Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DENGAN METODE 360 DERAJAT (Studi kasus pada PT. AJBS Surabaya) Oleh : Eko Satyabhara.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DENGAN METODE 360 DERAJAT (Studi kasus pada PT. AJBS Surabaya) Oleh : Eko Satyabhara."— Transcript presentasi:

1 ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DENGAN METODE 360 DERAJAT (Studi kasus pada PT. AJBS Surabaya) Oleh : Eko Satyabhara Hartawan

2 Latar Belakang Masalah Latar Belakang PT. AJBS Sistem Penilaian Kinerja yang Lama Muncul Permasalahan Sistem Informasi Penilaian Kinerja Pegawai dengan Metode 360 Derajat

3 Rumusan Masalah o Bagaimana menganalisis sistem informasi penilaian kinerja karyawan pada PT. Aneka Jaya Baut Sejahtera (AJBS) Surabaya. o Bagaimana merancang dan menerapkan metode penilaian 360 derajat pada analisis dan perancangan sistem informasi penilaian kinerja karyawan PT. Aneka Jaya Baut Sejahtera (AJBS) Surabaya.

4 Batasan Masalah oSistem ini hanya berupa desain analisis dan perancangan sistem informasi penilaian kinerja karyawan pada PT. AJBS Surabaya. oHasil analisis dan perancangan system infromasi penilaian kinerja karyawan ini tidak membahas dan menganalisis untuk integrasi ke bentuk jaringan (network). oTidak membahas tentang penggajian karyawan, hanya berdasarkan pada penilaian kinerja karyawan tetap bukan menganalisis penilaian kinerja karyawan harian.

5 Tujuan Menganalisis sistem informasi kinerja karyawan tetap pada PT. AJBS Surabaya untuk memperoleh karyawan yang lebih obyektif khususnya karyawan tetap agar dalam penilaian karyawan tidak berdasarkan subjektifitas. Menerapkan metode penilaian 360 derajat pada sistem informasi penilaian kinerja karyawan pada PT. AJBS untuk menilai kinerja karyawan sesuai dengan kriteria yang berlaku pada PT. AJBS.

6 Standar Kinerja Menurut Mathis dan Jackson (2002:78) standar kinerja menjelaskan tingkat-tingkat kinerja yang diharapkan, dan merupakan bahan perbandingan, tujuan atau target, tergantung dari pendekatan yang diambil. Semakin jelas standarkinerjanya, makin akurat tingkat penilaian kinerja. Metode 360 Derajat Menurut Antonioni (1996), Cara kerja metode penilaian 360 Derajat adalah penilaian pegawai tidak saja diambil dari penilaian atasan langsung ataupun atasan keduadi atasnya, akan tetapi juga dimintakan dari rekan sekerja yang satu level maupun dari bawahan langsung yang bersangkutan. Sistem Informasi Menurut (Tata Subari, 2004:3), secara sederhana sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur, komponen atau variable-variabel yang terorganisasi, saling berinteraksi, saling tergantung satu sama lain dan terpadu. Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat yang tertentu, yaitu mempunyai komponen-komponen, batas sistem, lingkungan luar sistem, penghubung, masukan, keluaran, pengolah dan sasaran atau tujuan. Kriteria Pekerjaan Menurut Mathis dan Jackson (2002:78) kriteria pekerjaan adalah factor yang dari apa yang dilakukan orang di pekerjaanya (dalam artian, kriteria pekerjaan menjelaskan apa-apa yang sudah dibayar oleh organisasi untuk dikerjakan karyawanya). Tujuan Penilaian Kinerja Menurut Soeprihanto (2001) Penilaian kinerja merupakan suatu pedoman dalam bidang personalia untuk mengetahui dan menialai hasil kinerja karyawannya selama periode tertentu. Prestasi tersebut sangat erat hubungannya dengan produktivitas individu dan juga masalah latihan dan pengembangan, perencanaan karir atau kenaikan pangkat maupun masalah pengupahan. Penilaian Kinerja Penilaian kinerja (performance appraisal) adalah suatu proses dalam organisasi yang bertujuan mengevaluasi pelaksanaan kerja masing-masing individu dalam organisasi tersebut (Simamora, 1999:415). Landasan Teori

7 Dokumen Flow Penilaian Kinerja

8 Analisis dan Perancangan Sistem Blok Diagram Sistem Untuk Penilaian Kinerja DFD Level 0 Sistem Informasi Penilaian Kinerja Pegawai Dengan Metode 360 Derajat Context Diagram Sistem Informasi Penilaian Kinerja Pegawai Dengan Metode 360 Derajat Analisis dan Perancangan Sistem

9 Blok Diagram Penilaian Kinerja

10 Context Diagram Peniliaian Kinerja

11 DFD Level 0 Penilaian Kinerja

12 CDM Penilaian Kinerja

13 PDM Penilaian Kinerja

14 Daftar Pustaka Dessler, Gary, 1997, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Prenhallindo, Jakarta. Hartono, J, 2005, Analisis & Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, Andi Offset, Yogyakarta. Kendall, Kendall &, 2003, Analisis & Desain Sistem(System Analysis and Design): Jilid 2, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta Mathis, Robert L, dan Jackson, Jhon H, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Buku 2, Penerbit Salemba Empat, Jakarta. Saifuddin, Azwar, 2003, Penyusunan Skala Psikologi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta Simamora, Henry, 1999, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN, Yogyakarta.

15 Terima Kasih


Download ppt "ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DENGAN METODE 360 DERAJAT (Studi kasus pada PT. AJBS Surabaya) Oleh : Eko Satyabhara."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google