Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mahasiswa, Kampus dan Perubahan Sosial. Dunia Kampus Pasca-Reformasi Makin kuat usaha untuk menciptakan sistem pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mahasiswa, Kampus dan Perubahan Sosial. Dunia Kampus Pasca-Reformasi Makin kuat usaha untuk menciptakan sistem pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan."— Transcript presentasi:

1 Mahasiswa, Kampus dan Perubahan Sosial

2 Dunia Kampus Pasca-Reformasi Makin kuat usaha untuk menciptakan sistem pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan pasar Gerakan mahasiswa dituntut untuk membicarakan problem-problem praktis ketimbang persoalan ideologis Masa kuliah yang makin dipersingkat menuntut mahasiswa selain matang secara sosial juga mampu secara akademik Budaya Pop telah membuat kuliah bukan lagi sarana untuk belajar tapi bisa jadi panggung pencitraan diri Pragmatisme dalam berorganisasi

3 Ada Apa Gerakan Mahasiswa? Mahasiswa bukan lagi kelas elite intelektual Kemapan struktur politik yang ada di Indonesia. Kemajuan pola pikir masyarakat Indonesia Pasca Reformasi dalam menuntut Hak-hak Sipil dan Politik. Proses Demokratisasi mendorong pada liberalisasi Ekonomi berefek pada sektor lainnya Ex : Pendidikan. Kesalahan Pilihan Subjektif Gerkan Mahswa Customs reconciles us to everything

4 Tantangan Mahasiswa Hari Ini Miskinnya bangsa dari guiding ideas (krisis gagasan kebangsaan) Adanya kelunturan nilai dan budaya ketimuran yang terus bertambah sesuai perguliran zaman (krisis identitas) Lemahnya pengertian terhadap tanggung jawab dan kewajiban (krisis kepercayaan dan kebertanggungjwaban) Kebutuhan akan pemimpin yang layak dan kompeten tidak pernah tercukupi (krisis kepemimpinan)

5 REPOSISI GERAKAN MAHASISWA ORIENTASI GERAKAN – Gugatan terhadap struktur kekuasaan – Pembentukan Opini Publik FORMAT KEGIATAN – Aksi Massa – Aksi Informasi TIPE GERAKAN – Gerakan Politik Praktis – Gerakan Penyadaran dalam bidang sospol

6 REPOSISI GERAKAN MAHASISWA KULTUR – Suhu politik tinggi ditandai dengan krisis sistem politik – Suhu Akademis tinggi dan terintegrasinya sistem politik ORGANISASI – Gerakan massa dgn gugatan politik praktis – Kelompok2 kecil dengan metode mobilisasi ide dan persepsi politik dgn gugatan politik teoritis atau gugatan konsepsional terhadap sistem politik Everybody is guided by a set of various motivations, and it depends, as we have seen, on the situation which comes to the fore (Mannheim)

7 Arah Peran Pelajar MHS Kelompok Studi Terfokus Aso. Profesi Profesional Aso. Pengusaha Enterpreneur Univ/LPND Ilmuwan/ Birokrat Org. Profesi Mhs. Ins. bisnis Mhs Ins. Riset Mhs Org. Intra/Ex. Mhs LSM/Ormas /Orpol Tokoh

8 It's not that they can't solve the problem, it's that they can't see the problem. (GK Chesterton)

9 Sejarah telah membuktikan kita, entah berapa banyak pejuang kebenaran dan pembela orang-orang tertindas yang kemudian akhirnya “kalah”, bukan karena musuhnya, tapi ketidakmampuan menghadapi dirinya sendiri, padahal perjuangan ini membutuhkan orang- orang yang “ sudah selesai dengan dirinya”, agar ia bisa memberi.


Download ppt "Mahasiswa, Kampus dan Perubahan Sosial. Dunia Kampus Pasca-Reformasi Makin kuat usaha untuk menciptakan sistem pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google