Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

A SSALAMUALAIKUM … Nama : Kurnia Rakhmawati Nim : 13.230.0077 Kelas : 1p51.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "A SSALAMUALAIKUM … Nama : Kurnia Rakhmawati Nim : 13.230.0077 Kelas : 1p51."— Transcript presentasi:

1 A SSALAMUALAIKUM … Nama : Kurnia Rakhmawati Nim : Kelas : 1p51

2 Topologi star adalah suatu cara untuk menghubungkan antara komputer satu dengan komputer yang lainnya sehingga dapat membentuk jaringan berupa bentuk bintang (star). Topologi star mempunyai bentuk seperti bintang, setiap node tersambung secara terpusat pada sebuah perangkat keras HUB atau Switch. Kabel yang dipakai pada topologi ini adalah kabel UTP dengan konektor RJ-45. Prinsip topologi star adalah control terpusat, seluruh link harus melalui pusat yang menyalurkan data tersebut ke semua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat disebut dengan stasiun primer/server sedangkan yang lainnya dinamakan stasiun sekunder/client server. Pada saat hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server dapat menggunakan hubungan jaringan sewaktu-waktu tanpa menunggu perintah dari server. Bila dibandingkan dengan sistem topologi jaringan Bus, sistem ini mempunyai tingkat kerumitan jaringan yang lebih sederhana, hanya saja pada sistem ini membutuhkan konsentrator.

3 Pada topologi star terdapat perangkat pengendali yang berfungsi sebagai pengatur dan pengendali komunikasi data. Sedangkan perangkat lain terhubung dengan perangkat pengendali sehingga pengiriman data akan melalui perangkat pengendali. Cara kerja topologi star : cara kerja topologi star menyatukan tiap host tanpa terpengaruh oleh kesalahan/kerusakan jalur host lainnya. topologi ini paling sederhana dan mudah untuk di administrasikan. Penggunaannya sendiri biasa kita lihat dalam sehari-hari, yaitu di warnet skala kecil dimana tiap komputer yang terhubung satu sama lain melalui HUB dan kabel utp tercolok ke port kartu jaringan di komputer dengan port di HUB.

4 Keuntungan topologi star adalah : 1.Dapat diandalkan 2.Mudah dikembangkan 3.Keamanan data tinggi 4.Kemudahan akses ke jaringan LAN lain

5 Kerugian topologi star : 1. Jika trafik padat maka dapat menyebabkan lambatnya jaringan 2. Jaringan sangat bergantung pada perangkat pengendali. engertian-jenis-topologi- jaringan.html#ixzz2leKXrauF

6 Tur Suwuuuun…


Download ppt "A SSALAMUALAIKUM … Nama : Kurnia Rakhmawati Nim : 13.230.0077 Kelas : 1p51."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google