Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Negara Maju dan Berkembang Heryanto Pelajaran Geografi Bila ada pertanyaan : Facebook : ranto.lumban.gaol Geografi PSKD I

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Negara Maju dan Berkembang Heryanto Pelajaran Geografi Bila ada pertanyaan : Facebook : ranto.lumban.gaol Geografi PSKD I"— Transcript presentasi:

1 Negara Maju dan Berkembang Heryanto Pelajaran Geografi Bila ada pertanyaan : Facebook : ranto.lumban.gaol Geografi PSKD I Blog: ronta.weebly.comronta.weebly.com

2 Negara Maju dan Berkembang Indikator Negara Maju dan Berkembang Ciri Negara Maju dan Berkembang Persebaran Wilayah Negara Maju dan BerkembangPersebaran Wilayah Negara Maju dan Berkembang Pengelompokkan Negara Maju dan Berkembang Menurut PBB dan World BankPengelompokkan Negara Maju dan Berkembang Menurut PBB dan World Bank Perkembangan Negara Menurut W. W. RostowPerkembangan Negara Menurut W. W. Rostow Negara-Negara G-8 dan Negara G-20 Contoh Negara Maju dan Berkembang

3 Negara Maju Negara yang rakyatnya memiliki kesejahteraan atau kualitas hidup yang tinggi.

4 Negara Berkembang Negara yang rakyatnya memiliki tingkat kesejahteraan atau kualitas hidup taraf sedang atau dalam perkembangan.

5 Indikator (tolak ukur) Indikator kuantitatif (data yang dapat dihitung), 1) jumlah dan kepadatan penduduk 2) tingkat pertumbuhan penduduk; 3) angka beban tanggungan; 4) usia harapan hidup. Indikator kualitatif (data yang hanya dapat dibandingkan), 1) etos kerja dan pola pikir; 2) tingkat pendidikan; 3) mata pencaharian; 4) tingkat kesehatan; 5) pendapatan; dan 6) kesadaran hukum

6 Indikator Negara Maju Pendapatan perkapita merupakan indikator terpenting dalam mengukur tingkat kesejahteraan rakyat suatu negara. Sebuah negara dikatakan makmur apabila rakyatnya memiliki pendapatan perkapita yang tinggi. Tingkat kesejahteraan rakyat suatu negara dapat dilihat dari angka kemiskinan. Suatu negara dikatakan makmur/sejahtera apabila rakyatnya yang hidup miskin berjumlah sedikit. Salah satu ciri yang membedakan antara negara maju dan negara berkembang adalah tingkat pengangguran. Di negara maju umumnya tingkat penganggurannya rendah. angka kematian bayi dan ibu melahirkan. Di negara maju umumnya angka kematian bayi dan ibu melahirkan rendah. Hal ini disebabkan penduduk mampu membeli makanan yang bergizi, pelayanan kesehatan dan obat-obatan yang memadai. Angka melek huruf menunjukkan jumlah penduduk yang dapat membaca dan menulis. Suatu negara dikatakan maju apabila angka melek hurufnya tinggi atau angka buta hurufnya rendah.

7 Indikator Negara Berkembang Negara berkembang biasanya tingkat penganggurannya tinggi. Negara berkembang angka kematian bayi dan ibu melahirkan relatif tinggi. BLOG ILMU PENGETAHUAN SOSIAL: NEGARA MAJU DAN...

8

9

10 Ciri Negara Maju 1.Pertanian termasuk peternakan dan perikanan untuk industrialisasi, dijual, diekspor. 2.Aktivitas perekonomian menggunakan sarana dan prasarana modern. 4.Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menunjang industrialisasi secara cepat. Pendapatan rata-rata penduduk tinggi. 5.Pendidikan dan keterampilan penduduk cukup tinggi. 6.Sifat kemandirian masyarakatnya tinggi. 7.Tidak tergantung pada alam.

