Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LAPORAN PENELITIAN Motivasi Siswa Merokok di Sekolah LAPORAN PENELITIAN Motivasi Siswa Merokok di Sekolah Studi Kasus pada Siswa SMAN CANDIPURO Disusun.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LAPORAN PENELITIAN Motivasi Siswa Merokok di Sekolah LAPORAN PENELITIAN Motivasi Siswa Merokok di Sekolah Studi Kasus pada Siswa SMAN CANDIPURO Disusun."— Transcript presentasi:

1 LAPORAN PENELITIAN Motivasi Siswa Merokok di Sekolah LAPORAN PENELITIAN Motivasi Siswa Merokok di Sekolah Studi Kasus pada Siswa SMAN CANDIPURO Disusun Oleh: Angga Joni, Angga Suryard, Mahmud Ogara, Erik Noviantoro, Zaenal Agus Kelas XII.S2

2 BAB 1 PENDAHULUAN A. Latar belakang Selain merugikan kesehatan, merokok di sekolah juga bertentangan dengan tata tertib sekolah. Karena tindakan tersebut tidak mencerminkan citra lembaga pendidikan. Selain merugikan kesehatan, merokok di sekolah juga bertentangan dengan tata tertib sekolah. Karena tindakan tersebut tidak mencerminkan citra lembaga pendidikan. Kenyataannya ada saja siswa yang secara sembunyi-sembunyi melakukan tindakan merokok di sekolah. Meskipun sanksi bagi yang melakukan sangat keras. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk bisa mengetahui motivasi siswa marokok di SMAN Candipuro. Tentu dengan harapan semoga hasil penelitian ini memberi manfaat kepada sekolah untuk mewujudkan sekolah yang bebas rokok. B. Rumusan masalah Apakah motivasi siswa merokok di sekolah? C. Tujuan penelitian: Mengetahui motivasi siswa merokok di sekolah.

3 D. Manfaat Penelitian: a. Bagi sekolah a. Bagi sekolah Pihak sekolah dapat mengetahui bahwa masih ada sejumlah siswa merokok di sekolah. b. Bagi siswa Siswa dapat mengetahui akibat yang terjadi apa bila ketahuan merokok di sekolah c.Bagi guru Guru bisa mengetahui seberapa besar motivasi siswa merokok E. Definisi Konsep: Motivasi adalah faktor-faktor yang mendoroong seseorang melakukan sesuatu meliputi alasan, keinginan atau tujuan suatu tindakan dilakukan.

4 F. Metode Penelitian a. Jenis Penelitian a. Jenis Penelitian Deskriptif Kualitatif, yaitu jenis penelitian yang bertujuan memberikan gambaran yang lebih detail mengenai gejala / fenomena dan pengumpulan datanya menggunakan banyak wawancara yang mendalam dan berkelanjutan. Deskriptif Kualitatif, yaitu jenis penelitian yang bertujuan memberikan gambaran yang lebih detail mengenai gejala / fenomena dan pengumpulan datanya menggunakan banyak wawancara yang mendalam dan berkelanjutan. b. Lokasi penelitian b. Lokasi penelitian SMA Negeri Candipuro, Jl. PB Sudirman Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. c. Teknik Sampling c. Teknik Sampling Purposive Sampling. Yaitu sampling ditentukan dengan sengaja oleh peneliti atas dasar kriteria-kriteria tertentu yang telah di tetapkan sebelum sesuai dengan masalah penelitian. Misalnya siswa yang pernah merokok di sekolah, kelas x, xi dan kelas xii serta bersedia memberikan keterangan. Purposive Sampling. Yaitu sampling ditentukan dengan sengaja oleh peneliti atas dasar kriteria-kriteria tertentu yang telah di tetapkan sebelum sesuai dengan masalah penelitian. Misalnya siswa yang pernah merokok di sekolah, kelas x, xi dan kelas xii serta bersedia memberikan keterangan. d. Teknik Pengumpalan Data d. Teknik Pengumpalan Data Kusioner Kusioner Yaitu sejumlah pertanyaan tertulis yang di gunakan untuk Yaitu sejumlah pertanyaan tertulis yang di gunakan untuk mengumpulkan informasi dan respondensi. mengumpulkan informasi dan respondensi.

5 Identitas informan Hasil wawancara NAMA:DIMASKELAS:X Merokok adalah kebiasaan saya.kalau tidak merokkok mulut terasa pahit,kepala agak pusing,dan bingung.saya tidak bisa berhenti merokok karena saya sudah kecanduan.saya biasa merokok di belakang kantin/di belakang sekolah. NAMA:MUSTOFA KELAS: XI Saya merokok sudah lama,tapi kalutidak merokok rasanya kayak orang bingung.saya tidak bisa berhenti merokok karena saya sudah kecanduan.saya kalau merokok biasanya di sungai/di belakang sekolah. NAMA:DADANGKELAS:XII Saya merokok di sekolah pernah.dan saya kalau merokok disekolah kadang membawa dari rumah.saya kalau tidak merokok pikiran jadi bingung,pusing,mulut pait.karena saya sudah kecanduan. BAB 2 PENYAJIAN DATA DAN ANALISA A. Penyajian Data

6 NAMA:ANAS KELAS: XI Saya merokok di sekolah kadang-kadang.saya merokok kalau ada teman yang mengajak atau saya lagi supek di sekolah.tapi saya tidak bisa nerhenti merokok sehari saja.karena saya sudah kecanduan rokok. NAMA: AMIR KELAS: X Saya merokok di sekolah sering.tapi saya merokok sembunyi-sembunyi.karena saya takut ketahuan guru.kalau sampeketahuan geru saya bisakena hukum.saya juga tidak bisa berhenti merokok karena saya juga ketagihan.

7 BAB 3 KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan Sebagian basar para siswa merokok disekolah karena sudah kecanduan.jadi mereka tidak bisa berhenti merokok meski di sekolah meski itu dilarang olh sekolah.tapimasih banyak siswa yang masih takut ketahuan merokok oleh guru. B. Saran Untuk siswa: semua siswa lebih baik merokok saat pulang sekolah saja.dari pada ketahuan guru bisa kena hukum. Untuk guru: guru adalah contoh utama bagi semua siswa,jadi para guru diharapkan tidak merokok di sekolah.karena itu semua bisa jadi contoh yang kurang baik bagi siswanya. Untuk sekolah: peraturan sekolah kalau bisa diubah sedikit untuk memperbolehkan siswanya merokok di luar sekolah saat ja sekolah sudah selesai,meskipun siswa masih pakai seragam.


Download ppt "LAPORAN PENELITIAN Motivasi Siswa Merokok di Sekolah LAPORAN PENELITIAN Motivasi Siswa Merokok di Sekolah Studi Kasus pada Siswa SMAN CANDIPURO Disusun."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google