Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN MEMAHAMI STRATEGI DOSEN : SUHARDI, SE.MSc, Ak 1. Shanti(301 09 11 002) 2. Diah Fitriyani(301 09 11 004) 3. Defita Anggreni(301.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN MEMAHAMI STRATEGI DOSEN : SUHARDI, SE.MSc, Ak 1. Shanti(301 09 11 002) 2. Diah Fitriyani(301 09 11 004) 3. Defita Anggreni(301."— Transcript presentasi:

1 SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN MEMAHAMI STRATEGI DOSEN : SUHARDI, SE.MSc, Ak 1. Shanti( ) 2. Diah Fitriyani( ) 3. Defita Anggreni( ) 2. Melissa Dinianti( ) UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG BALUNIJUK 2012

2 Sistem pengendalian manajemen merupakan alat untuk mengimplementasikan strategi. STRATEGI ADALAH RENCANA-RENCANA UNTUK MENCAPAI TUJUAN ORGANISASI. MEMAHAMI STRATEGI

3 Tujuan Umum dalam Organisasi Tujuan perusahaan ditentukan oleh pemimpin manajemen puncak (chief executive officer-CEO) perusahaan yang bersangkutan, dengan mempertimbangkan nasihat yang diberikan oleh para manajer senior lainnya, dan biasanya kemudian diratifikasi oleh dewan direksi.

4 Profitabilitas Dalam bisnis, kapasitas untuk menghasilkan laba biasanya merupakan tujuan yang paling penting. Profitabilitas dinyatakan, dalam arti dan konsep yang paling luas melalui persamaan yang merupakan hasil dari dua rasio: Contohnya: Pendapatan – Beban x Pendapatan Pendapatan Investasi = ROI

5 Memaksimalkan Nilai Pemegang Saham Konsepnya adalah tujuan yang semestinya bagi sebuah perusahaan yang mencari laba adalah memaksimalkan nilai pemegang saham. Meskipun arti istilah itu sendiri tidaklah terlalu jelas, mungkin hal tersebut mengacu pada harga pasar saham perusahaan. Akan tetapi, diyakini bahwa mencapai tingkat laba yang memuaskan adalah cara yang lebih baik dalam menetapkan tujuan perusahaan.

6 Risiko Upaya sebuah organisasi perusahaan untuk meningkatkan profitabilitas sangat dipengaruhi oleh kemauan pihak manajemen untuk mengambil resiko.  Pendekatan Banyak Stakeholder  Organisasi-organisasi terlibat dalam tiga jenis pasar:  pasar modal,  pasar produk, dan  pasar factor.

7  Konsep strategi  Walaupun definisi berbeda satu sama lain, ada kesepakatan umum bahwa strategi mendeskripsikan arah umum yang akan dituju suatu organisasi untuk mencapai tujuannya. Setiap organisasi yang dikelola dengan baik mempunyai satu strategi atau lebih, walaupun mungkin tidak dinyatakan secara eksplisit.

8 Strategi Tingkat Korporat Strategi korporat adalah mengenai keberadaan di tengah-tengah bauran bisnis yang tepat. Oleh karena itu, strategi korporat lebih berkenaan dengan pertanyaan di mana sebaiknya bersaing dan bukannya bagaimana bersaing dalam industri tertentu: yang merupakan strategi unit bisnis.

9  Perusahaan-perusahaan dengan Industri Tunggal  Pada satu ekstrem, perusahaan mungkin memiliki komitmen total pada satu industri.  Perusahaan industri tunggal menggunakan kompetensi intinya untuk mencapai pertumbuhan dalam industri tersebut

10  Perusahaan dengan diversifikasi yang Berhubungan  Kelompok lain terdiri dari perusahaan yang beroperasi dalam sejumlah industri dan bisnisnya saling berhubungan satu sama lain melalui sinergi operasi. Perusahaan – perusahaan ini disebut sebagai perusahaan dengan diversifikasi yang berhubungan.  Perusahaan dengan diversifikasi yang tidak Berhubungan  Kebalikan dari Perusahaan dengan diversifikasi yang Berhubungan

11  Kompetensi inti adalah kemampuan yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai kinerja yang lebih tinggi dan menambah nilai signifikan bagi pelanggan. Oleh karena itu, pertumbuhan berbasis- kompetensi dan diversifikasi mempunyai potensi untuk berhasil.

12 . Strategi unit bisnis bergantung pada dua aspek yang saling berkaitan: 1.Misalnya (apakah tujuan keseluruhannya?) 2.Keunggulan kompetitifnya (bagaimana sebaiknya unit bisnis bersaing dalam industrinya untuk melaksanakan misinya?) Strategi unit bisnis berkenaan dengan bagaimana menciptakan dan memelihara keunggulan kompetitif dalam masing-masing industri yang telah dipilih oleh suatu perusahaan berpartisipasi

13 “bintang” pertahankan “tanda tanya” bangun “sapi perah kas” Panen “anjing” Divestasi Sumber kas Tinggi rendah Tinggi rendah Tinggi Tingkat pertumbuhan pasar Pangsa pasar relatif Penggunaan kas Tinggi

14 Analisis industri Keunggulan bersaing generik diferensiasi Analisis rantai nilaiBiaya rendah

15  SISTEM PERENCANAAN STRATEGIS  TEXAX INSTRUMENTS  Perencanaan strategis Texax Instruments mengidentifikasi keunggulan kompetitif pada pemanufakturan biaya rendah. Texax Instruments lebih berorientasi pada produksi massa dengan strategis low cost yang lebih menekankan pentingnya mengendalikan biaya.  HEWLETT PACKARD  Mengidentifikasi keunggulan kompetitif terutama memfokuskan pada desain yang inovatif. Dimana Hewleett Packard menetapkan sistem perencanaan strategis yang lebih berorientasi pada diferensiasi/pengembangan produk baru.

