Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1.ADE ANGGRIAWAN 2.AGUSTINUS LV 3.NOVIANDRY MUSFA 4.RIZALDI RIZKI 5.SYAHRI ROMADONA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1.ADE ANGGRIAWAN 2.AGUSTINUS LV 3.NOVIANDRY MUSFA 4.RIZALDI RIZKI 5.SYAHRI ROMADONA."— Transcript presentasi:

1 1.ADE ANGGRIAWAN 2.AGUSTINUS LV 3.NOVIANDRY MUSFA 4.RIZALDI RIZKI 5.SYAHRI ROMADONA

2 TENTANG FERTILEZERS(PUPUK) Nitrogen Nitrifikasi Denitrifikasi Fiksasi Biokimia dan Ekologi Fiksasi Nitrogen Pupuk Nitrogen Pupuk Fospor dalam Pertanian Eutrofikasi

3 Telah diketahui bahwa tanaman membutuhkan mineral untuk pertumbuhan, hal ini pertama kali diidentifikasi oleh Van Leibig, yang menganalisa mineral dan kadar abu tanaman untuk mengedintifikasi elemen-elemen yang secara tidak langsung menggambarkan komposisi pupuk anorganik.Penggunaan benih hibrida memerlukan penggunaan pupuk sebagai supelmen nutrisi. Unsur- unsur yang membentuk bagian dari komponen penting dari nutrisi tanaman ialah nitrogen dan fosfor.

4 Di alam, Nitrogen terdapat dalam bentuk senyawa organik seperti urea, protein, dan asam nukleat atau sebagai senyawa anorganik seperti ammonia, nitrit, dan nitrat. Nitrogen dalah unsur inti yang ada di dalam asam nukleat dan protein. Siklus nitrogen melibatkan lima senyawa yang berbeda yang saling tekait. Untuk lebih jelas nya bias kita lihat siklus/daur nitrogen dibawah ini.

5

6 Nitrogen dalam bentuk tereduksi adalah titik awal dari semua proses nitrifikasi, selain itu asam nitrat adalah beberapa produk penting. Proses ini sangat cukup sensitife terhadap perubahan pH, dan pada tingkat pH Kurang dari 5,0 proses nitrifikasi berhenti sepenuhnya. Beberapa reaksi dasar yang terlibat adalah:

7 2NH O 2 2NO H + + 2H 2 O k CEB. 2NH O 2 2NO H2O + 4H + 2NH O 2 2NH 2 OH + 2H + NH 2 OH+ HNO 2 NO 2 NHOH + 2H 2NO 2 NHOH + O 2 4HNO 2 HNO 2 + H 2 O NitrobacterHNO 3 + 2H

8 Denitrifikasi merupakan proses pengurangan nitrat dalam bentuk N2 gas. Denitrifikasi merupakan mekanisme fiksasi nitrogen ke atmosfir. Proses denitrifikasi juga digunakan pada pengolahan air tahap lanjut yang berfungsi untuk menghilngkan nitrogen dalam bentuk organik atau amonia. Proses denitrifikasi tidak berakibat negatif terhadap pertumbuhan bakteri dalm kondisi anaerobik karena merupakan bahan yang non-toksik.

9 Untuk mempertahankan tingkat stabil nirogen dalam tanah, adalah nitrogen harus diisi baik oleh aplikasi pupuk atau dengan fikasi nitrogen oleh mikroba alami. Ada tiga yang paling penting syimbiotik nitrogen pemecah masalah, yaitu Azobacter, Clostridium dan Cyanophytes(ganggang hijau biru) Azobacter, ini adalah organisme nitrogen yang paling efesien, mampu memperbaiki nitrogen. Clostridium. Meskipun organisme ini kurang efesien, namun jumlahnya cukup melimpah. Ganggang biru-hijau. Ini adalah yang paling penting nitrogen pemecah masalah, terutama di sawah.

10 Fiksasi nitrogen adalah proses dimana udara disadap dan diubah menjadi senyawa nitrogen oleh bakteri pengikat nitrogen.produk mudah yang dapat diedentifikasi dalam proses fiksasi nitrogen adalah amonia. Adapaun tahap pembentukannya adalah sebagai berikut:

11 1.Tahap pengurangan,menjadi amonia. N2 H2 HN= NH +2H2 (NH 2 ) 2 +H 2 2NH 3 2.Sintesis asam gulamate NH3 + α – keto Amino glumatic acid glutamic acid glutamic acid HO2C. CH NH2 (CH2)2CO2H

12 Pupuk nitrogen juga dapat memberikan efek racun terhadap manusia yaitu bisa menyebabakan sesak napas atau bahkan kematian. Beberapa efek racun dari pupuk nitrogen dapat dihindari dengan mengadopsi langkah- langkah pencegahan sebagai berikut: pemantauan kosentrasi nitrit dalam air menhgindari minyampan sayuran dimasak,pada suhu kamar,untuk waktu yang cukup lama. mengendalikan penggunaan pupuk atau menggunakan pupuk yang memiliki kandungan nitrogen yang lebih rendah memastikan bahwa tingkat nitrogen pada tanaman tidak memiliki 300ppm. menghindari makanan bayi dengan makanan beresiko tinggi.

13 PupukPerkiraan (Persentase) Urea Kalsium Siamanida Amonium Sitrat Amonium Sulfat Diamonium Hidrogen fosfat Sodium nitrat Limbah organik seperti, tepung,ikan,dan pupuk

14 Persentase fosfor organik yang tinggi dalam tanah dapat dijelaskan oleh bahwa tanaman dapat mengambil dari sumber fosfor anorganik. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat siklus fosfor dibawah ini:

15

16 Kekurangan fosfor yang tersedia dalam tanah merupkan penyebab tidak suburnya tanah. Fosfor yang tersedia umunya serendah 0,1%. Yang hanya sebagaian kecil yang dapat diserap oleh tanaman.metode tradisonal menggunakan abu, fosfor telah digantikan oleh fosfor batu yang merupakan /diperlukan untuk meningktkan kelarutannya. Hal ini bisa diserap/dikonsumsi oleh tanaman sekitar 25%.

17 Keseimbangan yang ada antara fotosintesi(P) dan respiras(R)i harus dipertahankan. Fotosintesis merupakan laju pembentukan sel dan bertarung jawab untuk akumulasi alaga yang lebih besar.respirasi merupakan tingkat kerusakan sel, yaitu BOD lebih besar.untuk sumber daya air untuk tetap oligotropik(bersih) adalah penting bahwa suatu keseimbangan dipertahankan antara fotosintesis(P) atau pembentukan sel dan respirasi(R)

18 setiap gangguan dalam keseimbangan P dan R dapat menyebabkan masalah sebagai berikut: 1.Ketika R>P. Dalam kondisi kelebihan nutrisi organik mendapatkan akumulasi yang dalam merangsang aktivasi bakteri.contohnya ialah air limbah yang mencemari danau itu menghasilkan akumulasi materi organik dan danau menjadi Eutrophi.dengan demikian, akumulasi zat organik meningkatakan kebutuhan oksigen(DO.pembusukan anaerobik menyebabkan danau disisi oleh masalah membusuk. 2.Ketika P>R. Nutrisi anorganik terakumulasi kelebihan karena mineralisasi.

19


Download ppt "1.ADE ANGGRIAWAN 2.AGUSTINUS LV 3.NOVIANDRY MUSFA 4.RIZALDI RIZKI 5.SYAHRI ROMADONA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google