Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MASALAH KEBUDAYAAN. Pengertian Kebudayaan dan Peradaban.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MASALAH KEBUDAYAAN. Pengertian Kebudayaan dan Peradaban."— Transcript presentasi:

1 MASALAH KEBUDAYAAN

2

3

4

5 Pengertian Kebudayaan dan Peradaban

6 Definisi Kebudayaan Menurut Para Ahli Segala daya dan aktivitas menusia untuk mengolah dan mengubah alam. Segala daya dan aktivitas menusia untuk mengolah dan mengubah alam. Daya dan budi yang berupa cipta, rasa, karsa. Daya dan budi yang berupa cipta, rasa, karsa. Primitive Culture artinya keseluruhan yang komplek. Primitive Culture artinya keseluruhan yang komplek. Konfigurasi dari tingkah laku yang dipelajari Konfigurasi dari tingkah laku yang dipelajari

7 Pola untuk hidup yang tercipta dalam sejarah. Pola untuk hidup yang tercipta dalam sejarah. Manifestasi dari suatu bangsa. Manifestasi dari suatu bangsa. Ciptaan hidup dari suatu bangsa. Ciptaan hidup dari suatu bangsa. Segala yang bersifat hasil kerja jiwa manusia dalam arti yang seluas-luasnya. Segala yang bersifat hasil kerja jiwa manusia dalam arti yang seluas-luasnya. Budi dan daya menjadi makna sejiwa dan tidak dapat dipisahkan. Budi dan daya menjadi makna sejiwa dan tidak dapat dipisahkan. Cara hidup bersama. Cara hidup bersama. Cara berfikir. Cara berfikir. Kesimpulan : Kebudayaan adalah hasil buah budi manusia untuk mencapai kesempurnaan hidup Kesimpulan : Kebudayaan adalah hasil buah budi manusia untuk mencapai kesempurnaan hidup

8 Definisi Peradaban Berasal dari kata “adab” artinya kesopanan, kehormatan, budi bahasa, dan etika. Berasal dari kata “adab” artinya kesopanan, kehormatan, budi bahasa, dan etika. Bagian dari kebudayaan yang bertujuan untuk memudahkan dan mensejahterakan hidup. Bagian dari kebudayaan yang bertujuan untuk memudahkan dan mensejahterakan hidup.

9 Wujud kebudayaan dan Unsur-Unsurnya Prof. Dari. Koentjoroningrat, wujud kebudayaan ada 3 macam yaitu : Wujud kebudayaan sebagai kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma- norma, peraturan, dll. Wujud kebudayaan sebagai kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma- norma, peraturan, dll. Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas serta tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat. Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas serta tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat. Wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia. Wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia.

10 Adapun unsur kebudayaan yang bersifat universal meliputi sebagai berikut : Peralatan dan perlengkapan hidup manusia sehari-hari. Peralatan dan perlengkapan hidup manusia sehari-hari. Sistem mata pencaharian dan sistem ekonomi. Sistem mata pencaharian dan sistem ekonomi. Sistem kemasyarakatan : perkawinan, warisan, dll. Sistem kemasyarakatan : perkawinan, warisan, dll. Bahasa sebagai media komunikasi : baik lisan maupun Bahasa sebagai media komunikasi : baik lisan maupun tertulis. tertulis. Ilmu Pengetahuan. Ilmu Pengetahuan. Kesenian missal : seni tari,seni lukis,seni drama,seni Kesenian missal : seni tari,seni lukis,seni drama,seni suara,dll. suara,dll. Sistem religi. Sistem religi.

11 Hubungan antara manusia, masyarakat, dan kebudayaan Hubungan Manusia dengan Masyarakat. Hubungan Manusia dengan Masyarakat. Hidup bermasyarakat harus rukun agar manusia benar-benar dapat mengembangkan budayanya dan mencapai kebudayaannya. Hubungan Manusia dengan Kebudayaan. Hubungan Manusia dengan Kebudayaan. Dipandang dari sudut antropologi, manusia dapat ditinjau dari 2 segi : - Manusia sebagai makhluk biologi - Manusia sebagai makhluk biologi - Manusia sebagai makhluk sosial budaya - Manusia sebagai makhluk sosial budaya

12 Hubungan Masyarakat dengan Kebudayaan. Hubungan Masyarakat dengan Kebudayaan. Manusia adalah sumber kebudayaan dan, masyarakat adalah danau besar, dimana air dari sumber-sumber itu mengalir dan tertandu. Hubungan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan. Hubungan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan. Manusia masyarakat, dan kebudayaan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan karena ketiga unsur inilah kehidupan mahluk sosial berlangsung.

13 Masalah Kebudayaan soal kehidupan Huxley menyimpulkan : Manusia mempunyai otak sempurna, yang memberi kemungkinan untuk berfikir, bicara dan menggunakan alat-alat. Manusia mempunyai otak sempurna, yang memberi kemungkinan untuk berfikir, bicara dan menggunakan alat-alat. Manusia satu-satunya makhluk yang tegak lurus. Manusia satu-satunya makhluk yang tegak lurus. Manusia satu-satunya makhluk yang memerlukan masa pertumbuhan lama. Manusia satu-satunya makhluk yang memerlukan masa pertumbuhan lama. Jumlah embrio pada manusia kebanyakan satu. Jumlah embrio pada manusia kebanyakan satu. Manusia tidak mempunyai rambut penutup badan. Manusia tidak mempunyai rambut penutup badan.

14 SEKIAN


Download ppt "MASALAH KEBUDAYAAN. Pengertian Kebudayaan dan Peradaban."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google