16  TEXAX INSTRUMENTS  Texax Instruments akan memiliki pengendalian biaya yang ketat dan minimalisasi biaya. Pada sistem anggaran Texax Instruments mengendalikan 2 anggaran di bawah sistem OST (objektif-strategi-taktik). Anggaran strategis digunakan untuk mencapai dan menjaga kefektifan jangka panjang dan anggaran operasional dipantau secara ketat untuk efesiensi jangka pendek.  HEWLEET PACKARD  Hewleet Packard berusaha melakukan diferensiasi penawaran produk yang dihasilkan oleh unit bisnis sehingga dipandang oleh pelanggan sebagai sesuatu yang unik. Dengan demikian Hewleet packard akan memiliki anggaran tahunan yang menggambarkan tenaga kerja, material dan biaya overhead yang terlibat dalam manufaktur untuk desain produk dan fitur produk yang dikembangkannya seperti perancangan biaya yang direkayasa untuk mengukur efisiensi.

17 TTEXAX INSTRUMENTS Texax Instruments cenderung untuk masuk awal dalam siklus hidup produk dan menetap sampai masa kejenuhan (kematangan) dalam artian Texax Instruments memilih pasar standar yang lebih besar dan posisi biaya yang lebih rendah dalam jangka panjang serta menekankan pengurangan harga berkelanjutan untuk dapat membangun volume sehingga dapat melaporkan laba dan ROI yang tinggi. Di samping itu, Texax Instruments mencari portofolio yang meliputi bisnis dengan pertumbuhan rendah dengan pangsa pasar dominan sehingga tidak perlu menginvestasikan semua kas yang dihasilkannya dan dapat melaporkan jumlah arus kas positif yang signifikan. Dengan demikian Texax Instruments akan melaporkan laba sesuai kurva pengalaman.

18  HEWLEET PACKARD  Hewleet packard lebih memfokuskan pada penciptaan produk baru yang bernilai tinggi sehingga Hewleet Packard kurang memberi tekanan pada pengurangan biaya manufaktur. Dengan demikian Hewleet Packard akan merelokasikan sumber utama hanya untuk membiayai bisnis baru sehingga Hewleet Packard akan memiliki margin of safety yang longgar. Namun demikian, Hewleet Packard akan tetap mealporkan ROI yang baik dan menghasilkan dana untuk R & D lebih lanjut karena Hewleet Packard akan mempertahankan harga lebih lama sehingga selisih keuntungan dapat diperpanjang selama awal periode dan laba awal yang dihasilkan menyebabkan keluar lebih awal dari pasar. Dengan kata lain HP akan membuat laba tinggi secepatnya dengan margin yang tinggi.

19  - TEXAX INSTRUMENTS  Texax Instruments lebih berorientasi pada produksi massa dengan strategi low cost lebih menekankan pada pentingnya mengendalikan biaya sehingga orang-orang yang mempunyai kemampuan untuk itu seperti seorang insinyur dan seorang manajer yang concern terhadap masalah biaya memperoleh dukungan dan penghargaan lebih dari perusahaan. Secara kultural, dengan demikian Texax Instruments lebih berorientasi internal.   -HEWLEET PACKARD  Hewleet Packard secara kultural lebih berorientasi eksternal. Orientasi ini didasarkan pada strategi yang diterapkannya yakni diferensiasi yang lebih mementingkan pengembangan keunikan produk baru. Dengan demikian orang-orang yang mampu mengembangkan produk baru dan mampu memasarkannya akan memperoleh penghargaan lebih.

20  TEXAX INSTRUMENTS  Texax Instruments lebih menekankan kepada produksi massal dan biaya rendah sehingga Texax Instruments akan menjual produk-produknya dengan harga yang rendah. Dengan demikian Texax Instruments akan memberikan sistem kompensasi insentif yang lebih rendah karena Texax Instruments akan selalu mendesain untuk penurunan biaya.   HEWLEET PACKARD  Hewleet Packard lebih menekankan pada teknologi yang tinggi, fitur yang unik dan pemasaran produk baru sehingga Hewleet Packard akan menjual komponen-komponen produknya dengan harga yang mahal. Dengan demikian Hewleet Packard akan memberikan sistem kompensasi insentif yang lebih tinggi karena Hewleet Packard akan selalu mendesain untuk penampilan produk. 

21


Download ppt "SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN MEMAHAMI STRATEGI DOSEN : SUHARDI, SE.MSc, Ak 1. Shanti(301 09 11 002) 2. Diah Fitriyani(301 09 11 004) 3. Defita Anggreni(301."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google