Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN. FENOMENA KEBUDAYAAN Refleksi tentang Fenomen Kebudayaan: Fenomen kebudayaan adalah sesuatu yang khas insani manusialah subjek.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANUSIA DAN KEBUDAYAAN. FENOMENA KEBUDAYAAN Refleksi tentang Fenomen Kebudayaan: Fenomen kebudayaan adalah sesuatu yang khas insani manusialah subjek."— Transcript presentasi:

1 MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

2 FENOMENA KEBUDAYAAN Refleksi tentang Fenomen Kebudayaan: Fenomen kebudayaan adalah sesuatu yang khas insani manusialah subjek dan pelaku kebudayaan (coba bandingkan dengan binatang) Fenomen kebudayaan adalah sesuatu yang khas insani manusialah subjek dan pelaku kebudayaan (coba bandingkan dengan binatang) Manusia merupakan summa primat Manusia merupakan summa primat Melalui kegiatan kebudayaan nilai kemanusiaan sebagai manusia ditentukan Melalui kegiatan kebudayaan nilai kemanusiaan sebagai manusia ditentukan Kegiatan kebudayaan adalah manifes dari usaha manusia untuk menaklukan, menguasai dan memperabdikan alam kodrat Kegiatan kebudayaan adalah manifes dari usaha manusia untuk menaklukan, menguasai dan memperabdikan alam kodrat Alam kodrat adalah causa materialis kebudayaan dan daya cipta manusia sebagai causa formalis (Mazhab Stoa) Alam kodrat adalah causa materialis kebudayaan dan daya cipta manusia sebagai causa formalis (Mazhab Stoa)

3 Kebudayaan sebagai usaha menyempurnakan diri: Kebudayaan sebagai ‘sekolah’ dimana manusia dapat belajar menghargai hidup sebagai insani Kebudayaan sebagai ‘sekolah’ dimana manusia dapat belajar menghargai hidup sebagai insani Kebudayaan adalah bagian dari naluri dasar manusia untuk menemukan kebenaran, kebaikan dan keindahan Kebudayaan adalah bagian dari naluri dasar manusia untuk menemukan kebenaran, kebaikan dan keindahan Kebudayaan sebagai ketegangan antara imanensi dan trensendensi Kebudayaan sebagai ketegangan antara imanensi dan trensendensi Sebagai upaya penyempurnaan maka ‘kebudayaan’, dari konsep dan perkem-bangan harus selalu dievaluasi Sebagai upaya penyempurnaan maka ‘kebudayaan’, dari konsep dan perkem-bangan harus selalu dievaluasi

4 Pergeseran Pemaknaan Kebudayaan Awalnya banyak orang mengartikan kebudayaan meliputi segala manifestasi dari kehidupan manusia yang berbudi luhur dan yang bersifat rohani; seperti agama, kesenian, filsafat, ilmu, dsb sekarang kebudayaan diartikan sebagai manifestasi kehidupan setiap orang atau sekelompok orang. Awalnya banyak orang mengartikan kebudayaan meliputi segala manifestasi dari kehidupan manusia yang berbudi luhur dan yang bersifat rohani; seperti agama, kesenian, filsafat, ilmu, dsb sekarang kebudayaan diartikan sebagai manifestasi kehidupan setiap orang atau sekelompok orang. Awalnya, kebudayaan dianggap seba-gai sesuatu yang statis (kata benda), dewasa ini kebudayaan dipan-dang sebagai sesuatu yang lebih dinamis (kata kerja). Awalnya, kebudayaan dianggap seba-gai sesuatu yang statis (kata benda), dewasa ini kebudayaan dipan-dang sebagai sesuatu yang lebih dinamis (kata kerja).

5 Arti dan Makna Kebudayaan Kebudayaan adalah keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakannyanya dengan belajar serta keseluruhan dari hasil budi dan karyanya (Koentjaraningrat) Kebudayaan adalah keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakannyanya dengan belajar serta keseluruhan dari hasil budi dan karyanya (Koentjaraningrat) Kebudayaan adalah keseluruhan warisan social yang dapat dipandang sebagai hasil karya yang tersusun menurut tata tertib teratur, baik berupa kebendaan, kemahiran teknik, pikiran dan gagasan, kebiasaan, nilai-nilai tertentu, organisasi tertentu, dsb (Ensiklopedia Umum) Kebudayaan adalah keseluruhan warisan social yang dapat dipandang sebagai hasil karya yang tersusun menurut tata tertib teratur, baik berupa kebendaan, kemahiran teknik, pikiran dan gagasan, kebiasaan, nilai-nilai tertentu, organisasi tertentu, dsb (Ensiklopedia Umum)

6 Kebudayaan adalah keseluruhan yang rumit yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan semua kemampuan dan kebiasaan yang didapat manusia sebagai anggota masyarakat (Edward B. Taylor) Kebudayaan adalah keseluruhan yang rumit yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan semua kemampuan dan kebiasaan yang didapat manusia sebagai anggota masyarakat (Edward B. Taylor) Kebudayaan mencakup semua manifestasi kebiasaan social daripada satu masyarakat, reaksi- rekasi seorang individu yang timbul karena pengaruh kebiasaan masyarakat di mana ia tinggal, dan hasil karya kegiatan manusiawi sebagaimana ditentukan oleh kebiasaan-kebiasaan itu (Fanz Boas) Kebudayaan mencakup semua manifestasi kebiasaan social daripada satu masyarakat, reaksi- rekasi seorang individu yang timbul karena pengaruh kebiasaan masyarakat di mana ia tinggal, dan hasil karya kegiatan manusiawi sebagaimana ditentukan oleh kebiasaan-kebiasaan itu (Fanz Boas)

