Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EKONOMI PEMBANGUNAN OLEH CES (CAK EKO SUPENO). EKONOMI PEMBANGUNAN ILMU EKONOMI MEMBANGUN EKONOMINYA SUATU CABANG ILMU EKONOMI YANG MENGANALISIS MASALAH-MASALAH.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EKONOMI PEMBANGUNAN OLEH CES (CAK EKO SUPENO). EKONOMI PEMBANGUNAN ILMU EKONOMI MEMBANGUN EKONOMINYA SUATU CABANG ILMU EKONOMI YANG MENGANALISIS MASALAH-MASALAH."— Transcript presentasi:

1 EKONOMI PEMBANGUNAN OLEH CES (CAK EKO SUPENO)

2 EKONOMI PEMBANGUNAN ILMU EKONOMI MEMBANGUN EKONOMINYA SUATU CABANG ILMU EKONOMI YANG MENGANALISIS MASALAH-MASALAH YANG DIHADAPI OLEH NEGARA-NEGARA SEDANG BERKEMBANG DAN MENDAPATKAN CARA-CARA UNTUK MENGATASI MASALAH-MASALAH TERSEBUT SUPAYA NEGARA-NEGARA BERKEMBANG DAPAT MEMBANGUN EKONOMINYA DENGAN LEBIH CEPAT LAGI.

3 ARTI PENTING NILAI-NILAI DALAM ILMU EKONOMI PEMBANGUNAN PADA DASARNYA, ILMU EKONOMI ADALAH ILMU PENGETAHUAN SOSIAL NILAI ADALAH PIJAKAN DALAM MENENTUKAN BAIK ATAU BURUK MAKA, PILAR DARI ILMU EKONOMI (UMUMNYA) DAN ILMU EKONOMI PEMBANGUNAN (KHUSUSNYA) ADALAH PEMAHAMAN MENGENAI PEMIKIRAN-PEMIKIRAN DASAR (PREMIS) BERSIFAT ETIS DAN NORMATIF YANG DISEBUT PREMIS-PREMIS NILAI (VALUE PREMISES) TENTANG APA YANG DIINGINKAN MAUPUN TIDAK DIINGINKAN

4 HAKIKAT ILMU EKONOMI PEMBANGUNAN (MICHAEL P. TODARO) ILMU EKONOMI PEMBANGUNAN ILMU EKONOMI PEMBANGUNAN BERKAITAN LANGSUNG DENGAN KESELURUHAN PROSES POLITIK, BUDAYA, DAN EKONOMI YANG DIPERLUKAN DALAM MENDUKUNG TRANSFORMASI STRUKTURAL DAN KELEMBAGAAN DARI SELURUH MASYARAKAT DALAM RANGKA MENGHASILKAN SERENTETAN KEMAJUAN EKONOMI YANG BENAR-BENAR BERMANFAAT (MELALUI PROSES YANG EFISIEN) BAGI PENDUDUK PADA UMUMNYA TUJUAN AKHIR PEREKONOMIAN NEGARA-NEGARA DUNIA KETIGA TUJUAN AKHIR ILMU EKONOMI PEMBANGUNAN ADALAH: MEMUNGKINKAN PEMAHAMAN LEBIH LANJUT MENGENAI PEREKONOMIAN NEGARA-NEGARA DUNIA KETIGA DALAM RANGKA MEMUDAHKAN UPAYA PERBAIKAN STANDAR HIDUP BAGI MAYORITAS PENDUDUK DUNIA

5

6 PENGGOLONGAN NEGARA-NEGARA DUNIA

7 BERDASARKAN TINGKAT KESEJAHTERAAN 1.NEGARA DUNIA KE-I (FIRST WORLD) (NEGARA MAJU / DEVELOPED COUNTRY) EROPA BARAT (INGGRIS, PERANCIS, BELANDA, PORTUGIS, JERMAN BARAT) AMERIKA UTARA (USA, KANADA) AUSTRALIA, NEW ZELAND, JEPANG, KOREA, CHINA 2.NEGARA DUNIA KE-II (SECOND WORLD) (NEGARA MAJU / DEVELOPED COUNTRY) - EROPA TIMUR (RUSIA, POLANDIA, JERMAN TIMUR, CEKOSLOWAKIA) 3.NEGARA DUNIA KE-III (THIRD WORLD) (NEGARA SEDANG BERKEMBANG / NEGARA SELATAN) - SEBAGIAN BESAR ASIA (KECUALI JEPANG, KOREA DAN CHINA), - NEGARA-NEGARA AFRIKA - NEGARA-NEGARA AMERIKA LATIN (AMERIKA TENGAH DAN SELATAN).

8 BERDASARKAN TINGKAT PENDAPATAN 1.NEGARA MAJU (DEVELOPED COUNTRY) > U$ NEGARA SEMI MAJU (SEMI DEVELOPING COUNTRY) > U$ NEGARA MISKIN (UNDER DEVELOPING COUNTRY) < U$ 400 SUMBER : WORLD BANK, 1999.

