Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BISNIS DAN STRATEGI PEMASARAN Permintaan pembeli, perubahan teknologi yang cepat, persaingan global yang hebat, deregulasi dan perubahan sosial menciptakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BISNIS DAN STRATEGI PEMASARAN Permintaan pembeli, perubahan teknologi yang cepat, persaingan global yang hebat, deregulasi dan perubahan sosial menciptakan."— Transcript presentasi:

1 BISNIS DAN STRATEGI PEMASARAN Permintaan pembeli, perubahan teknologi yang cepat, persaingan global yang hebat, deregulasi dan perubahan sosial menciptakan peluang dan tantangan baru pada bisnis diseluruh dunia Strategi perusahaan berisi tentang keputusan mengenai lingkup dan tujuan bisnis serta kegiatan dan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan.

2 STRATEGI PEMASARAN Strategi Pemasaran menjadi pedoman bagi top manajemen untuk menentukan bagaimana (how), kapan (when) dan dimana (where) harus bersaing. Hal ini sangat penting karena merupakan faktor utama dalam mendesain strategi bisnis.

3 STRATEGI KORPORASI (CORPORATE STRATEGY) Karakteristik Strategi Korporasi yang Efektif (Menurut Michael Porter) : Posisi kompetitif yang unik bagi perusahaan Aktivitas disesuaikan dengan strategi Trade-off yang jelas dan pesaing yang ingin dihadapi Meningkatkan keunggulan kompetitif (competitive advantage) melalui kegiatan yang tepat Keberlangsungan diperoleh melalui aktivitas sebagai suatu sistem, tidak bagian per bagian. Kegiatan operasional yang efektif merupakan keharusan

4 Abad 21. perusahaan melakukan perubahan secara drastis pada bisnis dan strategi pemasarannya untuk : memuaskan pelanggannya, menghadapi ancaman pesaing menunjukkan kekuatannya sebagai keunggulan kompetitifnya. mengelola pada skala persaingan internasional, politik dan ekonomi, dominasi konsumen dan pemasaran yang makin kompleks

5 PERUBAHAN ORGANISASI (ORGANIZATIONAL CHANGE) Perubahan organisasi tradisional ada 3 tahap : Pengurangan secara vertikal (Vertical Disaggregation) : Mengurangi ukuran organisasi melalui pengurangan pekerjaan & penempatan middle managerr serta tingkatan organisasi (downsizing) Mendesain ulang secara internal (Internal Redesain) Mendesain ulang organisasi menjadi lebih ramping, fleksibel, menyesuaikan dan responsif terhadap kebutuhan konsumen & permintaan pasar. Perubahan bisnis meliputi inovasi produk maupun memperbaiki jaringan distribusi.

6 PERUBAHAN ORGANISASI Membentuk Organisasi Baru (New Organization Form) : Perubahan yang dikaitkan dengan organisasi lain dan proses yang digunakan sebagai dasar kosep organisasi. Organisasi harus memperluas hubungannya dengan pemasok, konsumen maupun pesaing. Organisasi baru ini disebut : Jaringan (Network). Mereka dapat melakukan kerja sama.

7 KOMPONEN STRATEGI Definisi Strategi Korporasi : Strategi Korporasi adalah cara bagaimana perusahaan menciptakan nilai (value) melalui konfigurasi dan koordinasi dari kegiatan pada berbagai pasar Strategi Korporasi meliputi : Menetapkan Visi Menetapkan Tujuan Kemampuan (Capabilities) Komposisi Bisnis Struktur, Sistem Dan Proses

8 Strategi Korporasi 1. Menetapkan Visi Perusahaan Visi Manajemen didefinisikan, akan menjadi perusahaan apa, aktivitasnya apa dan bagaimana mengelola & mengembangkan perusahaan. Perusahaan akan dibawa kemana pada masa mendatang. Visi akan dijabarkan dalam misi perusahaan 2. Menetapkan Tujuan Tujuan dibutuhkan agar kinerja perusahaan dapat diukur. Tujuan perusahaan meliputi : pemasaran, inovasi, sumber daya, produktivitas, tanggung jawab social dan keuangan (meningkatkan kualitas produk, pertumbuhan panga pasar)

9 Strategi Korporasi 3. Kemampuan Strategi Perusahaan perlu focus pada kemampuan yang berebda. Kemampuan meliputi bersaing pada pasar yang berbeda, menghasilkan nilai bagi konsumen dan menciptakan penghalang bagi pesaing yang ingin meniru. 4. Komposisi Bisnis Jika perusahaan hanya menghasilkan 1 produk, hanya 1 pasar yang dilayani, mudah untuk menentukan komposisi bisnisnya. Jika perusahaan melayani beberapa pasar dengan bebeapa produk, diperlukan pengelompokan bisnis yang sejenis dan pengambilan keputusan secara bersama.

10 Strategi Korporasi 5. Struktur, Sistem Dan Proses Struktur akan menentukan komposisi perusahaan. Sistem merupakan prosedur dan kebijakan formal sehingga organisasi dapt beroperasi. Proses : mempertimbangkan aspek informal dari kegiatan organisasi

11 Mengembangkan Perencanaan Strategis Untuk Tiap Bisnis Analisis strategi meliputi : 1. Menetapkan kekuatan dan keterbatasan dari unit bisnis 2. Memilih strategi untuk menjaga dan meningkatkan kinerja Manajemen akan memutuskan apa yang akan menjadi prioritas untuk menempatkan tiap bisnis berkenaan dengan alokasi sumber dayanya

12 PROSES STRATEGI PEMASARAN 1.Analisis Situasi 2.Visi Pasar, struktur dan analisis 3.Segmentasi Pasar 4.Mempelajari Pasar


Download ppt "BISNIS DAN STRATEGI PEMASARAN Permintaan pembeli, perubahan teknologi yang cepat, persaingan global yang hebat, deregulasi dan perubahan sosial menciptakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google