Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGUKURAN FREKUENSI. FREKWENSI METER Frekwensi meter digunakan untuk mengetahui frekwensi atau gelombang sinusoidal arus bolak balik yg merupakan jumlah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGUKURAN FREKUENSI. FREKWENSI METER Frekwensi meter digunakan untuk mengetahui frekwensi atau gelombang sinusoidal arus bolak balik yg merupakan jumlah."— Transcript presentasi:

1 PENGUKURAN FREKUENSI

2 FREKWENSI METER Frekwensi meter digunakan untuk mengetahui frekwensi atau gelombang sinusoidal arus bolak balik yg merupakan jumlah siklus gelombang sinusoidal tersebut perdetiknya ( cycle / second ) ~ HzHz beban P Sumber daya ~ HzHz beban P Sumber daya Frekwensi meter mempunyai peranan cukup penting untuk mensin kronisasikan ( paralelkan ) 2 unit mesin pembangkit dan stabilnya frekwensi merupakan petunjuk kestabilan mesin pembangkit. Cara penyambungannya :

3 PENGUKURAN FREKUENSI Pengukuran frekuensi dpt dilakukan dengan cara mempergunakan alat ukur penunjuk dan alat ukur elektronis ALAT UKUR FREKUENSI Type lidah-lidah bergetar. Bila sejumlah kepingan baja yg tipis membentuk batang batang lidah bergetar, dan masing masing mempunyai perbedaan 2 frekuensi getarnya yang relatip tidak jauh satu sama lainnya dibariskan dan kepadanya diberikan medan magnit arus bolak-balik, maka salah satu dari lidah-lidah getar akan beresonansi dan memberikan defleksi yang besar bila frekuensi getarnya adalah sama dgn frekuensi medan magnit bolak-balik tersebut.

4 Dalam perencanaan dari pada susunan batang lidah-lidah getar tersebut : Pada umumnya telah ditetapkan bahwa amplitude dari defleksinya akan menurun sampai kira-kira 60 %. Dengan jarak perbedaan frekuensinya adalah 0,25 Hz dari frekuensi resonansinya, sehingga lidah getar yang beresonansi akan mudah dapat dilihat.

5 Hal ini diperlihatkan dalam gambar berikut dan disebut alat ukur frekuensi type batang lidah bergetar. Kerja Frekuensi Meter Jenis Batang Lidah Getar.

6 Frekuensi Meter Type Lidah Getar.

7 Prinsip Kerja Frekuensi Meter Jenis Batang Lidah Getar

8 Keuntungan alat pengukur frekuensi type batang lidah getar: Tidak dipengaruhi oleh tegangan atau bentuk gelombang. Kekurangan type ini adalah: Penunjukannya, adalah secara bertangga dalam 0,25 HZ atau 0,5 HZ atau 1 Hz. Penunjukannya, tidak akan secara cepat dapat mengikuti perubahan 2 frekuensi. Oleh karena itu maka alat pengukur frekuensi type ini hanya dipergunakan untuk keperluan pengukuran frekuensi 2 peralatan komersil.

9 Hubungan Frekuensi dgn Banyak Kutub Magnit dan Putaran. RUMUS PUTARAN 60. F N ( putaran ) : ——— = RPM. P P. N F ( frequensi ) : ——— = Hz. 60

10 BANYAK KUTUB F. 60 P = ——— = pasang kutub. n F. 120 p = ——— = buah kutub. n Contoh : Banyaknya kutub 4 buah, berarti 2 pasang kutub, jadi n = 1500 rpm. Banyaknya kutub 6 buah, berarti 3 pasang kutub, jadi n = 1000 rpm. Banyaknya kutub 8 buah, berarti 4 pasang kutub, jadi n = 750 rpm.

11

12

13

14

15

16 SEKIAN & TERIMA KASIH


Download ppt "PENGUKURAN FREKUENSI. FREKWENSI METER Frekwensi meter digunakan untuk mengetahui frekwensi atau gelombang sinusoidal arus bolak balik yg merupakan jumlah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google