Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Nanda Surya Setiawan 08.41010.0396 Sistem Pakar untuk Mendiagnosis Kecerdasan Majemuk Menggunakan Metode Fuzzy Expert System.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Nanda Surya Setiawan 08.41010.0396 Sistem Pakar untuk Mendiagnosis Kecerdasan Majemuk Menggunakan Metode Fuzzy Expert System."— Transcript presentasi:

1 Nanda Surya Setiawan Sistem Pakar untuk Mendiagnosis Kecerdasan Majemuk Menggunakan Metode Fuzzy Expert System

2 Latar Belakang Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap anak. Pendidikan yang dimaksud, tidak hanya sekedar yang didapat di sekolah. Namun lebih kepada tempat yang digunakan anak untuk belajar memahami sesuatu dan mencari jati diri. Di sini pemegang peran utama yang penting dalam perkembangan anak adalah orang tuanya serta guru terutama guru SD karena merupakan pembimbing perkembangan dasar dari anak tersebut. Oleh karena itu, sebagai orang tua dan guru harus mengetahui bagaimana cara mendampingi anak yang tepat.

3 Di Indonesia sangat minim pengetahuan orang tua tentang cara melihat dan mengarahkan bakat dan minat anaknya terutama di daerah yang perkembangannya kurang diperhatikan pemerintah. Berdasarkan penelitian, di sekolah ditemukan kurang lebih 40% anak berbakat, tetapi tidak mampu berprestasi setara dengan kapasitas yang sebenarnya dimiliki (Lucy, 2010). Akibatnya sekalipun berkemampuan tinggi, banyak anak berbakat tergolong kurang berprestasi. Hal ini mengakibatkan kurang cepat dan kurang efektifnya pertumbuhan anak dan bakatnya yang menonjol menjadi kurang terlihat secara lebih dini. Pentingnya mengetahui letak kecerdasan yang paling menonjol pada anak sejak dini agar kualitas pendidikan dapat meningkat menjadi unsur utama yang dari ide pembuatan proyek tugas akhir ini.

4 Rumusan Masalah  Bagaimana merancang perangkat lunak dengan metode fuzzy expert system untuk mendiagnosis kecerdasan majemuk?  Bagaimana membangun aplikasi yang dapat memberikan informasi mengenai kecerdasan majemuk yang dimiliki anak tersebut beserta cara pembimbingannya?

5 Batasan Masalah  Penelitian yang dilakukan hanya untuk anak usia 7-13 tahun  Pendeteksian yang dilakukan hanya mencakup 8 kecerdasan majemuk pada anak  Interaksi antara sistem dan user menggunakan pertanyaan berupa daftar ciri-ciri kegemaran yang tampak berdasarkan perilaku, bakat dan minat serta hobi anak, dimana user akan diminta untuk memilih ciri-ciri kegemaran pada setiap daftar ciri-ciri kegemaran berdasarkan kondisi anak tersebut.  Keluaran yang akan dihasilkan dari perangkat lunak ini adalah beberapa kecerdasan yang dimiliki oleh anak yang bersangkutan serta saran untuk mendampingi anak tersebut serta cara pengembangan potensi dengan cara yang tepat agar tumbuh optimal berdasarkan opsi yang dipilih oleh user dari pertanyaan – pertanyaan yang diajukan sistem.

6 Tujuan  Untuk merancang perangkat lunak dengan menggunakan metode fuzzy expert system untuk mendiagnosis kecerdasan majemuk  Untuk membangun aplikasi yang dapat memberikan informasi mengenai kecerdasan majemuk yang dimiliki anak tersebut beserta cara pembimbingannya.

7 Sistem Pakar Sistem pakar adalah sebuah program komputer yang mencoba meniru atau mensimulasikan pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skill) dari seorang pakar pada area tertentu (Irawan. 2007). Selanjutnya, sistem ini akan mencoba memecahkan suatu permasalahan sesuai dengan kepakarannya. Atau dengan kata lain adanya sistem pakar memungkinkan user untuk berkonsultasi dengan sistem komputer seperti halnya dengan seorang pakar dalam menganalisis masalah atau membuat kesimpulan dalam sebuah bidang yang spesifik.

8 Fuzzy Expert System Fuzzy expert system adalah suatu sistem pakar yang menggunakan perhitungan fuzzy dalam mengolah knowledge untuk menghasilkan konsekuensi, premis dengan konklusi atau kondisi dengan akibat sehingga menghasilkan informasi yang memiliki keakuratan kepada end user atau pengguna. Bentuk umum fuzzy expert system hampir sama dengan bentuk rule based pada expert system yaitu if A then B dimana A dan B adalah fuzzy sets

9 Certainty Factor Certainty Factor (CF) digunakan untuk menyatakan tingkat keyakinan pakar dalam suatu pernyataan. Certainty Factor dinilai dengan angka dalam rentang -1 (yakin negatif) sampai 1 (yakin positif). Pemberian nilai untuk pembagian tingkat keyakinan dapat dilihat pada Tabel (Intan, 2010).

10 Kecerdasan Majemuk Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) adalah Teori yang diperkenalkan Dr. Howard Gardner (guru besar di bidang psikologi dan pendidikan dari Harvard University) pada tahun 1983 yang mengatakan bahwa ada delapan jenis kecerdasan (mungkin bahkan lebih banyak lagi tetapi belum teridentifikasi). Masing-masing kecerdasan yang berbeda- beda ini dapat digambarkan oleh ciri-ciri, kegiatan-kegitan, dan minat- minat tertentu. Kedelapan jenis kecerdasan tersebut adalah : (i) kecerdasan bahasa, (ii) kecerdasan matematika dan logika, (iii) kecerdasan spasial, (iv) kecerdasan musik, (v) kecerdasan kinestetik, (vi) kecerdasan interpersonal, (vii) kecerdasan intrapersonal, dan (viii) kecerdasan naturalis. Dr.Gardner menyebutkan bahwa intelegensi bukanlah suatu kesatuan tunggal yang bisa diukur secara sederhana dengan test IQ.

11 System Flow Maintenance Data

12 System flow untuk Diagnosis Kecerdasan Majemuk

13 System flow untuk Permintaan Cetak Histori

14 Data Flow Diagram

15 CDM

16 PDM

17 Demo Program

18 Terima Kasih


Download ppt "Nanda Surya Setiawan 08.41010.0396 Sistem Pakar untuk Mendiagnosis Kecerdasan Majemuk Menggunakan Metode Fuzzy Expert System."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google