Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Komunikasi Massa Dwiyatna Widinugraha S.Sos., M.A.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Komunikasi Massa Dwiyatna Widinugraha S.Sos., M.A."— Transcript presentasi:

1 Komunikasi Massa Dwiyatna Widinugraha S.Sos., M.A.

2 Konsep Komunikasi Massa Konsep I: Komunikasi massa adalah proses di mana informasi diciptakan dan disebarkan oleh organisasi untuk dikonsumsi oleh khalayak (Ruben, 1992)

3 Konsep Komunikasi Massa Konsep 2: Komunikasi massa adalah pesan- pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah orang. (Bittner, 1980)

4 Konsep Komunikasi Massa Konsep 3: Komunikasi massa adalah suatu proses dalam mana komunikator-komunikator menggunakan media untuk menyebarkan pesan-pesan secara luas, dan secara terus menerus menciptakan makna-makna yang diharapkan dapat mempengaruhi khalayak yang besar dan berbeda-beda dengan melalui berbagai cara. (DeFleur dan Denis, 1985)

5 Karakter Komunikasi massa: 1.Ditujukan pada khalayak yang luas, heterogen, anonim, tersebar dan tidak mengenal batas geografis- kultural.

6 Karakter Komunikasi massa: 2. Bersifat umum, bukan perorangan atau pribadi.

7 Karakter Komunikasi massa: 3. Pola penyampaian bersifat cepat dan tidak terkendala oleh waktu dalam menjangkau khalayak yang luas.

8 Karakter Komunikasi massa: 4. Penyampaian pesan cenderung satu arah.

9 Karakter Komunikasi massa: 5. Kegiatan komunikasi terencana, terjadwal dan terorganisasi.

10 Karakter Komunikasi massa: 6. Penyampaian pesan bersifat berkala, tidak bersifat temporer.

11 Karakter Komunikasi massa: 7. Isi pesan mencakup berbagai aspek kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, politik dll)

12 Media, alat komunikasi baru??

13 Media, alat komunikasi baru Media massa sendiri dalam kajian komunikasi massa sering dipahami sebagai perangkat-perangkat yang diorganisir untuk berkomunikasi secara terbuka dan pada situasi yang berjarak kepada khalayak luas dalam waktu yang singkat (McQuail, 2002:17). “Media” dalam konteks ini sudah tentu akan memiliki pengertian “mediasi” karena mampu menjembatani jarak (distance) antara khalayak dan dunia.

14 Media, alat komunikasi baru Media adalah jendela yang memungkinkan kita untuk melihat fenomena yang terjadi melebihi lingkungan dekat kita, penerjemah yang membantu kita membuat perasaan mengalami, platform atau pembawa yang menyalurkan informasi, komunikasi interaktif yang meliputi umpan balik kepada khalayak, penanda yang memberi kita dengan instruksi dan petunjuk, penyaring yang menyaring bagian-bagian pengalaman dan berfokus pada lainnya, cermin yang memantulkan realitas kita kepada kita kembali, dan pembatas yang menghalangi kebenaran (McQuail, 2002 : 66).

15 Kajian Komunikasi Massa Kajian komunikasi massa berhubungan dengan PERKEMBANGAN komunikasi massa, karena itulah komunikasi massa menjadi kajian dari ilmu komunikasi yang paling menarik.

16 Kajian Komunikasi Massa Semakin tergantungnya manusia dengan keberadaan media massa.

17 Kajian Komunikasi Massa Anda akan dianggap kuper (kurang pergaulan), gara-gara tidak mengkonsumsi media massa selama satu minggu saja.


Download ppt "Komunikasi Massa Dwiyatna Widinugraha S.Sos., M.A."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google