Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

V. PENENTUAN HARGA FORWARD & FUTURES PENDAHULUAN HARGA FORWARD ASET INVESTASI MENILAI KONTRAK FORWARD APAKAH PENENTUAN HARGA FORWARD & FUTURES SAMA? HARGA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "V. PENENTUAN HARGA FORWARD & FUTURES PENDAHULUAN HARGA FORWARD ASET INVESTASI MENILAI KONTRAK FORWARD APAKAH PENENTUAN HARGA FORWARD & FUTURES SAMA? HARGA."— Transcript presentasi:

1

2 V. PENENTUAN HARGA FORWARD & FUTURES PENDAHULUAN HARGA FORWARD ASET INVESTASI MENILAI KONTRAK FORWARD APAKAH PENENTUAN HARGA FORWARD & FUTURES SAMA? HARGA FUTURES INDEKS SAHAM KONTRAK FORWARD & FUTURES ATAS MATA UANG HARGA FUTURES & HARGA SPOT YANG DIHARAPKAN

3 PENDAHULUAN (1) Kontrak forward lebih mudah dianalisis daripada kontrak futures, karena tidak ada penyelesaian harian, hanya pembayaran tunggal pada maturitas. Harga forward dan futures atas suatu aset biasanya sangat erat ketika maturitas dua kontrak tersebut sama. Aset investasi: aset yang dipegang untuk tujuan investasi oleh sejumlah investor yang signifikan.

4 PENDAHULUAN (2) Aset konsumsi: aset yang dipegang terutama untuk konsumsi dan biasanya bukan untuk tujuan investasi. Argumen arbitrasi memungkinkan untuk menentukan harga forward dan futures atas aset investasi dari harga spotnya dan variabel- variabel yang dapat diamati lainnya. Short selling: perdagangan yang melibatkan penjualan suatu aset yang tidak dimiliki.

5 PENDAHULUAN (3) Pada perdagangan short selling, investor akan mendapatkan keuntungan jika harga saham menurun, dan rugi jika harga saham naik. Investor disyaratakan untuk mempertahankan rekening margin dengan pialang. Rekening margin berisi kas atau sekuritas-sekuri- tas yang mudah diperjualbelikan yang dideposito- kan oleh investor pada pialang untuk menjamin bahwa investor tersebut tidak akan meninggalkan posisi jual jika harga sekuritas naik.

6 PENDAHULUAN (4) Ada beberapa asumsi yang digunakan dalam model penentuan harga forward dan futures: 1. Para partisipan pasar adalah subyek yang tidak terkena biaya transaksi ketika mereka berdagang. 2. Para partisipan pasar adalah subyek untuk tingkat pajak yang sama atas semua keuntungan perdagangan bersih.

7 PENDAHULUAN (5) 3. Para partisipan pasar dapat meminjam dan meminjamkan uang pada tingkat bunga bebas risiko. 4. Para partisipan pasar mengambil keuntungan atas peluang arbitrasi jika terjadi. Beberapa notasi yang digunakan dalam model penentuan harga forward dan futures: T = waktu sampai tanggal penyerahan dalam kontrak forward atau futures (dalam tahun).

8 PENDAHULUAN (6) S 0 = harga dasar aset kontrak forward atau futures hari ini. F 0 = harga forward atau futures hari ini. r = tingkat bunga bebas risiko-nol per tahun, yang diekspresikan dengan pemajemukan kontinyu. Pemahaman tentang pembedaan atas pengguna- an notasi sangat penting.

9 HARGA FORWARD UNTUK ASET INVESTASI (1) Kontrak forward yang termudah untuk menilai- nya adalah penerbitan aset investasi yang tidak menyediakan pendapatan bagi pemegangnya. Contohnya: saham-saham yang tidak membayar dividen dan obligasi berkupon-nol. Hubungan antara F 0 dengan S 0 : F 0 > S 0 e rT. Strategi arbitrasi jika F 0 > S 0 e rT : 1. Pinjam dana untuk beli aset; dan 2. Jual kontrak forward.

10 HARGA FORWARD UNTUK ASET INVESTASI (2) Strategi arbitrasi jika F 0 < S 0 e rT : 1. Short atas aset; dan 2. Beli kontrak forward. Jika short sales tidak dimungkinkan, misalnya aset dasar komoditas seperti emas yang diasumsikan tidak berbiaya simpan dan berpendapatan, maka strategi arbitrasi sebelumnya dapat diadopsi: Strategi jika F 0 > S 0 e rT : 1. Pinjam RpS 0 pada tingkat bunga r selama T tahun; 2. Beli satu ons emas; 3. Jual kontrak forward atas satu ons emas.

