Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : DEDY ARFIYANTO,SE.MM. 1.Pengertian serikat pekerja dan dasar hukum Serikat pekerja adalah : upaya para pekerja dan materi – materi diluar perusahaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : DEDY ARFIYANTO,SE.MM. 1.Pengertian serikat pekerja dan dasar hukum Serikat pekerja adalah : upaya para pekerja dan materi – materi diluar perusahaan."— Transcript presentasi:

1 Oleh : DEDY ARFIYANTO,SE.MM

2 1.Pengertian serikat pekerja dan dasar hukum Serikat pekerja adalah : upaya para pekerja dan materi – materi diluar perusahaan ( serikat pekerja atau asosiasi ) untuk bertindak sebagai satu kesatuan ketika berhubungan dengan manajemen mengenai masalah – masalah yang berkaitan dengan pekerjaan mereka. Bila diakui oleh NATIONAL LABOR RELATION BOARD ( NLRB ), sebuah serikat buruh mempunyai otoritas yang sah untuk bernegosiasi dengan perusahaan atas nama para pekerja untuk : meningkatkan upah,kondisi jam kerja dan kondisi pekerjaan lainnya dan untuk mengelola perjanjian yang telah disepakati.

3 Pertimbangan hukum Diatur oleh Undang – undang tenaga kerja n0. 13 tahun 2003 bab XI pasal 102 – 149. Hubungan industrial dilaksanakan melalui sarana : a) Serikat pekerja / serikat buruh pasal 104 b) Organisasi pengusaha pasal 105 c) Lembaga kerjasama bipartit pasal 106 d) Lembaga kerjasama tripartit pasal 107 e) Peraturan perusahaan pasal 108 – 115 f) Perjanjian kerjasama pasal 116 – 135 g) Lembaga – lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial pasal

4 2. Alasan karyawan masuk serikat pekerja a. Ketidakpuasan terhadap manajemen b.Kebutuhan akan saluran sosial (social outlet ) c. Kesempatan bagi pimpinan d.Paksaan pembentukan serikat pekerja e. Tekanan teman sejawat

5 Dampak serikat pekerja terhadap manajemen Setiap keputusan yang diambil oleh manajemen ( pengusaha ) akan selalu berdampak kepada pekerja. serikat pekerja mempunyai hak untuk mengetahui rancangan keputusan yang akan di ambil dengan memberikan masukan ataupun menekan dan mempengaruhi kebijakan yang akan di ambil bila itu berdampak buruk bagi pekerja.

6 Prinsip serikat pekerja A. SUKA RELA DAN PERMANEN : serikat pekerja dalam proses perekrutan pekerja mempunyai tuntutan dan kepentingan yang harus di lindungi dan diperjuangkan dan mereka membutuhkan serta mengetahui bahwa hanya melalui serikat pekerja tuntutan dan kepentingan dapat tercapai.sedangkan pengertian permanen berarti mempromosikan atau menyampaikan tuntutan bersifat jangka panjang ( situasi dan orang mungkin berubah,tetapi kebutuhan serikat pekerja adalah tetap sama. B. KEMANDIRIAN : Serikat pekerja harus mandiri dan terbebas dari pengaruh atau kontrol pemerintah,manajemen/perusahaan atau partai politik karena serikat pekerja adalah organisasi dimana di kontrol oleh anggota dan dilaksanakan dan atas nama anggota serta di biayai oleh anggota.

7 LANJUTAN C. Demokratik Serikat pekerja harus demokratis secara penuh. D. Kesatuan Serikat pekerja dengan sendirinya memberikan kekuatan utama dalam kesatuan, solidaritas, dan komitmen dari anggotanya. E. Solidaritas Serikat pekerja tumbuh dan berkembang dengan subur karena prinsip fundamental solidaritas “ ALL FOR ME “ and “ ONE FOR ALL.

8 PERAN DAN FUNGSI SERIKAT PEKERJA Perlindungan Peningkatan akan kondisi dan syarat kerja Perjanjian kerja sama Menangani keluh kesah anggota Menyelesaikan perselisihan Menyediakan manfaat lainnya ( untuk kesejahteraan anggota ) Sebagai suara pekerja Menyediakan sarana komunikasi Melakukan kerjasama dan menjalin solidaritas dengan pekerja atau serikat pekerja lainnya baik secara nasional maupun internasional Meningkatkan pelaksanaan hubungan industrial untuk menciptakan keharmonisan hubungan antar pekerja, serikat pekerja dengan pengusaha / manajemen

9 PERMASALAHAN DAN TANTANGAN 1. Anti serikat pekerja, propaganda oleh pengusaha ataupun bahkan dari pemerintah sendiri. 2. Potret negatif serikat pekerja dan aktifitasnya. 3. Konsep palsu tentang serikat pekerja yang mengakibatkan keragu –raguan antar pekerja sehubungan dengan serikat pekerja dan fungsi serta peranannya. 4. Masih banyak serikat pekerja yang hanya berdiri karena keinginan pemerintah dan pengusaha sebagai maksud untuk melaksanakan konvensi ILO tentang kebebasan berserikat dan berorganisasi 5. Masih adanya larangan bagi pegawai pemerintah untuk mendirikan serikat pekerja atau bergabung dengan serikat pekerja yang ada.

10 PERMASALAHAN INTERNAL Keanggotaan Anggota tidak menghadiri pertemuan organisasi Rendahnya pengetahuan antar anggota dan pemimpin serikat pekerja yang di pilih Iuran anggota Anggota perempuan Pemimpin serikat pekerja kuning

11 PERMASALAHAN EKSTERNAL Rendahnya kerja sama dan komunikasi manajemen/pengusaha Pemerintah Masyarakat Pekerja migran


Download ppt "Oleh : DEDY ARFIYANTO,SE.MM. 1.Pengertian serikat pekerja dan dasar hukum Serikat pekerja adalah : upaya para pekerja dan materi – materi diluar perusahaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google