Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Powerpoint Templates Page 1 Powerpoint Templates Memulai Perubahan PERTEMUAN 7.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Powerpoint Templates Page 1 Powerpoint Templates Memulai Perubahan PERTEMUAN 7."— Transcript presentasi:

1 Powerpoint Templates Page 1 Powerpoint Templates Memulai Perubahan PERTEMUAN 7

2 Powerpoint Templates Page 2 Analisis Putar Haluan (Turnaround) Membuang yang jelek dengan melakukan perubahan mendasar. Putar haluan digunakan untuk menghadapi keadaan krisis. Putar haluan berbeda dengan corporate tranformation dan crisis management.

3 Powerpoint Templates Page 3 Contoh: Garuda Indonesia 1997 GI dikelola dengan crisis management, dilakukan oleh Robby Djohan sebagai direktur utama dan bekerja sama dengan Abdul Gani melakukan turnd around. Mengembalikan aset yang tidak produktif kepada para pemasok, menjualnya. Menutup rute penerbangan yang merugi. Memindahkan karyawan pada perusahaan lain. Pembenahan sistem keuangan. Menerapkan cara kerja yang efisien.

4 Powerpoint Templates Page 4 Contoh: Pemerintahan Orde Baru Memperbaiki perekonomian negara dengan memburu para wajib pajak baru. Menuntut pembayaran pajak progresif. Menurut cara pandang turnaround, meningkatkan pajak pada saat daya beli sedang melemah bukan cara terbaik, sebaiknya menerapkan change management terhadap birokrasi pemerintahan agar lebih efisien. Anti korupsi dan pembentukan pemerintahan yang good governance yang lebih transparan, akuntabel dan ahli.

5 Powerpoint Templates Page 5 Mengelola Pada Saat Turun dan Pada Saat Naik. Pada saat pasar sedang tumbuh, meningkatkan keuntungan dengan pemasaran. Pada saat pasar sedang lesu, kondisi perusahaan turun harus dilakukan efisiensi. Pada saat tumbuh, memainkan instrumen utang, pada saat turun, perbaikan dari sisi aset, terutama merampingkan organisasi, membuang beban dan mengubah arah masa depan.

6 Powerpoint Templates Page 6 Apakah Turnaround Masih Memungkinkan? Indikator yang digunakan (Kasali, 2006) : Dukungan yang kuat dari stakeholders, karyawan, komunitas dan pemegang saham atau dukungan dari negara. Adanya bisnis inti (cor business), dengan kondisi EBIT (Earning Before Interest And Taxes) yang positif. Adanya tim manajemen yang solid dan tangguh untuk mengendalikan operasional perusahaan. Sumber-sumber baru pembiayaan, khususnya pembiayaan jangka panjang.

7 Powerpoint Templates Page 7 Bisnis inti yang sehat: Produk unggulan dengan merek terpercaya. Hasil-hasil riset yang segera dapat dikomersilkan. Data based pelanggan dan kesetiaan yang tinggi. Jaringan pemasaran yang kuat dan dapat diandalkan. Sumber-sumber pasokan baahn baku yang berkualitas. Hak-hak paten. Cara kerja yang efisien. Tenaga kerja yang produktif dengan budaya kerja yang sehat.

8 Powerpoint Templates Page 8 Produk Andalan Kehilangan aura di pasar: Pengendalian mutu tidak memadai. Delivery tidak tepat waktu. Teknologi ketinggalan jaman. Muncul produk-produk pengganti. Medan kompetisi baru.

9 Powerpoint Templates Page 9 Meningkatkan kembali Aura: Upaya langsung terhadap manajemen produk. Johnson & Johnson meluaskan segmennya pada anak-anak. Bedak Johnson untuk orang dewasa. Johnson & Johnson membuat bedak yang lebih halus (lembut dan wangi Lama Baru Produk Konsumen Arah Pengembangan Produk /Konsumen dalam 2 Dimensi

10 Powerpoint Templates Page 10 Upaya-upaya tidak langsung Mengubah budaya korporat dengan melakukan transformasi nilai-nilai baru. Meningkatkan efisiensi dengan membentuk gugus tugas khusus untuk pengendalian mutu, penyerahan tepat waktu, perbaikan proses bisnis, pengurangan pemborosan. Reorganisasi, yaitu mengubah manusia dengan mengubah cara berpikir dan cara bekerja.

11 Powerpoint Templates Page 11 Destinasi atau sasaran sumber daya dan penghargaan Hal-hal yang harus dimiliki: Pengakuan terhadap posisi sekarang. Visioning Destinasi/sasaran yang jelas. Sumber daya, dana, alat dan keterampilan. Pengakuan dan penghargaan. Strategi

12 Powerpoint Templates Page 12 Memilih Pemimpin Turnaround Pemimpin atau manajer. Pemimpin kreatif dan pemimpin reaktif. Pemimpin tebas dan pangkas (slash and burn leader). Holism manager. Practical manager. Upaya pertanda (signalling).

13 Powerpoint Templates Page 13 Menghilangkan Kompleksitas dan Bekerja Lebih Cepat 1. Menghilangkan kompleksitas: Orang pinter berpikir simpel. Simplisitas dan menciptakan keunggulan daya saing. Landak atau srigala. Mengapa takut berpikir dan bertindak sederhana.

14 Powerpoint Templates Page Nilai-nilai kecepatan 3. Unsur-unsur kecepatan Pentingnya akses. Berpikir cepat. Pengambilan keputusan yang cepat. Bingkai eksekutif. Kecepatan bertindak. 4. Disiplin diri. 5. Antisipatif 6. Kerjasama tim. 7. Memanfaatkan teknologi.

15 Powerpoint Templates Page 15 Orientasi pada Tindakan Hal-hal yang menjadi pegangan dalam melakukan tindakan perubahan: Jangan abaikan strategi. Bertindak seperti tikus. Timbulkan kesadaran bahwa setiap awal pasti sulit. Berikanlah value. Berorietasi bisnis.


Download ppt "Powerpoint Templates Page 1 Powerpoint Templates Memulai Perubahan PERTEMUAN 7."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google