Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTARAKAN Oleh Sindy Oktava. PENGERTIAN Bertarak atau berpantang berarti menyangkal diri, menggunakan secara secukupnya (tidak berlebihan) apa yang baik,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTARAKAN Oleh Sindy Oktava. PENGERTIAN Bertarak atau berpantang berarti menyangkal diri, menggunakan secara secukupnya (tidak berlebihan) apa yang baik,"— Transcript presentasi:

1 PERTARAKAN Oleh Sindy Oktava

2 PENGERTIAN Bertarak atau berpantang berarti menyangkal diri, menggunakan secara secukupnya (tidak berlebihan) apa yang baik, dan tidak menggunakan sama sekali apa yang membahayakan tubuh. “Tidak bertarak adalah dasar dari semua kejahatan di dunia kita.” E.G. White, Temperance, hlm. 165.

3 Prinsip penuntun bagi umat Tuhan seharusnya adalah, “Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, laku-kanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah” (1 Korintus 10:31). Dengan melakukan pertarakan dalam makan, minum, berpakaian, kerja, dan dalam segala hal, kita dapat melakukan bagi diri kita sendiri apa yang tidak dapat dilakukan oleh dokter untuk kita,” E.G. White, My Life Today, hlm. 142.

4 MAKANAN Selera Makan “Berbahagialah engkau tanah, kalau rajamu. pemimpin- pemimpinmu makan pada waktunya dalam keperkasaan dan bukan dalam kemabukan! (Peng- khotbah 10:17). Dosa kerakusan ditempatkan pada kategori yang sama dengan dosa kemabukan. Baik makan terlalu banyak maupun alkohol menumpulkan pikiran, yang mengakibatkan salah penilaian.

5 SELERA MAKAN YANGBERTARAK MENJERNIHKAN PIKIRAN Untuk mengetahui tuntunan Roh Kudus Untuk mendeteksi jerat-jerat atau godaan Setan Untuk menyempurnakan tabiat Kristus bagi kemu-liaan dan pelayanan kepada Tuhan

6 Makanan Haram Alkitab melarang penggunaan daging haram (Imamat 11). Alkitab jelas mengajarkan larangan penggunaan daging haram sebagai makanan, bahkan daging halal-pun sesungguhnya menimbulkan masalah. “Makanan daging tidak pernah merupakan makanan terbaik; yang penggunaannya sekarang semakin ditolak, karena adanya penyakit dalam tubuh hewan- hewan itu yang kian meningkat.” E.G. White, Ministry of Healing, hlm. 313.

7 “Kecenderungan untuk terkena penyakit mening-kat sepuluh kali lipat dengan makan daging.” E.G. White, Counsels on Diet and Foods, hlm.386.

8 MINUMAN TEH, KOPI DAN KOLA Kafein adalah obat perangsang yang terdapat dalam kopi, teh dan kola. Kafein meracuni tubuh dan menim-bulkan keadaan-keadaan sebagai berikut: Nervous (grogi), cemas, tremor (gemetar), pusing, gangguan tidur dan daya ingat, sakit kepala dan depresi. Denyut jantung cepat dan tidak teratur (palpitasi) dan lemak dalam darah meningkat

9 Kanker indung telur dan saluran kencing Cacat sejak lahir pada bayi dan masalah pertum-buhan lainnya Penyakit-penyakit pada dada dan prostat Tukak lambung Osteoporosis (keropos tulang)

10 “Minuman teh atau kopi adalah dosa, suatu pemanjaan yang merusak, yang seperti dosa lain merusak jiwa. Berhala kesayangan ini menimbulkan rangsangan, melemahkan kegiatan sistem saraf, dan segera setelah pengaruh merangsangnya itu hilang, tenaga menurun di bawah rata-rata sehingga memer- lukan rangsangan yang lebih meningkat.” E.G. White, Counsels on Diet and Foods, hlm. 425.

