Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KEDATANGAN BANGSA BARAT. A.Kedatangan Belanda KeIndonesia Sampai Terbentuknya Voc Latar belakang kedatangan Belanda : =>Dahulu belanda melakukan perdagangan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KEDATANGAN BANGSA BARAT. A.Kedatangan Belanda KeIndonesia Sampai Terbentuknya Voc Latar belakang kedatangan Belanda : =>Dahulu belanda melakukan perdagangan."— Transcript presentasi:

1 KEDATANGAN BANGSA BARAT

2 A.Kedatangan Belanda KeIndonesia Sampai Terbentuknya Voc Latar belakang kedatangan Belanda : =>Dahulu belanda melakukan perdagangan di Rotterdam dan membeli rempah-rempah dari Lisabon. =>Namun karena pada waktu tersebut belanda masih dibawah jajahan Spanyol maka terjadilah perang. Yang kemudian dimenangkan oleh spanyol. =>Dengan demikian Belanda tidak dapat lagi membeli rempah-rempah di Lisabon karena sudah di kuasai spanyol.

3 =>Linscoten, tokoh belanda yang berhasil menemukan wilayah di jawa yang banyak menghasilkan rempah-rempah.  Petanya bernama interario. =>Cornelis de Houtman dan de Keyzer memimpin pelayaran nusantara demi menemukan rempah-rempah. Dengan 4 buah kapal.

4  Pada Juni 1596 pelayaran de Houtman tiba di Banten. Disambut dengan suka cita oleh masyarakat kita

5  28 November 1598 rombongan dari Jacob van Neck dan Wybrecht van waerwyck tiba di Banten dengan membawa 5 buah kapal. Dan disambut dengan suka cita oleh masyrakat Indonesia.

6 Terbentuknya VOC  Merupakan kongsi perdagang besar perusahaan-perusahaan belanda di nusantara.  Di pelopori oleh Pangeran Mauritis dan Johan Olden Barnevelt, tahun 1602, yang berpusat di Banten.  Ada 17 pengurus Voc yang diketuai oleh Francois Wittert.

7 Tujuan dibentuknya VOC: 1. Menghindari persaingan tidak sehat antara sesama perdagangan belanda untuk keuntungan maksimal. 2. Memperkuat posisi belanda dalam menghadapi persaingan, baik dengan bangsa Eropa ataupun bangsa Asia, 3. Membantu dana pemerintah Belanda yang sedang berjuang menghadapi Spanyol.

8 Kelebihan dari VOC: Tata kerja yang rapi dan terkontrol dalam sebuah organisasi yang kuat. Kekurangan VOC: Belum memiliki modal yang cukup seperti kongsi-kongsi dagang yang lain dari Eropa.

9 Hak istimewa (Hak Octroi): 1. Monopoli perdagangan 2. Mencetak dan mengedarkan uang sendiri 3. Mengangkat dan memberhentikan pegawai 4. Mengadakan perjanjian dengan raja-raja 5. Memilki tentara untuk mempertahankan diri 6. Mendirikan benteng 7. Menyatakan perang dan damai 8. Mengangkat dan memberhentikan penguasa- penguasa stempat.

10 Uang dari VOC

11 Hasil dari adanya Hak octroi: =>tahun 1605 VOC berhasil merampas benteng Protugis di Ambon. =>tahun 1609 VOC berhasil mendirikan loji (pangkalan dagang) di Banten. =>diangkatnya gubernur Belanda yang pertama yaitu Piere Both,yang kemudian memindahkan daerah pusat VOC ke jayakarta,dan diganti menjadi Batavia.

12 Politik Perdagangan VOC Menerapakan sistem monopoli,dengan peraturan dagangnya yaitu: 1.Verplichte Leverantie. 2.Contingenten. 3.Peraturan tentang ketentuan areal dan jumlah tnaman remapah yang boleh ditanam. 4.Ekstirpasi. 5.Pelayaran Hongi.

13 Gubernur yang berhasil :  Jan Pieterszoon Coen ( )  Antonio van Diemen ( )  Joan Maetsycker ( )  Cornelis Speelman ( )

14 Kemunduran VOC Dimulai pada abad ke 18,hal ini disebabkan oleh: Banyak korupsi yang dilakkan pegawai-pegawai VOC Anggaran pegawai terlalu besar Biaya perang yang semakin besar Persaingan dengan kongsi dagang bangsa lain Utang VOC yang sangta besar Pemberian deviden kapada pemegang saham walaupun usahanya mengalami kemunduran Bekembangnya pahan liberalisme sehingga tidak cocok dengan sistem monopoli belanda. Pendudukan prancis terhadap negara belanda.