9 PEMBANGUNAN EKONOMI KEGIATAN-KEGIATAN YANG DILAKUKAN UNTUK MENGEMBANGKAN EKONOMI DAN TARAF HIDUP MASYARAKATNYA A T A U SUATU PROSES YANG MENYEBABKAN PENDAPATAN PERKAPITA PENDUDUK MENINGKAT DALAM JANGKA PANJANG ADALAH SUATU PROSES KENAIKAN PENDAPATAN TOTAL DAN PENDAPATAN PERKAPITA DENGAN MEMPERHITUNGKAN ADANYA PERTAMBAHAN PENDUDUK DAN DISERTAI DENGAN PERUBAHAN FUNDAMENTAL DALAM STRUKTUR EKONOMI SUATU NEGARA DAN PEMERATAAN PENDAPATAN BAGI PENDUDUK SUATU NEGARAPENDUDUK

10 PEMBANGUNAN EKONOMI DAN PERTUMBUHAN EKONOMI PEMBANGUNAN EKONOMI TAK DAPAT LEPAS DARI PERTUMBUHAN EKONOMI (ECONOMIC GROWTH); PEMBANGUNAN EKONOMI MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI, DAN SEBALIKNYA, PERTUMBUHAN EKONOMI MEMPERLANCAR PROSES PEMBANGUNAN EKONOMI. YANG DIMAKSUD DENGAN PERTUMBUHAN EKONOMI ADALAH PROSES KENAIKAN KAPASITAS PRODUKSI SUATU PEREKONOMIAN YANG DIWUJUDKAN DALAM BENTUK KENAIKAN PENDAPATAN NASIONAL. SUATU NEGARA DIKATAKAN MENGALAMI PERTUMBUHAN EKONOMI APABILA TERJADI PENINGKATAN GNP RIIL DI NEGARA TERSEBUT. ADANYA PERTUMBUHAN EKONOMI MERUPAKAN INDIKASI KEBERHASILAN PEMBANGUNAN EKONOMI.PENDAPATAN NASIONALGNP PERTUMBUHAN EKONOMI PEMBANGUNAN EKONOMI PERBEDAAN ANTARA KEDUANYA ADALAH PERTUMBUHAN EKONOMI KEBERHASILANNYA LEBIH BERSIFAT KUANTITATIF, YAITU ADANYA KENAIKAN DALAM STANDAR PENDAPATAN DAN TINGKAT OUTPUT PRODUKSI YANG DIHASILKAN, SEDANGKAN PEMBANGUNAN EKONOMI LEBIH BERSIFAT KUALITATIF, BUKAN HANYA PERTAMBAHAN PRODUKSI, TETAPI JUGA TERDAPAT PERUBAHAN-PERUBAHAN DALAM STRUKTUR PRODUKSI DAN ALOKASI INPUT PADA BERBAGAI SEKTOR PEREKONOMIAN SEPERTI DALAM LEMBAGA, PENGETAHUAN, SOSIAL DAN TEKNIK.LEMBAGAPENGETAHUANSOSIALTEKNIK

11 PENGERTIAN DAN PERBEDAAN GDP DAN GNP PRODUK DOMESTIK BRUTO (PDB)/GROSS DOMESTIC PRODUCT (GDP) PRODUK DOMESTIK BRUTO (PDB)/GROSS DOMESTIC PRODUCT (GDP) MERUPAKAN NILAI DARI AKHIR KESELURUHAN BARANG/JASA YANG DIHASILKAN OLEH SEMUA UNIT EKONOMI DALAM SUATU NEGARA, TERMASUK BARANG DAN JASA YANG DIHASILKAN WARGA NEGARA LAIN YANG TINGGAL DI NEGARA TERSEBUT. PRODUK NASIONAL BRUTO (PNB)/GROSS NATIONAL PRODUCT (GNP) PRODUK NASIONAL BRUTO (PNB)/GROSS NATIONAL PRODUCT (GNP) ADALAH JUMLAH BARANG DAN JASA YANG DIHASILKAN OLEH FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI MILIK WARGA NEGARA BAIK YANG TINGGAL DI DALAM NEGERI MAUPUN DI LUAR NEGERI, TETAPI TIDAK TERMASUK WARGA NEGARA ASING YANG TINGGAL DI NEGARA TERSEBUT

12 PERBEDAAN PEMBANGUNAN EKONOMI ; 1.PENINGKATAN PENDAPATAN PERKAPITA MASYARAKAT PERTAMBAHAN GDP > TINGKAT PERTAMBAHAN PENDUDUK 2.PENINGKATAN GDP DIBARENGI DENGAN PEROMBAKAN STRUKTUR EKONOMI TRADISIONAL KE MODERNISASI 3.PEMBANGUNAN EKONOMI UNTUK MENYATAKAN PERKEMBANGAN EKONOMI PADA NEGARA TERSEBUT.

13 PERTUMBUHAN EKONOMI ; 1.KENAIKAN GDP TANPA MEMANDANG TINGKAT PERTAMBAHAN PENDUDUK DAN PERUBAHAN STRUKTUR ORGANISASI EKONOMI. 2.PERTUMBUHAN EKONOMI UTK MENYATAKAN PERKEMBANGAN EKONOMI NEGARA MAJU.

14 TERIMA KASIH


Download ppt "EKONOMI PEMBANGUNAN OLEH CES (CAK EKO SUPENO). EKONOMI PEMBANGUNAN ILMU EKONOMI MEMBANGUN EKONOMINYA SUATU CABANG ILMU EKONOMI YANG MENGANALISIS MASALAH-MASALAH."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google