Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Potensi Peluang EksternalPotensi Ancaman Eksternal 1) peraturan pemerintah sangat kondusif untuk pengembangan pelaku bisnis radio dan televisi. Stasiun-stasiun.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Potensi Peluang EksternalPotensi Ancaman Eksternal 1) peraturan pemerintah sangat kondusif untuk pengembangan pelaku bisnis radio dan televisi. Stasiun-stasiun."— Transcript presentasi:

1 Potensi Peluang EksternalPotensi Ancaman Eksternal 1) peraturan pemerintah sangat kondusif untuk pengembangan pelaku bisnis radio dan televisi. Stasiun-stasiun baru bermunculan, baik dalam skala daerah maupun nasional. Perusahaan- perusahaan baru ini akan membutuhkan staf terkait. 1) Sudah ada dua IPT yang mengajukan izin untuk pembukaan program studi yang sama. 2) Masih jarangnya praktisi yang memiliki kemampuan atau minat untuk mengajar. Kalaupun ada, tuntutan bayarannya cukup mahal. 3) Sudah banyak SMU yang selama ini mengirimkan muridnya sebagai calon mahasiswa tertarik dengan program studi ilmu komunikasi 3) Sudah cukup banyak lembaga-lembaga yang menawarkan program jangka pendek, 6 bulan atau satu tahun yang cukup diminati lulusan SMU. 4) Perkembangan teknologi digital menuntut pelaku memiliki keahlian terkait yang akan menuntut IPT untuk menyediakan peralatan- peralatan yang diperlukan.

2 Kelemahan Analisis SWOT SWOT biasanya merefleksikan pandangan seseorang atas kondisi yang dihadapi, yang bisa saja salah kaprah sehingga dijadikan pembenaran terhadap apa-apa yang sudah dilakukan. SWOT dapat membuat sebuah institusi atau organisasi lamban dan malas dalam mengupayakan peluang.

3 Konsep stretch dan leverage (Hamel dan Prahalad) caranya adalah sebagai berikut : Konsentrasikan sumber daya anda pada hal-hal yang strategis dan pada hal-hal yang penting. Akumulasikan sumber daya secara lebih efisien dengan menyarikan pengetahuan dari pengalaman. Jika perlu mendapatkannya dari perusahaan lain, seperti jalinan kerja sama dengan pemasok dan menyerap inovasi-inovasi yang sudah dilakukan disana. Menyeimbangkan dan menyelaraskan sumber daya yang dimiliki, agar dapat menciptakan nilai yang maksimal. Menyeimbangkan semuanya dengan pengembangan produk, pemasaran, dan penyebaran produk. Menghemat sumber daya jika bisa, dengan mendaur ulang dan jika perlu bekerja sama dengan pesaing untuk bersaing dengan pesaing yang lebih besar.

4 Paradoks antara Tuntutan Lingkungan dan Keberadaan Sumber Daya Analisis SWOT dan strategi yang mengikuti metode analisis ini, menyarankan bahwa seharusnya ada kesesuaian (fitness) antara organisasi dan lingkungannya. Kuncinya di sini adalah bagaimana keselarasan (alignment) dari dua sisi ini. Dua hal ini sebenarnya selalu punya tuntutan yang saling bertentangan. Ini sering membuat para pengambil keputusan strategis kebingungan saat merumuskan strategi. Sumber daya yang dimiliki serta sistem aktivitas yang terjadi di satu perusahaan seringkali bertolak belakang dengan berbagai bentuk perkembangan yang terjadi pada lingkungan kita.

5 Tuntutan untuk Adaptasi Pasar Karena tuntutan lingkungan dan pasar penting bagi kesuksesan perusahaan, banyak perusahaan yang kalah bersaing karena tidak bisa memenuhi tuntutan seperti itu. Cukup banyak perusahaan yang tadinya dianggap pemimpin pasar harus kecewa menjadi pelaku yang tidak lagi diperhatikan oleh pasarnya karena adanya perubahan-perubahan dalam tuntutan pasar.


Download ppt "Potensi Peluang EksternalPotensi Ancaman Eksternal 1) peraturan pemerintah sangat kondusif untuk pengembangan pelaku bisnis radio dan televisi. Stasiun-stasiun."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google