Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Riba berasal dari bahasa Arab yang berarti lebih atau Tambahan Riba menurut hukum syara’ adalah kelebihan atau tambahan pembayaran tanpa ada ganti atau.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Riba berasal dari bahasa Arab yang berarti lebih atau Tambahan Riba menurut hukum syara’ adalah kelebihan atau tambahan pembayaran tanpa ada ganti atau."— Transcript presentasi:

1

2 Riba berasal dari bahasa Arab yang berarti lebih atau Tambahan Riba menurut hukum syara’ adalah kelebihan atau tambahan pembayaran tanpa ada ganti atau imbalan yang disyaratkan bagi salah seorang yang melakukan akad atau transksi. RIBA

3 Hukum Riba adalah Haram “Allah Telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba....” (QS al- Baqarah:275)

4 Larangan memakan riba : “ Rasulullah saw. Melaknat orang yang memakan riba, yang mewakilinya, penulisnya dan kedua saksinya. Mereka semua berdosa ” (H.R. Muslim)

5 Macam-macam Riba 1. Riba Fadli(lebih) : Riba yang disebabkan penukaran barang sejenis yang tidak sama ukuran atau jumlahnya 2. Riba Qardi(utang) : riba dalam hal utang, caranya adalah dengan menarik riba dari orang yang berutang 3. Riba nasi’ah : riba yang disebabkan penundaan atau penangguhan pembayaran utang. 4. Riba Yad : Riba karena terpisahnya penjual dan pembeli sebelum timbang terima barang dagangan.

6 Bahaya dan Kerugian dari Riba Riba membuat manusia malas bekerja Riba melebarkan kesenjangan antara yang kaya dan yang miskin Riba menyebabkan terputusnya sikap yang baik antar sesama manusia dalam hal pinjam-meminjam Riba menyebabkan permusuhan antarpribadi

7 Hikmah diharamkannya Riba dalam Islam 1. Menjaga harta seorang muslim supaya tidak dimakan dengan cara-cara yang bathil. 2. Mengarahkan seorang muslim supaya mengiventasikan hartanya didalam sejumlah usaha yang bersih yang jauh dari kecurangan dan penipuan serta terhindar dari segala tindakaan yaang menimbulkan kesengsaraan diantara kaum muslimin. 3. Menyumbat seluruh jalan yang membawa seorang muslim kepada tindakan memusuhi dan menyusahkan saudara sesama muslim. 4. Menjauhkan seorang muslim dari perbuatan yang dapat membawa kepada kebinasaan.

8 KERJA SAMA DALAM PERTANIAN

9 a.Muzara’ah : Sistem penggarapan sawah/ladang/kebun yang benihnya dan penggarapannya dari penggarap

10 b. Mukhabarah : sistem penggarap an sawah, ladang, kebun pemilik sawah/ladang/kebun berhubung penggarap hanya sebagai buruh semata c. Musaqah : Sistem pemburuhan pemeliharaan tanaman yang sudah ada(sawah,ladang,perkebunan) hingga menghasilkan upahnya menurut aqad ketika ijab qabul dg ketentuan masing-masing harus orang yang berhak

11 Syarat muzara’ah, musaqah dan mukhabarah yaitu : 1. harus ada aqad dari masing-masing yang berkaitan 2. harus ada usaha/pekerjaan, sawah, ladang, kebun dan tanaman yang akan dipeliharanya 3. adanya hasil yang akan dipetik, saling menguntungkan 4. masing-masing yang berkorban harus dewasa, berakal sehat dan merdeka

12


Download ppt "Riba berasal dari bahasa Arab yang berarti lebih atau Tambahan Riba menurut hukum syara’ adalah kelebihan atau tambahan pembayaran tanpa ada ganti atau."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google