11 HARGA FORWARD UNTUK ASET INVESTASI (3) Strategi jika F 0 > S 0 e rT : 1. Jual emas untuk men- dapat S 0 ; 2. Investasikan S 0 pada tingkat bunga r selama T tahun; 3. Ambil posisi beli dalam kontrak forward atas satu ons emas. Kontrak forward yang kedua adalah aset inves- tasi yang akan menyediakan pendapatan kas/ tunai yang dapat diprediksi dengan tepat bagi pemegangnya. Macam aset investasi: saham yang membayar dividen yang diketahui & obligasi yang menetapkan kupon.

12 HARGA FORWARD UNTUK ASET INVESTASI (4) Harga kontrak forward atas aset investasi yang menyediakan pendapatan dengan nilai sekarang I selama berlakunya: F 0 = (S 0 - I)e rT. Strategi arbitrasi jika F 0 > (S 0 - I)e rT : 1. Pinjam dana untuk beli aset; dan 2. Jual kontrak forward. Strategi arbitrasi jika F 0 < (S 0 - I)e rT : 1. Short atas aset; dan 2. Beli kontrak forward.

13 HARGA FORWARD UNTUK ASET INVESTASI (5) Kontrak forward yang ketiga adalah aset inves- tasi yang akan menyediakan suatu yield, yaitu persentase pendapatan yang dibayar terhadap harga aset. Harga kontrak forward atas aset investasi yang menyediakan yield selama berlakunya: F 0 = S 0 e (r-q)T. q = yield rata-rata per tahun atas aset selama masa berlakunya kontrak forward dengan pemajemukan kontinyu.

14 MENILAI KONTRAK FORWARD (1) Kontrak forward bernilai nol pada saat pertama kali dimasukkan. Pada tahap akhir, nilai forward dapat bernilai positif atau negatif. Notasi: 1. F 0 = harga forward yang berlaku, 2. K = harga penyerahan dalam kontrak, 3. f = nilai kontrak forward hari ini. Nilai untuk semua kontrak forward beli dapat dirumuskan: f = (F 0 - K)e -rT.

15 MENILAI KONTRAK FORWARD (2) Persamaan ini mengasumsikan bahwa harga aset pada maturitas kontrak forward = harga forward. Nilai kontrak forward jual dengan harga penyerahan K: f = (K – F 0 )e -rT. Asumsi persamaan ini: harga forward yang berlaku atas aset direalisasikan. Berdasarkan dua persamaan tersebut, dikaitkan rumus penentuan harga forward sebelumnya dapat diturunkan rumus nilai forward (f).

16 MENILAI KONTRAK FORWARD (3) Nilai kontrak forward atas aset investasi yang tidak menyediakan pendapatan: f = S 0 – Ke -rT. Nilai kontrak forward beli atas aset investasi yang menyediakan pendapatan yang diketahui dengan nilai sekarang I: f = S 0 – I - Ke -rT. Nilai kontrak forward beli atas aset investasi yang menyediakan yield yang diketahui pada tingkat q: f = S 0 e -qT - Ke -rT. Ketika harga futures berubah, keuntungan/kerugian atas kontrak futures dihitung sebagai perubahan dalam harga futures dikalikan dengan ukuran posisi.

17 APAKAH PENENTUAN HARGA FORWARD & FUTURE SAMA? (1) Jika tingkat bunga bebas risiko konstan dan jatuh temponya sama, maka harga forward untuk suatu kontrak, sama dengan harga futures. Ketika tingkat bunga bervariasi dengan tidak dapat diprediksi, maka harga forward & futures dalam teori tidak sama.

18 APAKAH PENENTUAN HARGA FORWARD & FUTURE SAMA? (2) Jika S berkorelasi positif secara kuat dengan tingkat bunga, maka ketika S meningkat (menurun), seorang investor yang memegang posisi futures beli akan mendapatkan keuntungan (kerugian) segera karena prosedur penyelesaian harian. Seorang investor yang memegang kontrak for- ward daripada kontrak futures, tidak dipenga- ruhi dalam cara ini oleh pergerakan-pergerakan tingkat bunga.

19 APAKAH PENENTUAN HARGA FORWARD & FUTURE SAMA? (3) Ada sejumlah faktor yang tidak tercermin dalam model teoritikal yang menyebabkan harga forward & futures tidak sama, seperti: pajak, biaya transaksi, dan perlakuan margin. Penelitian empiris menyimpulkan bahwa secara statistik, terjadi perbedaan yang signifikan antara kedua harga tersebut.

20 HARGA FUTURES INDEKS SAHAM (1) Indeks saham dapat dipandang sebagai harga atas aset investasi yang membayar dividen, yang biasanya menggunakan yield yang diketahui. Jika q = tingkat yield dividen, harga futures dapat ditentukan: F 0 = S 0 e (r-q)T. Arbitrasi Indeks: jika F > Se (r-q)T, keuntungan dapat diperoleh dengan: 1. Membeli indeks dasar saham spot (untuk penyerahan segera); dan 2. Menjual kontrak-kontrak futures. Strategi ini banyak digunakan oleh dana pensiun.

