Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DAUR ULANG FORFOR Irham Hidayat Herdik Hermawan Yusrah Hayati Alifia Bintan Nurusyami Isnaeni Kusumawijayanti Niken Syaroh Purwasih.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DAUR ULANG FORFOR Irham Hidayat Herdik Hermawan Yusrah Hayati Alifia Bintan Nurusyami Isnaeni Kusumawijayanti Niken Syaroh Purwasih."— Transcript presentasi:

1 DAUR ULANG FORFOR Irham Hidayat Herdik Hermawan Yusrah Hayati Alifia Bintan Nurusyami Isnaeni Kusumawijayanti Niken Syaroh Purwasih

2 Pendahuluan Fosfor adalah zat yang dapat berpendar karena mengalami fosforensens, unsur kimia yang memiliki lambang P dengan nomor atom 15. Fosfor berupa nonlogam, bervalensi banyak, termasuk golongan nitrogen, banyak ditemui dalam batuan fosfat anorganik dan dalam semua sel hidup tetapi tidak pernah ditemui dalam bentuk unsur bebasnya.

3 Lanjutan... Fosfor amatlah reaktif, memancarkan pendar cahaya yang lemah ketika bergabung dengan oksigen, ditemukan dalam berbagai bentuk, Fosfor berupa berbagai jenis senyawa logam transisi atau senyawa tanah langka seperti zink sulfida (ZnS) yang ditambah tembaga atau perak, dan zink silikat (Zn 2 SiO 4 ) yang dicampur dengan mangan

4 Bentuk Fosfor Di alam forfor terdapat 2 bentuk: 1.Senyawa Fosfat Organik (tumbuhan dan hewan) 2.Senyawa Fosfat anorganik (tanah dan air) Fosfor dialam dalam bentuk terikat sebagai Ca-fosfat, Fe- atau Al-fosfat, fitat atau protein.

5 Siklus Fosfor Daur fosfor yaitu daur atau siklus yang melibatkan fosfor, dalam hal input atau sumber fosfor proses yang terjadi terhadap fosfor hingga kembali menghasilkan fosfor lagi. Daur fosfor dinilai paling sederhana daripada daur lainnya, karena tidak melalui atmosfer, Fosfor di alam didapatkan dari batuan, bahan organik, tanah, tanaman, PO4- dalam tanah. Fosfor berupa fosfat yang diserap tanaman untuk sintesis senyawa organik. Humus dan partikel tanah mengikat fosfat, jadi daur fosfat dikatakan daur lokal.

6 Fosfat organik dari hewan dan tumbuhan yang mati diuraikan oleh decomposer (pengurai) menjadi fosfat anorganik Fosfat anorganik yang terlarut di air tanah atau air laut akan terkikis dan mengendap di sedimen laut. Oleh karena itu, fosfat banyak terdapat di batu karang dan fosil. Fosfat dari batu dan fosil terkikis dan membentuk fosfat anorganik terlarut di air tanah dan laut.

7 Lanjutan... Fosfat anorganik ini kemudian akan diserap oleh akar tumbuhan lagi. Siklus ini berulang terus menerus. Daur fosfor terlihat akibat aliran air pada batu- batuan akan melarutkan bagian permukaan mineral termasuk fosfor akan terbawa sebagai sedimentasi ke dasar laut dan akan dikembalikan ke daratan.

8

9 Matur Nuwun...


Download ppt "DAUR ULANG FORFOR Irham Hidayat Herdik Hermawan Yusrah Hayati Alifia Bintan Nurusyami Isnaeni Kusumawijayanti Niken Syaroh Purwasih."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google