15 B. Masa Pemerintahan Deandels Latar belakang pemerintahan Deandels : => Adanya letak geografis antara Belanda dengan Inggris karena saling berdekatan. =>keinginan Napoleon Bonarpate untuk menduduki Belanda. =>sehingga pada saat itu pemerintahan yang berkuasa di Nusantara adalah pemerintahan Belanda-Prancis. =>adanya utusan dari Louis Napoleon untuk mengangkat Herman Willem Deandels sebagai gubernur jendral di Nusantara.

16  tugas utama deandels saat itu adalah mempertahankan wilayah jawa dari serangan inggris.

17 Louis Napoleon Bonaparte, sebagai Raja Belanda, Herman Willem Daendels sebagai gubernur jendral di Indonesia.

18 Kebijakan Pemerintahan Deandels a.Bidang Birokrasi Pemerintahan : Weltevreden. Pembubaran dewan Hindia Belanda menjadi Dewan Penasihat. Membuka sekretariat negara. Pulau jawa dibagi menjadi 9prefektur dan 31 kabupaten Para bupati menjadi pegawai pemerintahan. b.Bidan Hukum dan peradilan : 1)3 jenis pengadilan Deandels, yaitu: - pengadilan orang Eropa -Pengadilan orang Pribumi -Pengadilan orang Timur Asing 2) Pemberantasan korupsi tak pandang bulu termasuk terhadap bangsa Eropa.

19 d. Bidang militer dan pertahanan, yaitu: Membangun jalan Anyer- Panarukan sebagai lalu lintas pertahanan maupun perekonomian Menambah jumlah angkatan perang Membangun pabrik senjata di Gresik dan Semarang Membangun pangkalan angkatan laut di Ujung Kulon dan Surabaya Membangun benteng-benteng pertahanan Meningkatkan kesejahteraan prajurit. e. Bidang ekonomi dan keuangan, yaitu: Mengeluarkan uang kertas Memperbaiki gaji pegawai Mengadakan monopoli dengan pedagang beras Mengadakan pinjaman paksa kepada orang-orang yang dianggap mampu. Bila tidak memberikan maka di hukum Penjualan tanah kepada pihak swasta Mengadakan preanger stelsel atau kebijakan bagi rakyat priangan untuk menanam tanaman ekspor. Pajak in natura(contingenten) & sistem penyerahan wajib.

20 JALAN RAYA ANYER- PANARUKAN

21 F. Bidang sosial,yaitu: Rakyat dipaksa untuk kerja rodi untuk membangun jalan dari Anyer-Panarukan Perbudakan dibiarkan berkembang Menghapus upacara terhadap residen,sunan,atau sultan Membuat jaringan pos distrik dengan menggunakan kuda pos.

22 Akhir kekuasaan Deandels Hal-hal yang menyebabkan deandels jatuh adalah: - Sikap yang otoriter kepada raja-raja banten,yogyakarta,dan cirebon sehingga menimbulkan perlawanan dan pertentangan - Penyelewengan dalam kasus penjualan tanah pada pihak swasta dan manipulasi penjualan istana Bogor - Keburukan dalam sistem administrasi pemerintahan. - Kemudian Louis Bonarpate yang menjadi Raja Belanda menarik deandels, karena di anggap dapat memperburuk citra Belanda di Nusantara.

23 Latar belakang kedatangan inggris ke indonesia a. Nusantara yang praktis dikuasai belanda- prancis merupakan bahaya laten bagi kekuasaan inggris di asia. b. Continental stelsel yang ditrapkan oleh Napoleon di Eropa dengan memblokade perdagangan inggris di Eropa daratan (continental) C. Masa penjajahan Inggris Di Indonesia

24 Penggantian deandels menjadi raffles ditandai dengan Kapitulasi Tuntang, yang berbunyi: a. Seluruh jawa dan sekitarnya diserahkan kepada inggris b. Semua tentara Belanda menjadi tawanan inggris c. Semua pegawai belanda yang mau bekerja sama dengan inggris dapat memegang jabatan terus d. Semua utang pemerintah belanda yang dahulu, buakan menjadi tanggung jawab inggris.