11 ALKOHOL Alkohol adalah penyebab banyak penyakit dan kemati-an. Alkohol meracuni setiap jaringan tubuh—otak, sistem saraf, jantung, hati, saluran pencernaan, dan sistem kekebalan tubuh. Alkohol menyebabkan sel-sel darah merah melekat satu sama lain sehingga mem-perlambat sirkulasi sel- sel darah merah di seluruh tubuh.

12 Alkitab tidak pernah membenarkan penggunaan anggur yang memabukkan ini. “Anggur adalah pen-cemooh, minuman keras adalah peribut, tidaklah bijak orang yang terhuyung-huyung karenanya.” (Amsal 20:1). “Anggur yang dibuat Yesus dari air pada pesta perkawinan di Kana adalah jus anggur murni.” E.G. White, Ministry of Healing, hlm. 333.

13 MEMATAHKAN KECANDUAN ALKOHOL Agar tidak ketagihan alkohol, perpantanglah dari: o Kafein (teh, kopi, kola dan minuman ringan lainnya) o Makanan kaya bumbu dan terfermentasi o Gula halus, junk food, produk hewani. o Tembakau dan obat-obatan

14 TEMBAKAU Tembakau adalah satu produk yang sah, yang bila digunakan, menyebabkan kematian. Merokok meru-sak setiap jaringan tubuh. Racun utama dari rokok adalah nikotin, karbon monoksida, sianida dan tar (mengandung senyawa penyebab kanker)

15 Bahaya-bahaya merokok Memperpendek umur Penyakit jantung dan pembuluh darah Penyakit paru,bronkitis kronis dan emfisema Osteoporosis dan menopause dini pada wanita Katarak dan penyakit mata lainnya

16 GEJALA-GEJALA KETAGIHAN NIKOTIN Mudah marah, mudah cemas Sulit tidur Sulit berkonsentrasi Sembelit, diare Letih Sakit kepala Depresi Kecanduan rokok!

17 PAKAIAN Alkitab mengajarkan kesederhanaan dalam berpa- kaian. “Demikian juga hendaknya perempuan berdan-dan dengan pantas, dengan sopan dan sederhana… jangan memakai emas, atau mutiara atau pakaian yang mahal-mahal.” (I Timotius 2:9).

18 Ciri-ciri pakaian orang Kristen yang bertarak Sopan dan sederhana Mutu pakaiannya baik dan warna tenang Praktis dan tahan lama Hangat dan melindungi tubuh Bersih dan rapi

19 “Pakaian yang paling indah Dia (Kristus) mohon supaya kita kenakan pada jiwa. Tidak ada pakaian lahiriah yang dapat menyaingi nilai atau kemolekan yang berasal dari ‘roh yang lemah lembut dan ten- teram’ yang sangat berharga di mata Tuhan. 1 Pet. 3:4. E.G. White, Ministry of Healing, hlm. 289.

20 BEKERJA DAN BELAJAR “Adalah mudah untuk kehilangan kesehatan, tetapi sulit untuk mendapatkannya kembali…Kita tidak mau mengerdilkan atau melumpuhkan satu fungsi-pun dari pikiran atau tubuh kita oleh kerja berle-bihan (overwork) atau merusak (abuse) bagian manapun dari mesin hidup kita” E.G. White, My Life Today, hlm “Kita harus bertarak dalam bekerja.

21 “Lagipula, anakku, waspadalah! Membuat banyak buku tidak ada akhirnya, dan banyak bela-jar melelahkan badan.” (Pengkhotbah 12:12). “Tidak bertarak dalam belajar adalah sejenis dengan kemabukan.

22 RITME BIOLOGIS Bekerja sama dengan ritme tubuh meningkatkan kesehatan dan umur Teratur dalam: Bangun dan tidur Jam-jam makan Jam-jam ibadah dan belajar Gerak badan di luar rumah

23


Download ppt "PERTARAKAN Oleh Sindy Oktava. PENGERTIAN Bertarak atau berpantang berarti menyangkal diri, menggunakan secara secukupnya (tidak berlebihan) apa yang baik,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google