Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Komponen-Komponen Komunikasi Massa Dwiyatna Widinugraha S.Sos., M.A.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Komponen-Komponen Komunikasi Massa Dwiyatna Widinugraha S.Sos., M.A."— Transcript presentasi:

1 Komponen-Komponen Komunikasi Massa Dwiyatna Widinugraha S.Sos., M.A.

2 Ada 7 Komponen Komunikasi Massa 1. Komunikator 2. Pesan 3. Media 4. Komunikan 5. Gate Keeper 6. Filter / Noise 7. Feedback ( De Fleur dan Denis, 1985)

3 Komunikator Komunikator dalam komunikasi massa meliputi jaringan, brand media, crew media yang berkaitan dengan proses komunikasi massa.

4 Pesan Pesan media bersifat beragam (bukan seragam). Meski antara satu media dan lainnya memiliki content (isi) pesan yang sama, namun pengemasan, timing (waktu), dan angle (sudut pandang) antar media sering berbeda. Hal ini disebabkan masing-masing media melayani kepentingan publik yang berbeda pula.

5 Media Media dalam komunikasi massa bisa diartikan sebagai saluran yang bersifat fisik, antara lain terdiri atas media cetak dan media elektronik. Seiring dengan perkembangan teknologi, maka pengertian media elektronik bukan lagi hanya terbagi atas radio dan televisi, namun ditambah dengan internet dan content provider handphone.

6 Komunikan Komunikan (audience) adalah kumpulan individu yang menjadi objek dari pesan yang disampaikan media. Komunikan bisa terdiri atas kumpulan dari ribuan atau bahkan jutaan individu yang berasal dari tingkat sosial dan ekonomi (demografi) yang berbeda, namun pesan media bisa ditanggapi dengan reaksi yang sama.

7 Gate Keeper Gate Keeper dalam komunikasi massa adalah individu kreatif yang terlibat langsung dalam proses penyampaian pesan. Dengan adanya unsur kreatif dari Gate Keeper, maka pesan yang disampaikan antar media dapat berlainan.

8 Filter / Noise a. Gangguan teknis bisa berupa cuaca, lokasi, dan juga kerusakan alat. b.Gangguan non teknis berupa kesalahpahaman bahasa dan dalam televisi bisa pula berupa kesalahan editing Noise atau gangguan dalam komunikasi massa berupa gangguan teknis dan non- teknis.

9 Feedback Feedback dalam komunikasi massa bersifat tidak langsung. Dalam media cetak, feedback dapat berupa surat pembaca. Sedangkan dalam media elektronik, feedback dapat berupa surat, , atau telepon tanggapan.


Download ppt "Komponen-Komponen Komunikasi Massa Dwiyatna Widinugraha S.Sos., M.A."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google