25 Kapitulasi tuntang ditanda tangani oleh S.Auchmuty(inggris) dan Jenssens(belanda) pada 18 september Sir Thomas Stamford Raffles

26 Pemerintahan Raffles di Indonesia Raffles diterima dengan baik oleh masyrakat nusantara karena hal-hal berikut ini : a.Para raja&rakyat si nusantara tidak menyukai pemerintahan deandels yang sewenang-wenang dan kejam. b. Raffles pernah melakukan misi rahasia ke nusantara untuk melawan belanda. c. Raffles memiliki pribadi yang simpatik. Ia menjalankan politik dengan murah hati dan sabar walaupun dalam praktiknya berlainan.

27 Kebijakan Raffles di Nusantara A. Bidang birokrasi pemerintahan : Pulau jawa dibagi menjadi 16 keresidenan. Sistem pemerintahan diubah menjadi bercorak Barat. Bupati /penguasa pribumi dilepaskan kedudukannya yang mereka peroleh dari turun temurun. B Bidang ekonomi dan keuangan : Petani diberi kebebasan untuk menanan tanaman ekspor. Penghapusan pajak hasil bumi dan sistem penyerahan wajib. Dianggap terlalu berat sehingga mengurangi daya beli rakyat. Menetapkan sistem sewa tanah (landrent). Mengadakan monopoli garam dan minuman keras. Pemungutan pajak secara perorangan.

28 Tujuan sistem sewa tanah Para petani dapat menanam dan menjual hasil panennya secara bebas untuk memotivasi mereka agar bekerja lebih baik. Daya beli masyarakat semakin meningkat sehingga dapat membeli barang-barang industri inggris. Pemerintah kolonial mempunyai pemasukan negara secara tetap dan cukup terjamin. Memberikan kepastian hukum atas tanah yang dimiliki petani. Secara bertahap untuk mengubah sistem ekonomi barang menjadi sistem ekonomi uang

29 Perubahan adanya sewa tanah Unsur paksaan diganti dengan unsur kebebasan dan suka rela. Ikatan yang bercorak tradisional diubah menjadi hubungan perjanjian dan kontrak. Ikatan adat istiadat yang sudah berjalan turun-temurun menjadi semakin longgar karena pengaruh budaya barat.

30 Hambatan sewa tanah : 1. Keuangan negara dan pegawai yang cakap jumlahnya terbatas. 2. Masyarakat Indonesia berbeda dengan masyarakat India, yang sudah mengenal ekspor. 3. Sistem ekonomi desa pada saat itu belum memungkinkan diterapkannya ekonomi uang. 4. Ada pejabat yang bertidak sewenang- wenang dan korup. 5. Pajak terlalu tinggi sehingga banyak tanah yang tidak digarap.

31 C. Bidang hukum : Sistem peradilannya berorientasi pada besar kecilnya kesalahan. Badan-badan penegak hukumnya ; - court of justice(setiap residen) -court of request (setiap divisi) -police of magistrate. D.Bidang sosial : Penghapusan kerja rodi(kerja paksa) Penghapusan perbudakan, namun dalam prakteknya mereka melakukann kegiatan perbudakan tersebut. Peniadakan pynbank(disakiti) yaitu hukum yang sangat tajam melawan harimau.

32 E. Bidang ilmu pengetahuan Dalam buku history of java yang terdapat 2 jilid. Raffles mendukung aktif Bataviaach Genootschap,perkumpulan kebudayaan dan ilmu pengetahuan. Ditemukannya bunga rafflesia arnoldi Dirintisnya kebun raya bogor. Yang pertama kali menemukan candi borobudur.

33 Akhir kekuasaan Thomas Stamford Raffles. Adanya convention of london tahun 1814, perjanjian antara london dan belanda, yang berisikan : 1. Nusantara dikembalikan kepada belanda 2. Jajahan belanda seperti Sailan,Kaap Koloni tetap di tangan inggris 3.Cochin(di pantai Malabar) diambil alih oleh inggris,sedangkan Bangka diserahkan kepada Belanda sebagai gantinya.

34 D. Sistem Tanam Paksa Latar belakang


Download ppt "KEDATANGAN BANGSA BARAT. A.Kedatangan Belanda KeIndonesia Sampai Terbentuknya Voc Latar belakang kedatangan Belanda : =>Dahulu belanda melakukan perdagangan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google