21 HARGA FUTURES INDEKS SAHAM (2) Jika F > Se (r-q)T, keuntungan dapat diperoleh dengan: 1. Menjual indeks dasar saham; dan 2. Mengambil posisi jual dalam kontrak futures. Strategi ini banyak digunakan oleh perusahaan yang meme- gang investasi pasar uang jangka pendek. Strategi-strategi ini disebut sebagai arbitrasi indeks.

22 KONTRAK FORWARD & FUTURES ATAS VALAS (1) Suatu mata uang asing mempunyai sifat bahwa pemegang mata uang tersebut dapat memperoleh bunga pada tingkat bunga bebas risiko (r f )yang ditentukan di awal di negara asing tersebut. Dengan r = tingkat bunga bebas risiko dalam mata uang domestik, kurs forward (F 0 ) dapat dirumuskan: F 0 = S 0 e (r-rf)T.

23 KONTRAK FORWARD & FUTURES ATAS VALAS (2) Formula ini dikenal sebagai hubungan paritas tingkat bunga dari keuangan internasional. Jika r > r f, maka F > S, sedangkan jika r f > r, maka F < S. Dengan rumus hubungan IRP, menunjukkan bahwa mata uang asing dapat dipandang sebagai suatu aset investasi yang membayar yield yang diketahui, yaitu r f.

24 HARGA FUTURES & HARGA SPOT YANG DIHARAPKAN (1) Keynes dan Hicks: jika para hedger cenderung memegang posisi jual dan para spekulator cenderung memegang posisi beli, harga futures atas aset < harga spot yang diharapkan. Keynes dan Hicks: spekulator (beli > jual), maka F beli), maka F > E(S T ). Para spekulator mensyaratkan kompensasi untuk risiko yang mereka hadapi.

25 HARGA FUTURES & HARGA SPOT YANG DIHARAPKAN (2) Risiko yang lebih tinggi atas suatu investasi, maka pengembalian diharapkan yang diminta oleh investor lebih tinggi. Dalam CAPM, ada dua macam risiko: 1. Nonsistema- tik; dan 2. Sistematik. Risiko sistematik muncul dari suatu korelasi (  ) antara pengembalian dari suatu investasi dengan pengembalian dari pasar saham sebagai keseluruhan. Investor biasanya mensyaratkan pengembalian disya- ratkan lebih tinggi dari RF untuk jumlah risiko sistematik yang positif.

26 HARGA FUTURES & HARGA SPOT YANG DIHARAPKAN (3) Spekulator yang mengambil posisi futures beli berharap bahwa harga spot atas aset akan berada di atas harga futures pada saat maturitas. Spekulator yang mengambil posisi futures beli dapat meminjam pada tingkat RF dan futures dapat diperlakukan sebagai kontrak forward, maka arus spekulator: 1. Waktu 0: -F 0 e -rT ; dan 2. Waktu T: +S T. Nilai sekarang investasi: -F 0 e -rT + E(S T )e -kT. k = tingkat diskonto yang tepat untuk investasi.

27 HARGA FUTURES & HARGA SPOT YANG DIHARAPKAN (4) Jika diasumsikan bahwa semua peluang investasi di pasar-pasar sekuritas mempunyai NPV nol, maka: -F 0 e -rT + E(S T )e -kT = 0 atau F 0 = E(S T )e (r-k)T. Nilai k bergantung pada pada risiko sistematik atas investasi. Hubungan F dengan E(S T ) bergantung pada apakah harga spot berkorelasi positif atau negatif dengan level pasar saham. Jika  = 0, risiko sistematik nol.

28 HARGA FUTURES & HARGA SPOT YANG DIHARAPKAN (5) Jika k = r, maka F = E(S T ). Jika  +, maka investasi mempunyai risiko sistematik positif. Jika k > r, maka F < E(S T ); Jika  -, maka investasi mempunyai risiko sistematik negatif. Jika k E(S T ).

29 TUGAS TERSTRUKTUR Halaman 122 dan 123, Questions and Problems Nomor: 5.8, 5.9, 5.10, 5.11, 5.12, 5.12, 5.14, 5.18, Selamat mengerjakan dan menikmati oleh-oleh kuliah ini di rumah. Terima kasih dan wasalam.


Download ppt "V. PENENTUAN HARGA FORWARD & FUTURES PENDAHULUAN HARGA FORWARD ASET INVESTASI MENILAI KONTRAK FORWARD APAKAH PENENTUAN HARGA FORWARD & FUTURES SAMA? HARGA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google