Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

STRATEGI TINGKAT PERUSAHAAN (KORPORAT) PERTEMUAN 8.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "STRATEGI TINGKAT PERUSAHAAN (KORPORAT) PERTEMUAN 8."— Transcript presentasi:

1 STRATEGI TINGKAT PERUSAHAAN (KORPORAT) PERTEMUAN 8

2 4/4/20152 Perusahaan dengan Diversifikasi Memiliki Dua Tingkat Strategi Bisnis 1. Strategi pada tingkat bisnis (strategi kompetisi) Bagaimana menciptakan keunggulan kompetiitf di setiap bisnis bagi perusahaan yang bersaing. - Biaya rendah. - Diferensiaasi. - Biaya rendah. - Biaya rendah terfokus. - Diferensiasi terfokus. 2. Strategi tingkat korporat (company wide strategy) Bagaimana menciptakan nilai untuk perushaan secara keseluruhan.

3 4/4/20153 Pertanyaan Kunci Strategi Korporat 1.Bisnis apa yang sebaiknya dimasuki perusahaan? 2.Bagaimana seharusnya kantor pusat perusahaan menciptakan nilai dengan cara yang berbeda dengan perusahaan lain? 3.Bagaimana mengorganisasi dan menstrukturisasi upaya perusahaan?

4 Strategi Korporat perlu.. Penguasaan strategi bisnis Hubungan antara unit bisnis dan perusahaan (pusat) Konfigurasi ruang lingkup pasar Koordinasi antar unit bisnis yang dimiliki perusahaan. 4/4/20154

5 Review : 3 Arah Strategi Korporat Strategi Pertumbuhan (Growth Strategy) “bagaimana menggerakkan org ke depan” Strategi Stabilitas (Stability Strategy) “bagaimana menjaga agar org stabil” Strategi Pembaruan (Renewal Strategy) “bagaimana membalik kinerja org yang cenderung menurun” 4/4/20155

6 Strategi Pertumbuhan : Strategi Konsentrasi “bagaimana meningkatkan pertumbuhan organisasi dengan mengkonsentrasikan pada bisnis intinya” Strategi Integrasi Vertikal (ke depan dan ke belakang) “bagaimana perusahaan memperoleh kendali terhadap input (backward) dan atau outputnya (forward)” Strategi Integrasi Horizontal “bagaimana memperluas operasi perusahaan dengan mengkombinasikan perusahaan dengan perusahaan lain (merger)..” Strategi Diversifikasi “bagaimana memperluas operasionalnya dengan berpindah ke industri yang berbeda..” 4/4/20156

7 2 Tipe Utama Diversifikasi Diversifikasi Terkait (Concentric) Usaha diversifikasi dalam industri yang berbeda tetapi salah satunya masih berkaitan dengan suatu cara pada operasional perusahaan yang masih berlangsung. Diversifikasi Tak Terkait (Konglomerasi) Usaha diversifikasi operasional perusahaan yang dilakukan ke dalam industri yang sama sekali berbeda. 4/4/2015Ratna Juwita7

8 Pilihan Strategi yang Bisa Diambil Perusahaan dalam Diversifikasi : Diversifikasi Concentric Membangun kepercayaan pemegang saham dengan menambah bisnis stratejik yang sesuai dengan perusahaan : -Mentransfer keahlian dan kemampuan dari satu bisnis ke bisnis lain -Berbagi fasilitas dan sumber daya untuk mengurangi biaya -Meningkatkan kegunaan dari nama merek yang sudah ada -Mengombinasikan sumber daya untuk menciptakan kekuatan dan keunggulan kompetitif yang baru.

9 Pilihan Strategi yang Bisa Diambil Perusahaan dalam Diversifikasi : Diversifikasi Konglomerat - Menyebar risiko ke dalam bisnis yang berbeda -Membangun kepercayaan pemegang saham dengan melakukan pekerjaan yang bagus dalam memilih bisnis untuk diversifikasi dan mengontrol seluruh bisnis dalam portofolio perusahaan.

