Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DATABASE TERDISTRIBUSI (DISTRIBUTED DATABASE= DDB)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DATABASE TERDISTRIBUSI (DISTRIBUTED DATABASE= DDB)"— Transcript presentasi:

1 DATABASE TERDISTRIBUSI (DISTRIBUTED DATABASE= DDB)

2 L ATAR B ELAKANG Pemrosesan berkas menggunakan prinsip setiap aplikasi memiliki data tersendiri. Hal ini mempengaruhi efisiensi dan efektivitas sehingga muncul konsep database system. Konsep ini mendasarkan pada prinsip bahwa data dibuat, disediakan dan dikelola secara terpusat. Konsep baru ini mengakibatkan program aplikasi tidak lagi tergantung pada perubahan data baik secara logika maupun fisik dan juga sebaliknya, hal ini disebut data independence. Pada perkembangan sistem database, data yang disimpan semakin besar, pemrosesan semakin kompleks, data dapat diakses dengan menggunakan teknologi sehingga muncul sistem database terdistribusi.

3 Dalam sebuah database terdistribusi, database disimpan pada beberapa komputer. Komputer-komputer dalam sebuah sistem terdistribusi berhubungan satu sama lain melalui bermacam-macam media komunikasi seperti high-speed buses atau telephone line. Sebuah sistem database terdistribusi berisikan sekumpulan site, di mana tiap-tiap site dapat berpartisipasi dalam pengeksekusian transaksi-transaksi yang mengakses data pada satu site atau beberapa site. Tiap-tiap site dapat memproses transaksi lokal yaitu sebuah transaksi yang mengakses data pada satu site di mana transaksi telah ditentukan. Sebuah site juga dapat mengambil bagian dalam mengeksekusi transaksi global yaitu transaksi yang mengakses data pada site yang berbeda di mana transaksi telah ditentukan, atau transaksi yang mengakses data pada beberapa site yang berbeda. DATABASE TERDISTRIBUSI

4 P EMROSESAN D ATA T ERDISTRIBUSI Pemrosesan terdistribusi/Distributed Processing atau Distributed Computing System adalah sekumpulan peralatan pemrosesan yang saling terhubung melalui jaringan komputer dan saling bekerjasama untuk mengerjakan tugas-tuags tertentu. Yang dimaksud dengan peralatan pemrosesan data adalah peralatan komputasi yang dapat mengeksekusi sendiri sebuah program. Sekumpulan peralatan yang saling terhubung akan mendistribusikan berbagai macam hal, dianataranya adalah: Processing Logic / Pemrosesan secara logis Fungsi. Beberapa fungsi sistem komputer dapat didelegasikan ke beberapa hardware atau software Data Kontrol

5 Pemrosesan terdistribusi dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa kriteria a.Degree of Computing / tingkat hubungan : tinggi atau rendah ? Jumlah data yang saling digunakan dibandingkan dengan jumlah pemrosesan lokal b.Struktur antar hubungan : kuat atau lemh ? Jika komponen di Share dikatakan kuat ? c.Kesalingtergantungan komponen-komponen. Kuat atau lemah dalam mengekseskusi proses. d.Keselarasan antar komponen : selaras atau tidak selaras ? Pemrosesan terdistribusi berkembang karena kebutuhan untuk dapat memecahkan masalah yang besar, kompleks dengan menggunakan berbagai macam aturan divide and conquer. Alasan lain yang mendasar adalah struktur organisasi yang berubah menjadi terdistribusi. Karena perkembangan pemrosesan terdistribusi inilah maka kemudian berkembang Distributed Database System yang diharapkan akan dapat mendukung pemrosesan terdistribusi.

6 D ISTRIBUTED D ATABASE S YSTEM Distributed Database (DDB) / basis data terdistribusi (BDT) adalah sekumpulan database yang saling terhubung secara logikal dan secara fisik terdistribusi pada berbagai tempat melalui jaringan komputer. Distributed Database Management System (DDBMS) / System Manajemen Basis Data Terdistribusi (SMBDT) adalah software yang mengelola BDT dan menyediakan mekanisme agar distribusi tersebut transparent di hadapan user. Distributed Database System (DDBS)/Sistem Basis Data Terdistribusi (SBDT) adalah DDB yang menggunakan DDBMS.

7 C IRI YANG MENDASARI SBDT : Data disimpan pada sejumlah tempat. Setiap tempat secara logik terdiri dari processor tunggal Processor pada tempat yang ebrbeda tersebut dihubungkan dengan jaringan komputer SBDT bukan sekumpulan file yang berada pada berbagai tempat tetapi sebuah database pada berbagai tempat. Setiap tempat mempunyai kemampuan untuk secara mandiri memproses perintah user yang membutuhkan akses ke data di tempat tersebut, dan juga mampu untuk memproses data yang tersimpan di tempat lain.


Download ppt "DATABASE TERDISTRIBUSI (DISTRIBUTED DATABASE= DDB)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google