7 Kebudayaan adalah ‘pemenuhan kebutuhan’ (Bornislaw Malinowski) Teori Fungsional Baginya, fungsi mendahului bentuk. Artinya suatu kebudayaan ditentukan oleh fungsi-funsinya untuk memenuhi kebutuhan. Contoh yang diberikan Mlinoswki : Kebudayaan adalah ‘pemenuhan kebutuhan’ (Bornislaw Malinowski) Teori Fungsional Baginya, fungsi mendahului bentuk. Artinya suatu kebudayaan ditentukan oleh fungsi-funsinya untuk memenuhi kebutuhan. Contoh yang diberikan Mlinoswki : Dasar Kebutuhan Pemenuhan metabolismekomisariat reproduksiKekeluargaan Kenikmatan Jasmani Perumahan keselamatanPerlindungan GerakanKegiatan pertumbuhanLatihan kesehatankebersihan

8 Kebudayaan adalah cara berpikir dan cara merasa, yang menyatakan diri dalam seluruh segi kehidupan dari segolongan manusia yang membentuk kesatuan social dalam suatu ruang dan waktu (Sidi Gazalba) Kebudayaan adalah cara berpikir dan cara merasa, yang menyatakan diri dalam seluruh segi kehidupan dari segolongan manusia yang membentuk kesatuan social dalam suatu ruang dan waktu (Sidi Gazalba) Kebudayaan dimaknai sebagai suatu system simbolik atau konsfigurasi system perlam-bangan (Aliran strukturalisme formal/Strauss) Kebudayaan dimaknai sebagai suatu system simbolik atau konsfigurasi system perlam-bangan (Aliran strukturalisme formal/Strauss) Kebudayaan adalah hal ikhwal yang dipunyai manusia dalam pikiran (mind), model yang dimiliki untuk mempersepsikan, menghubung-kan, dan menginterpretasikan hal ikhwal tersebut (Aliran Antropologi Kognitif/Go-denough) Kebudayaan adalah hal ikhwal yang dipunyai manusia dalam pikiran (mind), model yang dimiliki untuk mempersepsikan, menghubung-kan, dan menginterpretasikan hal ikhwal tersebut (Aliran Antropologi Kognitif/Go-denough)

9 Kebudayaan sebagai pengetahuan yang diperoleh yang digunakan orang untuk menginterpretasikan pengalaman dan melahirkan tingkah laku social (Spradley) Kebudayaan sebagai pengetahuan yang diperoleh yang digunakan orang untuk menginterpretasikan pengalaman dan melahirkan tingkah laku social (Spradley) Kebudayaan dimaknai sebagai mekanisme kontrol bagi tingkah laku manusia (aliran Semiotik/Geertz) Kebudayaan dimaknai sebagai mekanisme kontrol bagi tingkah laku manusia (aliran Semiotik/Geertz) Kebudayaan merupakan suatu keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk social yang digunakan untuk memahami dan menginterpretasikan lingkungan dan penga-lamannya, serta sebagai pedoman bagi tingkah lakunya (Parsudi Suparlan) Kebudayaan merupakan suatu keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk social yang digunakan untuk memahami dan menginterpretasikan lingkungan dan penga-lamannya, serta sebagai pedoman bagi tingkah lakunya (Parsudi Suparlan)

10 WUJUD KEBUDAYAAN 1. Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan, dsb; (wujud ideal) 2. Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas kelakuan berpola dari manusia dalam masyarakat; (wujud aktivitas) 3. Wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil kerya manusia (wujud fisik)

11 Ciri Umum dari Kebudayaan Terdiri atas unsur-unsur universal seperti; struktur social, system politik, system ekonomi dan teknologi, system agama, dan system bahasa serta komunikasi Terdiri atas unsur-unsur universal seperti; struktur social, system politik, system ekonomi dan teknologi, system agama, dan system bahasa serta komunikasi Merupakan milik bersama yang pewarisannya dilakukan melalui suatu proses belajar Merupakan milik bersama yang pewarisannya dilakukan melalui suatu proses belajar Merupakan aktivitas kemanusiaan untuk mengubah dan memberi bentuk serta susunan baru pada ciptaan Tuhan (alam) sesuai dengan kebutuhan jasmani dan rohaninya Merupakan aktivitas kemanusiaan untuk mengubah dan memberi bentuk serta susunan baru pada ciptaan Tuhan (alam) sesuai dengan kebutuhan jasmani dan rohaninya

12 UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN 1. Sistem religi dan upacara keagamaan; 2. Sistem dan organisasi kemasyarakatan; 3. Sistem pengetahuan; 4. Bahasa; 5. Kesenian; 6. Sistem Mata pencaharian hidup; 7. Sistem teknologi dan peralatan.

13 PRANATA KEBUDAYAAN Pranata yang berpusat pada suatu kelakukan berpola Sistem norma Peralatan fisik personel

14 KEBUTUHANPRANATA Kehidupan Berkerabatan Kinship/domestic institutions Pencarian hidup, memproduksi, menimbun dan mendistribusi harta Economic institutions (pertanian, perdagangan, dsb) Kebutuhan penerangan dan pendidikan Educational institutions Kebutuhan Ilmiah manusia, menyelami alam semesta Scientific institutions Pemenuhan Rasa Keindahan Aesthetic and recreational institutions Kebutuhan kerohanian Religious institutions Mengatur kehidupan berkelompok atau bernegera Political institutions Kebutuhan Jasmaniah manusia Somatic institutions


Download ppt "MANUSIA DAN KEBUDAYAAN. FENOMENA KEBUDAYAAN Refleksi tentang Fenomen Kebudayaan: Fenomen kebudayaan adalah sesuatu yang khas insani manusialah subjek."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google