Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERENCANAAN DAN MANAJEMEN STRATEGI Perencanaan Perencanaan Proses menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai sasaran tersebut. Sasaran Sasaran.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERENCANAAN DAN MANAJEMEN STRATEGI Perencanaan Perencanaan Proses menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai sasaran tersebut. Sasaran Sasaran."— Transcript presentasi:

1 PERENCANAAN DAN MANAJEMEN STRATEGI Perencanaan Perencanaan Proses menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai sasaran tersebut. Sasaran Sasaran Suatu tujuan yang dikarakteristikkan dengan suatu perbandingan jangka waktu yang pendek dan spesifik, pencapaian yang dapat diukur.

2 Arti penting Sasaran dan Rencana Arti Penting Sasaran Arti Penting Sasaran Sasaran memberikan arahSasaran memberikan arah Sasaran memfokuskan usaha kitaSasaran memfokuskan usaha kita Sasaran menjadi pedoman rencana dan keputusan kitaSasaran menjadi pedoman rencana dan keputusan kita Sasaran membantu kita mengevaluasi kemajuan yang kita capai.Sasaran membantu kita mengevaluasi kemajuan yang kita capai. Arti Penting Perencanaan Arti Penting Perencanaan Tanpa perencanaan, para manajer tidak dapat mengetahui bagaimana sebaiknya mereka mengorganisasikan orang dan sumber daya secara efektif. Bahkan mereka tidak mempunyai ide yang jelas tentang apa yang perlu mereka organisasikan.

3 HIERARKI RENCANA ORGANISASI Perencanaan Strategik Perencanaan Strategik Rencana yang didesain oleh manajer tingkat tinggi, untuk memenuhi sasaran organisasi secara luas. Perencanaan Operasional Perencanaan Operasional Rencana yang terperinci tentang kebutuhan untuk mengimplementasikan strategi ke dalam kegiatan harian

4 Hierarki Perencanaan PERNYATAAN MISI RENCANA STRATEGIK RENCANA OPERASIONAL Pendiri, Para direktur Top Manager Top Manager dan Middle manager Dan Lower manager

5 Pernyataan Misi (Mission Statement) Sasaran organisasi secara luas, berdasarkan pada alasan perencanaan, yang membenarkan keberadaan organisasi. Sasaran organisasi secara luas, berdasarkan pada alasan perencanaan, yang membenarkan keberadaan organisasi.

6 Perbedaan antara Perencanaan Strategik Dengan Operasional Dari segi jangka waktu Dari segi jangka waktu Rencana Strategik jangka waktunya melibatkan tahunan bahkan dekade, sedangkan perencanaan operasional tidak. Dari Segi Ruang Lingkup (Cakupan) Dari Segi Ruang Lingkup (Cakupan) Perencanaan Strategik mempengaruhi kegiatan organisasi secara luas, sedangkan perencanaan operasional memiliki lingkup yang sempit dan terbatas. Dari Segi Kompleksitas dan Pengaruh yang Luas Dari Segi Kompleksitas dan Pengaruh yang Luas Sasaran perencanaan strategik luas tapi seolah-olah sederhana, sedangkan perencanaan operasional lebih kompleks. Dari Segi Ketergantungan Dari Segi Ketergantungan Jika sebuah organisasi ingin efektif, maka rencana dan sasaran operasional harus mencerminkan rencana dan sasaran strategik, sebaik misi organisasi yang lebih luas.

7 EVOLUSI KONSEP STRATEGI Strategi (Strategy) Strategi (Strategy) Program luas untuk menentukan dan mencapai tujuan organisasi, respon organisasi pada ligkungannya sepanjang waktu Definisi Strategi menurut Alfred D. Chandler Definisi Strategi menurut Alfred D. Chandler Penentuan sasaran dan tujuan jangka panjang dari sebuah perusahaan dan proses adopsi rangkaian tindakan serta pengalokasian sumber daya yang diperlukan untuk mencapai sasaran tadi. Manajemen Strategik (Strategic Managment) Manajemen Strategik (Strategic Managment) Proses manajemen yang mencakup penyertaan organisasi dalam membuat rencana strategis dan kemudian bertindak berdasarkan rencana tersebut.

8 Tiga Pendekatan Strategi (Charles Hofer ) Pendekatan Kebijaksanaan – formulasi Pendekatan Kebijaksanaan – formulasi Konsep pengimplementasian peraturan harian yang dapat memisahkan mana yang dapat dilakukan atau tidak dapat dilakukan oleh area fungsional. Pendekatan Initial – Strategi Pendekatan Initial – Strategi Penentuan sasaran dan tujuan dasar secara jangka panjang sebuah organisasi dan pengambilan tindakan yang diperlukan dan alikasi sumber daya yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan- tujuan tersebut. Pendekatan Manajemen Strategik Pendekatan Manajemen Strategik Suatu pola yang didasarkan pada prinsip bahwa rencanga keseluruhan dari suatu organisasi dapat digambarkan hanya jika perolehan sasaran dengan kebijaksanaan dan strategi sebagai suatu faktor kunci dalam manajemen operasi dari kegiatan perusahaan.

