Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sejarah PKS 1. Sejarah Patroli Keamanan Sekolah Di Indonesia Didasarkan oleh rasa memiliki terhadap sekolah didalam menjaga ketertiban dan keamanann nya,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sejarah PKS 1. Sejarah Patroli Keamanan Sekolah Di Indonesia Didasarkan oleh rasa memiliki terhadap sekolah didalam menjaga ketertiban dan keamanann nya,"— Transcript presentasi:

1

2 Sejarah PKS 1. Sejarah Patroli Keamanan Sekolah Di Indonesia Didasarkan oleh rasa memiliki terhadap sekolah didalam menjaga ketertiban dan keamanann nya, maka para pelajar mewujudkan hal tersebut kedalam suatu wadah organisasi guna mempermudah pengkoodinasiannya. Untuk itulah maka pada tanggal 5 mei 1975 dibentuklah suatu wadah yang bernama Polisi Keamanan Sekolah. Pada saat itulah ruang lingkup tugas yang diemban Polisi Keamanan Sekolah masih sempit, yaitu hanya sebatas menjaga keamanan sekolah dari tindakan-tindakan yang dilakukan oleh siswa tersebut. Untuk memperluas ruang lingkup dari tugas Polisi Keamanan Sekolah, maka pada tanggal 5 juni 1975 Polisi Keamanan Sekolah diganti namanya dengan Patroli Keamanan Sekolah dengan persetujuan dari Bapak Letkol. Anton Sudjarwo. Ruang lingkup dari Patroli Keamanan Sekolah mengalami peluasan dan penyempitan. Tugas disempitkan dalam bidang keamanan, Dimana tugas yang diemban Patroli Keamanan Sekolah hanya sebagai pengawas atau pemantau dari tindakan-tindakan negative yang terjadi di sekolah untuk selanjutnya dilaporkan kepada pihak guru. Sedangkan perluasannya yaitu pada bidang kelalulintasan, dimana seluruh anggota Patroli Keamanan Sekolah wajib mengetahui peraturan-peraturan kelalulintasan.

3 Pengertian Tentang PKS 3. Pengertian Umum Tentang PKS PKS adalah singkatan dari Patroli Keamanan Sekolah jika kita mendengar kata Patroli, tentunya kita teringat tugas-tugas pengawasan daerah sesuai dengan perincian tugas yang dibebankannya, Misalnya Patroli Jalan Raya (PJR) adalah patroli Polisi Lalu Lintas yang tugasnya mengadakan pengawasan keamanan, ketertiban, kelancaran lalu lintas sepanjang jalan tersebut. Begitu pula PKS tidak jauh beda tugasnya dengan PJR tetapi yang membedakannya adalah ruang lingkup tugasnya, PJR bertugas disepanjang jalan raya sedangkan PKS di lingkungan sekolah serta jalan menuju ke sekolah. PKS adalah suatu organisasi yang merupakan wadah partisipasi para pelajar (SD/SLTP/SLTA) yang berminat di bidang kelalu lintasan di bawah naungan kepolisian Organisasi adalah sekelompok orang terdiri dari dua orang atau lebih yang saling bekerja sama untuk mencapai mufakat

4 Mengapa Perlu diBentuk PKS 4. Mengapa Perlu Dibentuk PKS ? Sebagai upaya menanamkan kesadaran hukum dan peraturan- peraturan lalu lintas sedini mungkin kepada para remaja umumnya dan pelajar pada khususnya, sehingga kelak dikemudian hari akan menjadi generasi yang telah memiliki disiplin dan sopan santun lalu lintas, selanjutnya mengamalkan serta melaksanakan sebagai pamakai jalan yang baik. Oleh karena itu masalah lalu lintas merupakan tanggung jawab kita bersama termasuk pelajar, maka sebagai rasa tanggung jawab para pendidik dan petugas dibidang lalu lintas menganggap perlu membentuk suatu wadah untuk menampung kegiatan para pelajar dan pemakai jalan disekitar sekolah masing-masing dan wadah tersebut adalah Patroli Keamanan Sekolah.

5 Siapa dan Apa Syarat Menjadi PKS 5. Siapa Saja dan Apa Persyaratan Untuk Menjadi Anggota PKS? Anggota PKS angkatan pertama terdiri dari pelajar (SD/SLTP/SLTA) yang terpilih oleh guru atau Pembina, untuk PKS sekarang siapa saja bisa jadi anggota PKS asalkan siap untuk memenuhi persyaratan-persyaratan sebagai berikut : Berbadan sehat dan tidak cacat Berhasrat tebal dan sanggup menjadi anggota PKS yang baik Dipilih oleh guru/Pembina/wali kelas Mendaptkan izin dari orang tua Bersedia mengikuti berbagai jenis pendidikan PKS Dengan sukarela dan tidak mengajukan tuntunan ketentuan yang telah ditetapkan

6 Apa Manfaat Menjadi PKS 6. Apakah Manfaat Menjadi Anggota PKS? Menjadi anggota PKS adalah sangat bermanfaat khususnya bagi diri pribadi maupun bagi masyarakat pemakai jalan pada umumya. Keuntungan pribadi sudah sngat jelas sekali, bahwa anggota PKS akan mendapatkan pengalaman dan dapat berbakti terhadap para pemakai jalan. Orang-orang yang menjadi pemimpin yang baik pada umumnya terdiri dari mereka yang pada waktu mudanya sudah belajar berorganisasi dan bersosial antara lain organisasi itu adalah PKS. Keuntungan lainnya Sebagai upaya menanamkan kesadaran hukum dan peraturan-peraturan lalu lintas sedini mungkin kepada para remaja umumnya dan pelajar pada khususnya, sehingga kelak dikemudian hari aakam menjadi generasi yang telah memiliki disiplin dan sopan santun lalu lintas, selanjutnya mengamalkan serta melaksanakan sebagai pamakai jalan yang baik. Keuntungan bagi masyarakat telah jelas pula bahwa telah mempunyai putra-putri yang pada waktu sekolahnya telah belajar kpemimpinan, masyarakat yang baik adalah masyarakat yang anggotanya terdiri dari manusia-manusia yang memiliki tanggung jawab sosial serta kecerdasan dalam membina keutuhan sesama tetangga. Oleh karena itu masalah lalu lintas merupakan tanggung jawab kita bersama termasuk pelajar, maka sebagai rasa tanggung jawab para pendidik dan petugas dibidang lalu lintas menganggap perlu membentuk suatu wadah untuk meanampung kegiatan para pelajar dan pemakai jalan disekitar sekolah masing-masing dan wadah tersebut adalah Patroli Keamanan Sekolah.


Download ppt "Sejarah PKS 1. Sejarah Patroli Keamanan Sekolah Di Indonesia Didasarkan oleh rasa memiliki terhadap sekolah didalam menjaga ketertiban dan keamanann nya,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google