Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGANTAR MK ADALAH LEMBAGA YANG MENYELENGGARAKAN PERADILAN KONSTITUSI SEHINGGA SERING DISEBUT SEBAGAI PENGADILAN KONSTITUSI (CONSTITUTIONAL COURT) HAL.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGANTAR MK ADALAH LEMBAGA YANG MENYELENGGARAKAN PERADILAN KONSTITUSI SEHINGGA SERING DISEBUT SEBAGAI PENGADILAN KONSTITUSI (CONSTITUTIONAL COURT) HAL."— Transcript presentasi:

1 PENGANTAR MK ADALAH LEMBAGA YANG MENYELENGGARAKAN PERADILAN KONSTITUSI SEHINGGA SERING DISEBUT SEBAGAI PENGADILAN KONSTITUSI (CONSTITUTIONAL COURT) HAL TERCERMIN PADA HAL, YAITU: 1. PERKARA-PERKARA YANG MENJADI WEWENANG MK ADALAH PERKARA- PERKARA KONSTITUSIONAL, YAITU PERKARA YANG MENYANGKUT KONSISTENSI PELAKSANAAN NORMA- NORMA KONSTITUSI.

2 SEBAGAI KONSEKUENSINYA DASAR UTAMA YANG DIGUNAKAN OLEH MK --- ALAT UJINYA DALAM MEMERIKSA, MENGADILI, DAN MEMUTUS PERKARA ADALAH KONSTITUSI ITU SENDIRI. HUKUM ACARA MK DIMAKSUDKAN SEBAGAI HUKUM YANG MENGATUR PROSEDUR DAN TATA CARA PELAKSANAAN WEWENANG YANG DIMILIKI OLEH MK.

3 ISTILAH YANG DIGUNAKAN SEPERTI: (1) HK. ACARA PERADILAN KONSTITUSI; (2) HK. ACARA PERADILAN TATA NEGARA. ISTILAH HUKUM ACARA MAHKAMAH KONSTITUSI DIPILIH KARENA MEMANG TERKAIT DENGAN PERKARA-PERKARA YANG MENJADI KEWENANGAN MK.

4 HUKUM ACARA MK ADALAH HUKUM FORMIL YANG BERFUNGSI UNTUK MENEGAKKAN HUKUM MATERIILNYA, YAITU BAGIAN DARI HUKUM KONSTITUSI YANG MENJADI KEWENANGAN MK. HK ACARA MK DAPAT DISEJAJARKAN DENGAN DENGAN HK ACARA PIDANA, HK ACARA PERDATA, & HK ACARA PERADILAN TATA USAHA NEGARA..

5


Download ppt "PENGANTAR MK ADALAH LEMBAGA YANG MENYELENGGARAKAN PERADILAN KONSTITUSI SEHINGGA SERING DISEBUT SEBAGAI PENGADILAN KONSTITUSI (CONSTITUTIONAL COURT) HAL."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google