Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

STRATEGI DAN INVESTASI BISNIS STRATEGI DAN INVESTASI BISNIS DOSEN PENGAMPU: Dr. Triana Dewi H, SP, MP Ir. Imam syafi’i, MS PROGRAM STUDI AGRIBISNIS FAKULTAS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "STRATEGI DAN INVESTASI BISNIS STRATEGI DAN INVESTASI BISNIS DOSEN PENGAMPU: Dr. Triana Dewi H, SP, MP Ir. Imam syafi’i, MS PROGRAM STUDI AGRIBISNIS FAKULTAS."— Transcript presentasi:

1

2 STRATEGI DAN INVESTASI BISNIS STRATEGI DAN INVESTASI BISNIS DOSEN PENGAMPU: Dr. Triana Dewi H, SP, MP Ir. Imam syafi’i, MS PROGRAM STUDI AGRIBISNIS FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS JEMBER SEMESTER GENAP 2014/20015 PS AGRIBISNIS FAPERTA UNEJ 1

3 KONTRAK KULIAH 1.Team Teaching : - Ir. Imam Syafi’I, MS - Dr. Triana Dewi H, SP, MP 2. Sistem Penilaian - Penilaian pokok : UAS, UTS, - Penilaian Tambahan : Tugas, Aktifitas dlm diskusi, Assigment, dsb. sesuai dengan penilaian dosen pengampu 3. Aturan selama proses Perkuliahan - Paling lambat 10 menit setelah jadwal kuliah yang ditetapkan - Yang melebihi sebaiknya tidak perlu masuk - Ditetapkan seorang mahasiswa sebagai ketua kelas 4.Etika Akademik - Pakaian sopan, bersepatu - Menggunakan bahasa Indonesia yang baik - Selama kuliah HP dimatikan 5. Ruang Lingkup Mata Kuliah

4 KONSEP STRATEGI DAN STRATEGI BISNIS Strategi adalah semua keputusan dan tindakan untuk berubah dan mencapai kondisi yang diinginkan perusahaan di masa depan. Hal ini adalah sebagai respon atas perubahan lingkungan bisnis. Kondisi saat ini STRATEGI Kondisi yang diinginkan di masa depan

5 KONSEP STRATEGI DAN STRATEGI BISNIS Strategi adalah proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai. Kondisi saat ini STRATEGI Kondisi yang diinginkan di masa depan

6 STRATEGI BISNIS STRATEGI : Arah dan ruang lingkup organisasi selama jangka panjang: yang mencapai keuntungan bagi organisasi melalui konfigurasi sumber daya dalam lingkungan yang menantang, untuk memenuhi kebutuhan pasar dan memenuhi harapan stakeholder". STRATEGI PERUSAHAAN / CORPORATE STRATEGY : Berkaitan dengan tujuan secara keseluruhan dan ruang lingkup bisnis untuk memenuhi harapan stakeholder dan bertindak untuk memandu pengambilan keputusan strategis di seluruh bisnis yang dinyatakan secara eksplisit dalam pernyataan misi.

7 STRATEGI BISNIS STRATEGI BISNIS / BUSINESS STRATEGY : Lebih terkait dengan bagaimana bisnis bersaing dengan sukses dalam pasar tertentu yang menyangkut keputusan strategis tentang pilihan produk, memenuhi kebutuhan pelanggan, memperoleh keuntungan lebih dari pesaing, pemanfaatan atau menciptakan peluang baru dll STRATEGI OPERASIONAL / OPERATIONAL STRATEGY : Berhubungan dengan bagaimana setiap bagian dari bisnis diselenggarakan untuk memberikan perusahaan kearah strategis yang berfokus pada isu-isu sumber daya, proses, orang dll

8 PERUMUSAN STRATEGI Perumusan strategi merupakan proses penyusunan langkah-langkah ke depan yang dimaksudkan untuk membangun visi dan misi organisasi, menetapkan tujuan strategis dan keuangan perusahaan, serta merancang strategi untuk mencapai tujuan tersebut dalam rangka menyediakan customer value terbaik.

9 LANGKAH PERUMUSAN STRATEGI BISNIS 1.Mengidentifikasi lingkungan yang akan dimasuki oleh perusahaan di masa depan dan menentukan misi perusahaan untuk mencapai visi yang dicita-citakan dalam lingkungan tersebut. 2.Melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal untuk mengukur kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman yang akan dihadapi oleh perusahaan dalam menjalankan misinya. 3. Merumuskan faktor-faktor ukuran keberhasilan (key success factors) dari strategi-strategi yang dirancang berdasarkan analisis sebelumnya.

10 LANGKAH PERUMUSAN STRATEGI BISNIS 3. Merumuskan faktor-faktor ukuran keberhasilan (key success factors) dari strategi-strategi yang dirancang berdasarkan analisis sebelumnya. 4. Menentukan tujuan dan target terukur, mengevaluasi berbagai alternatif strategi dengan mempertimbangkan sumberdaya yang dimiliki dan kondisi eksternal yang dihadapi. 5. Memilih strategi yang paling sesuai untuk mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

11 TINGKAT-TINGKAT STRATEGI a)Enterprise Strategy Strategi ini berkaitan dengan respons masyarakat b)Corporate Strategy Strategi ini berkaitan dengan misi organisasi, sehingga sering disebut Grand Strategy yang meliputi bidang yang digeluti oleh suatu organisasi. c)Business Strategy Strategi pada tingkat ini menjabarkan bagaimana merebut pasaran di tengah masyarakat. Bagaimana menempatkan organisasi di hati para penguasa, para pengusaha, para donor dan sebagainya. d)Functional Strategy Strategi ini merupakan strategi pendukung dan untuk menunjang suksesnya strategi lain.


Download ppt "STRATEGI DAN INVESTASI BISNIS STRATEGI DAN INVESTASI BISNIS DOSEN PENGAMPU: Dr. Triana Dewi H, SP, MP Ir. Imam syafi’i, MS PROGRAM STUDI AGRIBISNIS FAKULTAS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google