Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMUNIKASI PENYULUHAN -Komunikasi, Adopsi, dan Difusi Inovasi- Oleh: Andika Budi Wendri.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMUNIKASI PENYULUHAN -Komunikasi, Adopsi, dan Difusi Inovasi- Oleh: Andika Budi Wendri."— Transcript presentasi:

1 KOMUNIKASI PENYULUHAN -Komunikasi, Adopsi, dan Difusi Inovasi- Oleh: Andika Budi Wendri

2 Pengertian Komunikasi Secara umum, komunikasi sering diartikan sebagai: “suatu proses penyampaian pesan dari sumber ke penerima” (Berlo, 1960). Tetapi dalam praktek, proses komunikasi tidak hanya terhenti setelah pesan disampaikan atau diterima oleh penerimanya.

3 Pengertian Tentang Inovasi Rogers dan Shoemaker (1971) mengartikan inovasi sebagai: ide – ide baru, praktek – praktek baru, atau objek – objek yang dapat dirasakan sebagai sesuatu yang baru oleh individu atau masyarakat sasaran penyuluhan.

4 masih pejwan Pengertian inovasi tidak hanya terbatas pada benda atau barang hasil produksi saja, tetapi mencakup: ideologi, kepercayaan, sikap hidup, informasi, perilaku, atau gerakan – gerakan menuju kepada proses perubahan didalam segala bentuk tata kehidupan masyarakat.

5 Pengertian Adopsi Adopsi, dalam proses penyuluhan (pertanian), pada hakekatnya dapat diartikan sebagai proses penerimaan inovasi dan atau perubahan perilaku baik yang berupa: pengetahuan (cognitive), sikap (affective), maupun keterampilan (psychomotoric) pada diri seseorang setelah menerima “inovasi” yang disampaikan penyuluh oleh masyarakat sasarannya.

6 masih pejwan Pengertian adopsi sering rancu dengan “adaptasi” yang berarti penyesuaian. Di dalam proses adopsi, dapat juga berlangsung proses penyesuaian, tetapi adaptasi itu sendiri lebih merupakan proses yang berlangsung secara alami untuk melakukan penyesuaian terhadap kondisi lingkungan

7 Tahapan Adopsi awareness, atau kesadaran, yaitu sasaran mulai sadar tentang adanya inovasi yang ditawarkan oleh penyuluh. interest, atau tumbuhnya minat yang seringkali ditandai oleh keinginannya untuk bertanya atau mengetahui lebih jauh tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan inovasi yang ditawarkan oleh penyuluh. evaluation atau penilaian terhadap baik/buruk atau manfaan inovasi yang telah diketahui informasinya secara lengkap.

8 Lanjutgan !!! trial atau mencoba dalam skala kecil untuk lebih meyakinkan penilaiannya, sebelum menerapkan untuk skala yang lebih luas lagi. adoption atau menerima dengan penuh keyakinan berdasarkan penilaian dan uji coba yang telah dilakukan/diamatinya sendiri.

9 Ukuran Adopsi Inovasi Jika menggunakan ilmu komunikasi, adopsi inovasi dapat dilihat jika sasaran telah memberikan tanggapan (respons) berupa perubahan atau pelaksanaan kegiatan seperti yang diharapkan (Berlo, 1961).

10 Faktor – faktor yang Mempengaruhi kecepatan Adopsi Sifat – sifat atau karateristik inovasi Sifat – sifat atau karakteristik calon pengguna Pengambilan keputusan adopsi Saluran atau media yang digunakan Kualifikasi penyuluh.

11 faktor-faktor penentu adopsi inovasi dapat dilakukan melalui 4 pendekatan: Pendektan Komunikasi Pendekatan Pendidikan Pendekatan psiko-sosial Pendekatan Sistem Agribisnis

12 Difusi Inovasi Dalam Penyuluhan Yang dimaksud dengan proses difusi inovasi adalah, perembesan adopsi inovasi dari satu individu yang telah mengadopsi ke individu yang lain dalam system social masyarakat sasaran yang sama.

13 TERIMA KASIH Kalau ada salah mohon JANGAN DIBATA Cendolnya mana coba?


Download ppt "KOMUNIKASI PENYULUHAN -Komunikasi, Adopsi, dan Difusi Inovasi- Oleh: Andika Budi Wendri."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google