10 Mengapa Perusahaan Melakukan diversifikasi?? Faktor Pendorong Eksternal Adanya dorongan peluangan dan ancaman yang menyebabkan perusahaan melakukan diversifikasi ke bisnis/produk baru -teknologi : surat kabar  jasa informasi online -turunnya permintaan pasar --  pasar baru

11 Mengapa Perusahaan Melakukan diversifikasi?? Faktor Pendorong Internal Kondisi dari dalam perusahaan yang mendesak untuk melakukan diversifikasi. -mempekerjakan dan mengeksploitasi sumber dayanya

12 4/4/2015Ratna Juwita12

13 4/4/2015Ratna Juwita13

14 4/4/2015Ratna Juwita14

15 4/4/2015Ratna Juwita15

16 Implementasi Strategi Pertumbuhan Pengembangan internal Merger Akuisisi Joint Venture

17 Pengembangan Internal Perusahaan memilih pengembangan operasinya dengan cara memulai bisnis baru dari bawah. Memanfaatkan dukungan sumberdaya, kapabilitas, dan kompetensi. Kekuatan : lebih mudah-karyawan mengetahui kultur perusahaan Kelemahan : prosesnya lambat, risiko yang ditanggung lebih besar.

18 MERGER Transaksi yang sah di mana dua atau lebih perusahaan menggabungkan operasionalnya melalui bursa saham, namun hanya tinggal satu entitas perusahaan yang masih ada. Contoh : …………………..??

19 Akuisisi Pembelian secara sekaligus suatu perusahaan oleh perusahaan lain. Biasanya terjadi antar perusahaan yang mempunyai ukuran yang tidak seimbang dan bersifat bersahabat ataupun bermusuhan (take over). Contoh : …………???

20 Kelebihan dan Kekurangan Merger dan Akuisisi Kelebihan –Kecepatan, akses terhadap aset-aset pelengkap, menghilangkan pesaing potensial, meningkatkan sumber daya korporasi. –Biaya dalam melakukan akusisi, bisnis tambahan yang tidak perlu, benturan organisasi mungkin menghalangi integrasi, komitmen/tanggung jawab yang besar.

21 Joint Venture Penggabungan dua perusahaan atau lebih untuk mengerjakan proyek-proyek tertentu karena keterbatasan sumber daya dan kapabilitas, maupun kompetensi dari masing-masing perusahaan. Contoh : …………??

22 Strategi Stabilitas Adalah strategi di mana organisasi mempertahankan ukuran organisasinya dan level operasi bisnisnya sekarang. Kapan diterapkan ?? -kondisi industri tidak bisa diprediksi -sedikit peluang pertumbuhan pada industri -keuntungan dan kinerja berada pada keadaan yang memuaskan (maturity)

23 Strategi Pembaharuan Strategi untuk mengatasi masalah penurunan kinerja perusahaan. Penyebab penurunan kinerja : -pertumbuhan yang terlalu cepat atau ekspansi yang terlalu besar -kontrol keuangan yang tidak baik -biaya yang tidak terkontrol/terlalu besar -pesaing baru -perubahan permintaan konsumen yang terprediksi -lambat atau tidak merespons pada perubahan eksternal atau internal yang signifikan

24 Tanda-tanda Potensial Penurunan Kinerja (Coulter, 2002) Kelebihan jumlah karyawan Prosedur administrasi yang tidak diperlukan Takut akan konflik dan mengambil risiko Menoleransi kinerja yang tidak kompeten pada berbagai level di berbagai bidang Tidak adanya visi, misi, atau tujuan yang jelas Komunikasi yang buruk dan tidak efektif dalam berbagai unit atau antar berbagai unit.

25 Dua Tipe Strategi Pembaharuan Pengurangan (retrenchment) Strategi jangka pendek yang didesain untuk mengatasi kelemahan organisasi yang mengakibatkan penurunan kinerja organisasi. Putar Haluan (turnaround) Strategi yang didesain untuk mengatasi situasi ketika kinerja organisasi semakin memburuk.

26 Dua Strategi mengatasi penurunan dan memburuknya kinerja: Strategi Pemotongan Biaya Strategi Restrukturisasi ; bentuknya : -restrukturisasi untuk kembali fokus pada bisnis inti dengan jalan menjual beberapa bisnisnya, -Spin Off (penggabungan) -Likuidasi (penutupan bisnis/unit bisnis) -Rekayasa Ulang (desain ulang proses bisnis) atau penurunan skala usaha

27 4/4/ (Enam) Strategi Korporat: 1.Emergency 2.Olympian 3.Acquisition - Driven 4.Market expantion. 5.Competency and culture-building based. 6.Performance control.

28 4/4/2015Ratna Juwita28

29 4/4/2015Ratna Juwita29

30 4/4/2015Ratna Juwita30

31 4/4/2015Ratna Juwita31

32 4/4/2015Ratna Juwita32

33 4/4/2015Ratna Juwita33


Download ppt "STRATEGI TINGKAT PERUSAHAAN (KORPORAT) PERTEMUAN 8."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google