Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KUSTIYANI, 6101407147 PENELUSURAN POTENSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PARAKANCANGGAH UNTUK PEMBINAAN OLAHRAGA USIA DINI DI KECAMATAN BANJARNEGARA TAHUIN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KUSTIYANI, 6101407147 PENELUSURAN POTENSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PARAKANCANGGAH UNTUK PEMBINAAN OLAHRAGA USIA DINI DI KECAMATAN BANJARNEGARA TAHUIN."— Transcript presentasi:

1 KUSTIYANI, PENELUSURAN POTENSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PARAKANCANGGAH UNTUK PEMBINAAN OLAHRAGA USIA DINI DI KECAMATAN BANJARNEGARA TAHUIN 2010

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : KUSTIYANI - NIM : PRODI : Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi - JURUSAN : Jasmani Kes. & Rekreasi - FAKULTAS : Ilmu Keolahragaan - ranger_kusti pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Dra. Endang Sri Hanani, M.Kes - PEMBIMBING 2 : Andry Akhiruyanto, S.Pd, M.Pd. - TGL UJIAN :

3 Judul PENELUSURAN POTENSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PARAKANCANGGAH UNTUK PEMBINAAN OLAHRAGA USIA DINI DI KECAMATAN BANJARNEGARA TAHUIN 2010

4 Abstrak Permasalahan penelitian adalah: Bagaimana potensi Sekolah Dasar Negeri 1 Parakancanggah untuk pembinaan olahraga usia dini di Kecamatan Banjarnegara tahun 2010? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui potensi Sekolah Dasar Negeri 1 Parakancanggah untuk pembinaan olahraga usia di di kecamatan Banjarnegara. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif dengan analisis kuantitatif. Subjek penelitian Sekolah dasar di kecamatan Banjarnegara, kepala sekolah, guru penjasorkes, tokoh masyarakat, Koni dan Dinpora. Objek penelitian untuk keterbelajaran gerak siswa kelas IV, V, VI Sekolah Dasar Negeri, responden sebagai sumber data 5 kepala sekolah, 5 guru penjasorkes, 10 tokoh masyarakat, 1 dari unsur Koni dan 1 dari unsur Dinpora. Instrumen penelitian: kuesioner, tes Iowa Brace Test Motor Educability, dan wawancara. Analisis data deskriptif prosentase. Berdasarkan hasil analisis data kuesioner untuk kepala sekolah mendapat prosentase 58,2%, untuk guru penjasorkes mendapatkan prosentase 65%, untuk tokoh masyarakat mendapatkan prosentase 77,8%, untuk Koni dan Dinpora mendapat prosentase 88,9%. Hasil Test Iowa-Brace Test for Motor Educability Siswa Putra Sekolah Dasar di Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara a) kategori sangat baik mendapatkan prosentase 29,4%, b) kategori baik mendapatkan prosentase 58,8%. c) kategori sedang mendapatkan prosentase 8,8%. d) kategori kurang mendapatkan prosentase 2,9%. Siswa putri kategori sangat baik mendapatkan prosentase 0%, b) kategori baik mendapatkan prosentase 14,5%. c) kategori sedang mendapatkan prosentase 79%. d) kategori kurang mendapatkan prosentase 6,5%. Berdasarkan hasil penelitian penulis memberikan simpulan: Bahwa ada peluang dalam mendukung pembinaan olahraga usia dini dan ada potensi untuk pembinaan olahraga usia dini di Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara Tahun Saran 1) Potensi yang sudah ada ada harusnya dikembangkan, terutama di lingkungan sekolah melalui penyelenggaraan kegiatan ekstrakulikuler. 2) Diharapkan peran aktif pemerintah, guru, pembina, pelatih ataupun semua yang berkecimpung dalam dunia pendidikan memperhatikan, mendukung pembinaan olahraga usia dini dan berupaya menyalurkan potensi dan bakat yang dimiliki oleh siswa, serta dapat memberikan pembinaan bagi anak usia Sekolah Dasar di masing-masing sekolah sehingga potensi yang ada dapat dikembangkan.3) Pemassalan olahraga yang sudah dilakukan di Kecamatan Banjarnegara hendaknya mulai menyentuh pada pembinaan olahraga usia dini yaitu melalui klub klub olahraga, sehingga potensi yang ada tidak pupus di tengah jalan. 4) Pemerintah Kabupaten Banjarnegara harus selalu melakukan monitoring dan pemanduan bakat olahraga secara berkala serta mengadakan pelatihan-pelatihan sehingga mampu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap olahraga khususnya pada pembinaan olahraga usia dini.

5 Kata Kunci penelusuran bakat, penelusuran potensi, pembinaan olahraga, usia dini

6 Referensi Abdulkadir Ateng Pendidikan Jasmani di Indonesia. Jakarta: Yayasan Ilmu Keolahragaan Guna Krida Prakasa Jati Aribinuko Tjiptoadhidjojo Rangkuman Pemanduan dan Pembinaan Bakat Usia Dini Buku 1. Jakarta: Komite Olahraga Nasional Indonesia. Asdep. Pengembangan Tenaga dan Pembinaan Keolahragaan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi dan IPTEK Olahraga Kementrian Negara Pemuda dan Olahraga Pelatihan Olahraga Usia Dini. Djoko Pekik Irianto, Dasar Kepelatihan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Legawa. Com/2004/04/mesin penelusuran. Harsono,dkk Pemanduan dan Pembinaan Olahraga Usia Dini Buku 2. Jakarta: KomoteOlahraga Naional Indonesia. Harry, Pramono.dkk Pedoman Penyusunan Skripsi Mahasiswa Program Strata 1. FIK: Universitas Negeri Semarang Johnson, Barry L., Jack K. Nelson Practical Measurements for Evaluation in Phsycal Education. Minneapolis, Minnesota:Burgess Publishing Company KONI Rencana Induk Pengembangan Prestasi Di Indonesia. Jakarta. Proyek Garuda Emas Motor Educability:The ease with which a person learns new movement (sports) skill (kemampuan /kemudahan seseorang untuk mempelajari ketrampilan gerak) Muhamad Ali Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung Hartono, Nurharsono, Praktiknyo Model Pembinaan Olahraga Prestasi di Jateng 1996/1997.FIK Unnes Pembinaan Akar Rumpur Ala China.Online /2010/12/27/95/407546/95 (accesed 05/02/11) Potensi olahraga Kabupaten Banjarnegara (accesed 05/02/11) Pusat Bahasa Depdiknas Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi III. Jakarta: Balai Pustaka. Rahayu T. Memetakan Potensi Olahraga Jawa tengah. Online n-Potensi-Olahraga (accesed 05/02/11) Rusli Lutan, Pengelolaan Interaksi Belajar mengajar Intrakolikuler, Kokuler, Ekstrakulikuler. Yogyakarta: Andi. Said Junaidi Pembinaan Olahraga Usia Dini. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Soepartono.2000.Sarana dan Prasarana Olahraga. Jakarta.Depdikbud Suharsimi Arikunto Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta. Tohar.2004.Ilmu Kepelatihan lanjut.Semarang.PKLO FIK Unnes

7 Terima Kasih


Download ppt "KUSTIYANI, 6101407147 PENELUSURAN POTENSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PARAKANCANGGAH UNTUK PEMBINAAN OLAHRAGA USIA DINI DI KECAMATAN BANJARNEGARA TAHUIN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google