Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

V1V2V3 gowentgone Simple Past Tense Present Tense: (untuk menyatakan kegiatan saat ini/rutin) - Saya pergi ke sekolah setiap hari - I go to school every.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "V1V2V3 gowentgone Simple Past Tense Present Tense: (untuk menyatakan kegiatan saat ini/rutin) - Saya pergi ke sekolah setiap hari - I go to school every."— Transcript presentasi:

1 V1V2V3 gowentgone Simple Past Tense Present Tense: (untuk menyatakan kegiatan saat ini/rutin) - Saya pergi ke sekolah setiap hari - I go to school every day Past Tense: (Untuk menyatakan kegiatan diwaktu lampau) Saya pergi ke sekolah kemarin I went to school yesterday Contoh Perubahan Kata Kerja V1V2V3 Gowentgone S + V2 + O S + V1 + O

2 Past Continuous Tense Untuk menyatakan peristiwa yang SEDANG TERJADI, tetapi tidak sedang terjadi sekarang, melainkan sedang terjadi tetapi DULU, tetapi sudah lewat. - I/She/He/It + was - You/They/We + were Rumus : Positif : S + was/were + V ing Negatif: S + was/were + NOT + V ing Tanya : Was/Were + S + V ing I was sleeping when my friend came to my house yesterday

3 Present Continuous Tense Untuk menyatakan peristiwa yang SEDANG TERJADI saat ini. I + am She/He/It + is You/They/We + are Rumus : Positif : S + am/is/are + V ing Negatif: S + am/is/are + NOT + V ing Tanya : am/is/are + S + V ing I am studying now. (saya sedang belajar sekarang)

4 Penggunaan “will” dan “be going to” Will merupakan bentuk modal dan umum dikenal dalam simple future tense untuk menyatakan suatu kegiatan yang akan terjadi di masa yang akan datang. Bentuk lain dari will adalah be going to, dimana ‘be’ merupakan ‘to be’ (is, am, are). Jika kegiatan masih merupakan suatu perkiraan yang kemungkinan saja terjadi, maka will atau be going to keduanya boleh digunakan.

5 Jika kegiatan atau peristiwa yang akan dilakukan sudah diniatkan dan direncanakan dengan matang sebelumnya, maka hanya be going to yang digunakan. Example : I am going to visit my elder brother in Bali tomorrow morning. (saya akan mengunjungi kakakku di Bali besok pagi) Jika secara spontan ingin melakukan kegiatan tanpa rencana sebelumnya dan anda merasa yakin bahwa seseorang itu akan melakukan kegiatan yang dimaksud, maka hanya will yang digunakan. Contoh : Mother : over here, Jhon..! (Sebelah sini, Jhon..!) Jhon : Okay, I’ll be there (I will be there) (Oke, aku akan kesana) (Jhon secara spontan tanpa membuat rencana ataupun predikasi langsung ingin pergi kesana)

6 Present Perfect Tense menekankan pada PERFECT nya itu. Perfect kan artinya “sempurna”. sempurna yang berarti “selesai, sudah, beres, baru saja usai, dsb”. Jadi, kalau Anda menekankan pada “SUDAH” nya itu maka gunakanlah Present Perfect Tense ini. Rumus: Positif: S + have/has + V3 Negatif: S + have/sas Not + V3 Tanya: Have/has + S + V3 Positif: She has gone (Dia baru saja pergi) Negatif: She has not gone Tanya: Has She gone?

7 -I have written english lesson for 30 minutes. (Saya telah menulis pelajaran bahasa inggris selama 30 menit). Dalam kalimat diatas, ditekankan “telah” nya itu dan sekarang sudah beres, sudah tidak lagi menulis. Tetapi jika penekanan Anda pada “30 menit yang lalunya” maka Anda gunakan Past Tense yang lebih cocok.

8 Past Perfect Tense PAST Perfect Tense adalah bentuk lampau (Past) dari Present Perfect Tense itu, makanya disebut Past Perfect Tense. Rumus Positif: S + had + V3 Negatif: S + had + not + V3 Tanya: Had + S + V3

9 Past Perfect Tense sering digunakan dengan menggunakan kalimat lain yang berbentuk lampau (Past Tense ) yang dihubungan dengan kata sambung seperti When (ketika), After (setelah) untuk menekankan bahwa Perfectnya (Sudahnya) itu adalah di masa lampau. Contoh: I had gone When He arrived at my home (Saya telah pergi ketika dia tiba tiba di rumah) I had studied hard but I didn’t pass in the exam. (Saya telah belajar keras tetapi saya tidak lulus ujian)


Download ppt "V1V2V3 gowentgone Simple Past Tense Present Tense: (untuk menyatakan kegiatan saat ini/rutin) - Saya pergi ke sekolah setiap hari - I go to school every."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google