11 8.Tingkat pertumbuhan penduduk rendah 9.Angka harapan hidup tinggi. 10.Intensitas mobilitas tinggi

12 Ciri Negara Berkembang Pertanian termasuk peternakan dan perikanan hanya untuk memenuhi kebutuhan sendiri dan keluarga. Pada umumnya aktivitas masyarakat menggunakan sarana dan prasarana tradisional. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan pengalaman dan lamban. Pendapatan relatif rendah. Pendidikan penduduknya rata-rata rendah

13 Sifat penduduk kurang mandiri. Sangat tergantung pada alam. Tingkat pertumbuhan penduduk tinggi Angka harapan hidup rendah. Intensitas mobilitas rendah.

14 Sebaran Negara Maju Wilayah Eropa, Amerika Utara, Asia Timu dan Australia merupakan kawasan negara maju.

15

16 Sebaran Negara Berkembang Asia, Afrika, Oceania, Amerika bagian tengah dan selatan adalah kawasan yang memiliki banyak negara berkembang

17

18 Pengelompokkan Negara Maju menurut Bank Dunia Negara pendapatan rendah memiliki PN per kapita US$975 atau kurang. Negara pendapatan menengah bawah memiliki PN per kapita antara US$976 dan US$ Negara pendapatan menengah atas memiliki PN per kapita antara US$3.856 dan US$ Negara pendapatan tinggi memiliki PN per kapita lebih dari US$

19 Pengelompokkan Negara Maju menurut PBB Indeks Pembangunan Manusia (IPM) / Human Development Index (HDI) adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, Pendidikan dan standar hidup untuk semua negara seluruh dunia.

20 W. W. Rostow Tahap Masyarakat Tradisional (Traditional Society Stage) Dicirikan dengan: 1) kondisi masyarakat yang belum produktif; 2) cara berproduksi dan pola perekonomian yang dijalankan masih tradisional; 3) sistem dan pola kerja yang telah ada masih bersifat tradisi/turun temurun; 4) perekonomian dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sendiri (belum berorientasi pasar); dan 5) mata pencaharian masyarakat di sektor pertanian.

21 Tahap Prakondisi Lepas Landas (Precondition for Take Off Stage) Dicirikan dengan: 1) terjadi perubahan pola kerja dan sistem di segala bidang, baik sosial, ekonomi, budaya, dan politiknya; 2) sudah mengenal dan menggunakan teknologi untuk lebih produktif dan efisien; 3) sudah muncul kesadaran menabung yang lebih produktif di lembaga-lembaga keuangan; serta 4) kegiatan perekonomian terus bergerak ke arah kemajuan.

22 Tahap Lepas Landas (Take Off Stage) Dicirikan dengan: 1) semakin berkembangnya usaha-usaha produksi; 2) terciptanya berbagai pembaruan yang lebih produktif dan efisien di segala bidang; 3) sektor produksi merupakan sektor dominan yang memacu pertumbuhan ekonomi; serta 4) semakin meningkatnya pendapatan perkapita dan pendapatan nasional.

23 Tahap Gerak Menuju Kematangan (Drive for Maturity Stage) Dicirikan dengan: 1) sektor ekonomi mengalami pertumbuhan yang terus menerus; 2) penggunaan teknologi modern pada masyarakat semakin meluas; 3) semakin mantapnya struktur ekonomi negara; 4) negara mampu menginvestasikan pendapatan nasionalnya; serta 5) industri modern semakin berkembang, terutama industri yang padat modal.

24 Tahap Konsumsi Massa Tinggi (Age of High Mass Consumption Stage) Dicirikan dengan: 1) semakin meningkatnya pendapatan masyarakat, sehingga mampu memenuhi kebutuhan hingga pada tingkat pemenuhan kebutuhan sekunder bahkan tersier; dan 2) perkembangan industri mencapai tahap tertinggi dengan kemampuan sumber daya manusia yang sudah mencapai taraf ahli.

25 Kelompok Negara Maju G8 Kelompok Delapan) adalah koalisi delapan negara termaju di dunia: Perancis, Jerman, Italia, Jepang, UK, USA (G6, 1975), Kanada (G7, 1976) dan Rusia.

26 Kelompok Negara 20

27 Kelompok ini menghimpun hampir 90% GNP dunia, 80% total perdagangan dunia dan dua per tiga penduduk dunia.

28

29

30

31


Download ppt "Negara Maju dan Berkembang Heryanto Pelajaran Geografi Bila ada pertanyaan : Facebook : ranto.lumban.gaol Geografi PSKD I"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google