9 PROSES MANAJEMEN STRATEGIS PENETAPAN SASARAN MERUMUSKAN STRATEGI ADMINISTRASI PENGENDALIAN STRATEGI Membuat Rencana Strategis

10 TINGKATAN STRATEGI Strategi Tingkat Korporasi (Corporate-level Strategy) Strategi Tingkat Korporasi (Corporate-level Strategy) Strategi yang dirumuskan oleh manajemen puncak untuk mengawasi perhatian dan operasi korporasi multilini. Pertanyaan pokok yang muncul Bisnis seperti apa yang harus diterjuni perusahaan?Bisnis seperti apa yang harus diterjuni perusahaan? Apa sasaran dan harapan dari setiap bisnis ?Apa sasaran dan harapan dari setiap bisnis ? Bagaimana pengalokasian sumber daya untuk mencapai semua sasaran ?Bagaimana pengalokasian sumber daya untuk mencapai semua sasaran ?

11 Tingkatan Strategi Strategi Unit Bisnis (Business Unit Strategy) Strategi Unit Bisnis (Business Unit Strategy) Strategi yang dirumuskan untuk mencapai sasaran bisnis tertentu; juga disebut strategi lini bisnis. Strategi ini berkaitan dengan : Bagaimana bisnis bersaing di pasarnya ? Bagaimana bisnis bersaing di pasarnya ? Produk apa yang harus ditawarkan ? Produk apa yang harus ditawarkan ? Pelanggan mana yang harus dilayani ? Pelanggan mana yang harus dilayani ? Bagaimana mendistribusikan sumber daya dalam bisnis ? Bagaimana mendistribusikan sumber daya dalam bisnis ?

12 TINGKATAN STRATEGI Strategi Fungsional (Functional-level Strategy) Strategi Fungsional (Functional-level Strategy) Strategi yang dirumuskan oleh bidang fungsional khusus dalam suatu usaha untuk melaksanakan strategi bisnis unit.Strategi yang dirumuskan oleh bidang fungsional khusus dalam suatu usaha untuk melaksanakan strategi bisnis unit. Menciptakan kerangka kerja untuk manajer dalam setiap fungsi, seperti pemasaran, produksi, keuangan.Menciptakan kerangka kerja untuk manajer dalam setiap fungsi, seperti pemasaran, produksi, keuangan.

13 Hierarki Rencana Strategis Dan Operasional Dalam Organisasi Multi-Bisnis Strategi Korporasi Strategi Unit Bisnis Strategi Tingkat Fungsional Rencana Operasinal

14 ISI STRATEGI KORPORASI Mutu Sebagai Bagian dari Strategi Korporasi. Mutu Sebagai Bagian dari Strategi Korporasi. Agar manajemen mutu terpadu dapat berhasil, program mutu harus dihubungkan dengan beberapa sasaran strategis yang jelas. Usaha memperbaiki mutu harus jelas arahnya. Pendekatan Portofolio Korporasi Pendekatan Portofolio Korporasi Manajemen Puncak mengevaluasi setiap unit bisnis korporasi yang bervariasi dengan mempertimbangkan pasar dan sifat internal Salah satu contoh terbaik dari pendekatan portofolio korporasi adalah Kerangka kerja Portofolio Boston Consulting Group.Salah satu contoh terbaik dari pendekatan portofolio korporasi adalah Kerangka kerja Portofolio Boston Consulting Group.

15 Kerangka kerja Portofolio Boston Consulting Group. Unit Bisnis dalam kategori TandaTanya : Unit Bisnis dalam kategori TandaTanya : Bisnis dengan pangsa pasar relatif kecil dalam pasar yang berkembang pesat, dapat merupakan usaha yang mahal dan tidak pasti Unit Bisnis dalam kategori Bintang Unit Bisnis dalam kategori Bintang Pangsa pasar relatif besar dalam pasar yang tumbuh cepat, pasti amat menguntungkan. Unit Bisnis dalam kategori Sapi Perah Unit Bisnis dalam kategori Sapi Perah Pangsa pasar relatif tinggi dalam pasar yang tumbuh lambat. Menguntungkan dan menjadi sumber uang tunai berlebih, karena pertumbuhan pasar yang lambat tidak memerlukan investasi dalam jumlah besar untuk mempertahankan posisi di pasar. Unit Bisnis dalam kategori Anjing Unit Bisnis dalam kategori Anjing Bisnis dengan pangsa pasar relatif kecil dalam pasar yang pertumbuhannya lambat atau tidak berkembang. Dipandang sebagai pemakai atau penghasil uang yang sedang.

16 Portofolio Boston Consulting Group. Bintang Tanda Tanya Sapi Kas Anjing Pangsa Pasar TinggiRendah Tnggi Rendah Tingkat Pertumbuhan Relatif

17 Lima Kekuatan Strategi Korporasi Ancaman dari pendatang baru Ancaman dari pendatang baru Daya tawar pembeli (pelanggan). Daya tawar pembeli (pelanggan). Daya tawar pemasok Daya tawar pemasok Ancaman dari produk substitusi Ancaman dari produk substitusi Persaingan diantara pesaing. Persaingan diantara pesaing.

18 Lima Kekuatan Strategi Korporasi Kekeuatan tawar penawaran dari pemasok INDUSTRI Berebut kedudukan diantara pesaing yang sudah ada Ancaman Pendatang baru Kekuatan tawar menawar pelanggan Ancaman dari produk atau jasa substitusi

19 Tips For Today’s “Don’t put till tomorrow what you can do today” “Don’t put till tomorrow what you can do today”


Download ppt "PERENCANAAN DAN MANAJEMEN STRATEGI Perencanaan Perencanaan Proses menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai sasaran tersebut. Sasaran Sasaran."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google