASYARAKAT (MBB)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google