Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

UKURAN DASAR DAN TEKNIK ANALISA DEMOGRAFI.  Beberapa peristiwa demografis dapat diukur dengan berbagai cara, diantaranya : rasio, proporsi, dan tingkat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "UKURAN DASAR DAN TEKNIK ANALISA DEMOGRAFI.  Beberapa peristiwa demografis dapat diukur dengan berbagai cara, diantaranya : rasio, proporsi, dan tingkat."— Transcript presentasi:

1 UKURAN DASAR DAN TEKNIK ANALISA DEMOGRAFI

2  Beberapa peristiwa demografis dapat diukur dengan berbagai cara, diantaranya : rasio, proporsi, dan tingkat (rates).  Di dalam mengukur peristiwa-peristiwa demografis tersebut, perlulah di ketahui dengan pasti : a. pada periode waktu mana peristiwa itu terjadi b. kelompok penduduk mana yang mengalami peristiwa tersebut c. peristiwa apa yang diukur.

3  Rasio adalah bilangan yang menyatakan nilai relatif antara dua bilangan.  Banyak perhitungan-perhitungan rasio dan proporsi yang dipergunakan dalam pengukuran demografi.  Dalam masing-masing rasio tersebut perlu disebutkan dengan jelas peristiwa-peristiwa demografis yang mau dihitung atau diukur, karena rasio ini dapat berarti bermacam-macam : a. perbandingan antara penduduk laki-laki dan penduduk perempuan di Indonesia. b. Perbandingan jumlah anak laki-laki umur 0-4 tahun dengan jumlah anak perempuan dalam kelompok umur yang sama. c. Perbandingan jenis kelamin kelahiran bayi laki- laki dengan bayi perempuan

4  Pada umumnya rasio dan proporsi digunakan untuk menganalisa komposisi demografis dari kelompok-kelompok, sedangkan tingkat (rates) digunakan untuk menganalisa peristiwa-peristiwa demografis dalam jenjang waktu tertentu (palmore ).  Secara umum, tingkat (rates) tersebut didefinisikan sebagai berikut :

5 Jumlah peristiwa yang terjadi dalam jenjang waktu tertentu Tingkat peristiwa demografis tertentu =X 1000 Jumlah kelompok penduduk yang mempunyai resiko dalam peristiw tsb dalam jenjang waktu yang sama


Download ppt "UKURAN DASAR DAN TEKNIK ANALISA DEMOGRAFI.  Beberapa peristiwa demografis dapat diukur dengan berbagai cara, diantaranya : rasio, proporsi, dan tingkat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google