Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AUDIT PEMASARAN PERTEMUAN KE-3 09 MARET 2011. DEFINISI : Menurut Shuchman : Suatu penelaahan yang sistematis, teoritical, dan tidak memihak dari operasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AUDIT PEMASARAN PERTEMUAN KE-3 09 MARET 2011. DEFINISI : Menurut Shuchman : Suatu penelaahan yang sistematis, teoritical, dan tidak memihak dari operasi."— Transcript presentasi:

1 AUDIT PEMASARAN PERTEMUAN KE-3 09 MARET 2011

2 DEFINISI : Menurut Shuchman : Suatu penelaahan yang sistematis, teoritical, dan tidak memihak dari operasi pemasaran total.

3 DEFINISI : Menurut Kotler : Suatu pengujian yang komprehensif, sistematis, independen dan periodik/berkala dari suatu perusahaan – atau unit usaha- lingkungan pemasaran, tujuan, strategi, dan aktivitas dengan maksud untuk menentukan area masalah dan peluang serta merekomendasikan suatu rencana tindakan untuk memperbaiki kinerja perusahaan.

4 Manfaat potensial dari audit pemasaran : 1. Analisis mengenai lingkungan eksternal dan situasi internal 2. Penilaian kinerja masa lalu dan aktivitas-aktivitas sekarang 3. Identifikasi peluang dan ancaman masa yang akan datang.

5 Mengapa audit diperlukan ? Ketika hal-hal mulai berjalan tidak mulus dalam suatu perusahaan, seperti penjualan menurun, margin yang menurun, kehilangan pangsa pasar, kepastian produksi yang kurang dimanfaatkan, dsb.

6 Bentuk audit : Audit eksternal Berhubungan dengan variabel yang tidak dapat dikendalikan, dimulai dengan suatu pengujian informasi atas ekonomi umum dan kemudian berpindah pada pandangan atas kesehatan dan pertumbuhan dari pasar yang dilayani oleh perusahaan.

7 Bentuk audit : Audit internal Berkaitan dengan variabel yang dapat dikendalikan yang bertujuan untuk menilai sumber daya organisasi bagaimana mereka berhubungan dengan lingkungan dan berhadapan dengan sumber daya dari pesaing.

8 Menurut Richard M.S. Wilson : Struktur audit pemasaran terdiri dari 3 langkah diagnostik utama, yang mencakup penelaahan dari : 1. Lingkungan organisasi (peluang dan ancaman) 2. Sistem pemasarannya 3. Aktivitas pemasaran

9 Tempat audit pemasaran dalam audit manajemen menurut Mc. Donald

10 Tempat audit pemasaran dalam audit manajemen menurut Richard Ms. Wilson

11 Ruang Lingkup dan Frekuensi Audit Pemasaran Frekuensi audit yang seharusnya dilakukan dipengaruhi oleh beberapa faktor : 1.Sifat usaha 2.Tingkat perubahan lingkungan 3.Siklus perencanaan

12 Petunjuk yang wajar bagi organisasi dalam melakukan audit : 1. pada awal setiap siklus perencanaan utama lakukan audit penuh 2. kemudian dikurangi intensitasnya 3. selanjutnya lakukan audit lebih sering pada setiap area khusus atau area penting apabila kondisi telah berubah.

13 Dalam banyak perusahaan barang konsumen yang terkemuka, pendekatan audit dilakukan setahun sekali oleh manajer lini perusahaan dalam area tanggung-jawab mereka sendiri.

14 Langkah-langkah audit, menurut Grashof : 1. Aktivitas pra audit 2. Pengumpulan informasi pada area yg mempengaruhi kinerja pemasaran organisasi. 3. Analisis informasi 4. Formulasi dari rekomendasi 5. Pengembangan dari program implementasi

15 Langkah – langkah audit menurut Cannon : 1. Mendefiniskan pasar 2. Menentukan diferensial kinerja 3. Menentukan perbedaan dalam program kompetitif 4. Membuat riwayat strategi pesaing 5. Menentukan struktur perencanaan strategic

16 Menelaah Efektivitas Pemasaran: Efektifitas pemasaran adalah menentukan bagaimana organisasi merefleksi 5 karakteristik/atribut utama dari suatu orientasi pemasaran, yaitu : 1.Falsafah yang berorientasi pelanggan 2.Organisasi pemasaran yang diintegrasikan 3.Informasi pemasaran yang cukup 4.Orientasi strategic 5.Efisiensi operasional

17 1.Falsafah yang berorientasi pelanggan 1. Bagaimana manajemen menyadari kebutuhan mengorganisasi perusahaan untuk memuaskan permintaan pasar khusus? 2. Bagaimana program pemasaran disesuaikan dengan kebutuhan dari segmen pasar yang berbeda? 3. Apakah manajemen mengadopsi suatu pendekatan sistem terhadap perencanaan, dengan penyaluran yang diberikan terhadap hubungan antara lingkungan, pemasok, saluran distribusi, pelanggan, dan pesaing?

18 2.Organisasi pemasaran yang diintegrasikan 1. Bagaimana manajemen senior berusaha mengendalikan dan mengintegrasikan fungsi pemasaran utama? 2. Terdapat sumber hubungan apa antara manajemen pemasaran, dengan Litbang, keuangan, produksi, dan fungsi manufakturing? 3. Bagaimana baiknya produk baru dan proses pengembangan diorganisasi?

19 3.Informasi pemasaran yang cukup 1. Bagaimana seringnya perusahaan melakukan studi riset pasar mengenai pelanggan, saluran distribusi dan pesaing? 2. Bagaimana kesadaran manajemen mengenai potensial penjualan dan kemampulabaan dari segmen pasar, pelanggan, daerah, produk dan ukuran pesanan yang berbeda? 3. Usaha apa yang dilakukan untuk mengukur efektivitas biaya dari tingkat dan tipe yang berbeda dari pengeluran pemasaaran?

20 4.Orientasi strategic 1. Bagaimana proses perencanaan pemasaran diformulasi? 2. Apa yang merupakan mutu pemikiran yang mendasari strategi pemasaran sekarang? 3. Bagaimana manajemen terlibat dalam pemikiran kontigensi dan perencanaan?

21 5.Efisiensi operasional 1. Bagaimana baiknya pemikiran manajemen senior atas pemasaran yang dikomunikasikan dan diimplementasikan ke bawah lini? 2. Apakah manajemen pemasaran melakukan suatu pekerjaan yang efektif dengan sumber daya yang tersedia? 3. Apakah manajemen menanggapi secara cepat dan efektif terhadap perkembangan yang tidak diharapkan di pasar?

22 Karakteristik dari audit yang Efektif : 1. Komprehensif / menyeluruh 2. Sistematis 3. Independen 4. Berkala

23 Komponen Audit : 1. Audit lingkungan pemasaran 2. Audit strategi pemasaran 3. Audit organisasi pemasaran 4. Audit sistem pemasaran 5. Audit produktivitas pemasaran 6. Audit fungsi pemasaran


Download ppt "AUDIT PEMASARAN PERTEMUAN KE-3 09 MARET 2011. DEFINISI : Menurut Shuchman : Suatu penelaahan yang sistematis, teoritical, dan tidak memihak dari operasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google