Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SEKILAS TENTANG NERAKA (LUKAS 16:19-31). Lukas 16:19-31 19 "Ada seorang kaya yang selalu berpakaian jubah ungu dan kain halus, dan setiap hari ia bersukaria.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SEKILAS TENTANG NERAKA (LUKAS 16:19-31). Lukas 16:19-31 19 "Ada seorang kaya yang selalu berpakaian jubah ungu dan kain halus, dan setiap hari ia bersukaria."— Transcript presentasi:

1 SEKILAS TENTANG NERAKA (LUKAS 16:19-31)

2 Lukas 16: "Ada seorang kaya yang selalu berpakaian jubah ungu dan kain halus, dan setiap hari ia bersukaria dalam kemewahan. 20 Dan ada seorang pengemis bernama Lazarus, badannya penuh dengan borok, berbaring dekat pintu rumah orang kaya itu, 21 dan ingin menghilangkan laparnya dengan apa yang jatuh dari meja orang kaya itu. Malahan anjing-anjing datang dan menjilat boroknya. 22 Kemudian matilah orang miskin itu, lalu dibawa oleh malaikat-malaikat ke pangkuan Abraham

3 Lukas 16: Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya. 24 Lalu ia berseru, katanya: Bapa Abraham, kasihanilah aku. Suruhlah Lazarus, supaya ia mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan menyejukkan lidahku, sebab aku sangat kesakitan dalam nyala api ini. 25 Tetapi Abraham berkata: Anak, ingatlah, bahwa engkau telah menerima segala yang baik sewaktu hidupmu, sedangkan Lazarus segala yang buruk. Sekarang ia mendapat hiburan dan engkau sangat menderita. 26 Selain dari pada itu di antara kami dan engkau terbentang jurang yang tak terseberangi, supaya mereka yang mau pergi dari sini kepadamu ataupun mereka yang mau datang dari situ kepada kami tidak dapat menyeberang.

4 Lukas 16: Kata orang itu: Kalau demikian, aku minta kepadamu, bapa, supaya engkau menyuruh dia ke rumah ayahku, 28 sebab masih ada lima orang saudaraku, supaya ia memperingati mereka dengan sungguh-sungguh, agar mereka jangan masuk kelak ke dalam tempat penderitaan ini. 29 Tetapi kata Abraham: Ada pada mereka kesaksian Musa dan para nabi; baiklah mereka mendengarkan kesaksian itu. 30 Jawab orang itu: Tidak, Bapa Abraham, tetapi jika ada seorang yang datang dari antara orang mati kepada mereka, mereka akan bertobat. 31 Kata Abraham kepadanya: Jika mereka tidak mendengarkan kesaksian Musa dan para nabi, mereka tidak juga akan mau diyakinkan, sekalipun oleh seorang yang bangkit dari antara orang mati.

5 PENDAHULUAN: Ilustrasi: “Kehidupan yg sangat menderita, & rasanya bagaikan di Neraka?  Banyak kelompok tdk percaya adanya Neraka.  Christian Science; Saksi Yehovah; Mormon; Gereja Advent dll. mereka tidak percaya akan adanya Neraka  Ada 162X disebut tentang Neraka di Alkitab & 70X diantaranya keluar dari mulut Kristus. Kristus percaya akan kenyataan Neraka & Dia tidak ingin seorangpun masuk ke Neraka.

6

7  Ada kontras antara keadaan orang ini. Orang yg satunya kaya raya.... Orang yg satunya sangat miskin...  Ada kontras antara kematian mereka. Orang yg satunya mati lalu dikubur.... Orang yg satunya mati & dibawa malaikat -malaikat ke pangkuan Abraham  Ada kontras antara tempat mereka. Orang yg satunya berada di Neraka... Orang yg satunya berada di Firdaus...

8

9 I. Neraka adalah tempat dimana orang memiliki panca indera (Ay.23-25)  Lihatlah, di Neraka org kaya itu bisa melihat, mendengar, bicara, merasakan, memiliki keinginan, bisa berpikir & menya- takan keinginannya.  Tubuh fisiknya dikubur,ttp dgn semacam tubuh lain dia hidup di Neraka. Jiwa ma- nusia itu kekal, entah akan hidup selama- nya di Surga atau selamanya di Neraka.  Jangan mau saudara utk disesatkan, pada saat kita mati, tidak ada pilihan lain utk manusia, hanya ada: Surga atau Neraka.

10

11 II. Neraka adalah tempat pemisahan yang kekal (Ay.26)  Lihatlah org kaya dipisahkan dari Lazarus & Abraham oleh jurang yg tak tersebera- ngi,yg kekal sifatnya.  Salah satu siksaan terbesar di neraka: terpisahnya manusia dari semua sukacita kehidupan. Tdk ada kasih, tertawa, per- sekutuan, hanya keterpisahan kekal.  Tetapi yg terburuk dari semuanya: di ne- raka manusia akan terpisah kekal dari hadirat Allah, tak ada anugerah, kasih, rahmat, kehadiran Allah yg penuh kasih.

12

13 III. Neraka adalah tempat penderitaan yang kekal (Ay.24-25; 28)  Nats ini menyatakan Neraka sebagai tempat penderitaan sangat intense. Kata “kesakitan” disini “present tense”, kesakitan diNeraka itu kekal selama2nya.  DiNeraka akan ada:Api tak terpadamkan, Penyesalan, Kehausan tak tertahankan, Kesakitan,Frustrasi,Murka Allah yg penuh  DiNeraka mereka akan “ingat”ay.25 terus : Khotbah/Ayat FA, ICF/Kapel yg mereka abaikan;Ribuan kali Allah meminta bertobat & mereka menutup telinga & hati mereka.

14

15 IV. Neraka adalah tempat orang tetap mengeraskan hati (Ay.24-31)  Orang kaya ini dalam tempat menyala2 & tetapi dia tetap keras hati: Dia tetap merasa superior (ay.24) Dia tetap pikir diri sendiri saja (26-31) Dia tetap pikir caranya sendiri (29-31)  DiNeraka manusia akan tetap bejat & tdk ada hati utk bertobat kepada Allah, tdk mau memberi tempat di hati utk Allah.  Org kaya ini tdk 1Xpun bertobat &tdk 1X pun meminta anugerah Allah, persis spt kekerasan hati mereka saat masih hidup.

16

17 PENUTUP: Marilah kita mengoreksi diri kita masing2: 1* Sudahkah sdr lahir baru dan mendapat jaminan untuk tidak dihukum di Neraka? 2* Adakah saudara/i; teman2mu yg akan ber- akhir hidupnya di penghukuman Neraka? 3* Sudahkah saudara memberitakan Kesela- matan dari Kristus kepada mereka? Ilustrasi: Tidak seorangpun yg hidup yg seharusnya masuk ke Neraka, Mat.25:41. Hanya melalui percaya kpd Yesus, manusia bisa terbebas dari Neraka & masuk ke Surga.

18

19


Download ppt "SEKILAS TENTANG NERAKA (LUKAS 16:19-31). Lukas 16:19-31 19 "Ada seorang kaya yang selalu berpakaian jubah ungu dan kain halus, dan setiap hari ia bersukaria."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google