Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Auxiliary Verbs (Kata Kerja Bantu) Slideshow 01-Bahasa Inggris Mudah dan Cepat Andrie Prasetyo

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Auxiliary Verbs (Kata Kerja Bantu) Slideshow 01-Bahasa Inggris Mudah dan Cepat Andrie Prasetyo"— Transcript presentasi:

1 Auxiliary Verbs (Kata Kerja Bantu) Slideshow 01-Bahasa Inggris Mudah dan Cepat Andrie Prasetyo

2 Apa Sih Auxiliary Verbs Itu?  Auxiliary Verbs (kata kerja bantu) adalah kelompok kata yang memperjelas arti atau susunan bentuk sebuah Verb (kata kerja)  Ada empat kelompok besar Auxiliary Verbs (selanjutnya disebut “Aux”), yaitu kelompok [BE], [DO], [HAVE], dan [MODALS].

3 Posisi [AUX] dalam Kalimat Adi •Subject •Subyek will •Aux •Kt. Bantu buy •Verb •Kt. Kerja motorcycle •Object •Obyek tomorrow. •Complement •Keterangan • Untuk bentuk negatif (menyatakan tidak), tambahkan [NOT] setelah [AUX] • Untuk bentuk tanya ya atau tidak, tukar posisi [SUBJ] dengan [AUX], tambahkan [?] • Untuk mengubah bentuk tanya ya atau tidak menjadi bentuk tanya uraian, tambahkan [5W+H], di depan [AUX]

4 Hubungan Aux, Verb, dan Tenses  Masing-masing kelompok [AUX], punya caranya sendiri-sendiri dalam memperlakukan [VERB] yang mereka temui dalam kalimat (akan dijelaskan dalam penjelasan tersendiri di slideshow ini).  Tenses adalah perbedaan cara pengucapan kalimat berdasarkan waktu dan situasi. Selain di Bahasa Inggris, tenses juga dikenal di Bahasa Arab, tapi tidak di Bahasa Indonesia. Setiap tense punya [AUX] khususnya masing-masing dan mengubah bentuk [VERB] sesuai waktu pembicaraan (sekarang, masa depan, dan masa lalu). Penjelasan lebih lanjut insya Allah pada edisi slideshow selanjutnya.

5 Kelompok [BE]  Terdiri dari AM, IS, ARE, WAS, WERE, BE (infinitive), dan BEEN (past participle -Verb 3)  Biasanya diikuti [ADJ], [ADV], atau [NOUN], meskipun dalam keadaan tertentu juga bisa diikuti [VERB]  Kelompok ini dan [VERB] saling meniadakan dalam Simple Present dan Simple Past Tense, jadi kalau ada kelompok ini dalam kalimat tenses tersebut, tidak mungkin ada [VERB]. ◦ She is beautiful. (Betul) ◦ She is walk to school. (Salah)

6 Kelompok [DO]  Terdiri dari DO, DOES, dan DID.  Ketika bertemu [VERB], kelompok ini melebur dengan [VERB] tersebut di kalimat bentuk positif. Misal : ◦ DO + walk = walk (tidak berubah) ◦ DOES + walk = walks (ditambah akhiran –s / -es ) ◦ DID + walk = walked (Verb 1 menjadi Verb 2) Ketika di bentuk negatif dan tanya, mereka berpisah kembali dengan [VERB] yang sebelumnya menempel. DOES dipakai untuk subjek tunggal pada Simple Present Tense, sementara DO untuk yang jamak. DID dipakai untuk semua subjek di Simple Past Tense.

7 Kelompok [HAVE]  Terdiri dari HAVE, HAS, dan HAD.  Biasa ditemui pada tense yang memiliki kata “Perfect” pada namanya dan diikuti Verb 3 HAS dipakai untuk subjek tunggal pada Present Perfect Tense sementara HAVE untuk yang jamak. HAD dipakai untuk semua subjek di Past Perfect Tense.

8 Kelompok [MODALS] part 1  Terdiri dari beberapa kata yang memiliki fungsi pernyataan masing-masing: ◦ CAN (kemampuan, izin, permintaan, tawaran, saran, & kemungkinan.) ◦ COULD (kemampuan & izin di masa lalu, permintaan*, tawaran*, saran* dalam bentuk yang lebih sopan & kemungkinan.) ◦ MAY (kemungkinan, memberi saran secara sopan, izin di masa kini)

9 Kelompok [MODALS] part 2 ◦ MIGHT (kemungkinan yang lebih kecil dari “MAY”, tawaran yang ragu-ragu*) ◦ MUST (paksaan / keharusan, kemungkinan, nasihat / rekomendasi) ◦ MUST NOT / MAY NOT (larangan) ◦ NEED NOT (tidak perlu) ◦ OUGHT TO (nasihat / kewajiban) ◦ SHALL (pengganti “WILL” untuk subjek orang pertama, saran) ◦ SHOULD (nasihat / kewajiban)

10 Kelompok [MODALS] part 3 ◦ WILL (keinginan, permintaan, perintah, prediksi, asumsi, janji, keputusan spontan, kebiasaan) ◦ WOULD (permintaan dan keinginan yang lebih sopan dari “WILL”, kebiasaan di masa lalu.  Diikuti oleh Infinitive Verb (kata kerja dengan bentuk paling dasar)  Penggunaan modals dengan tanda * tidak memiliki bentuk lampau dan masa depan End of Slideshow-To be continued to Slideshow 2


Download ppt "Auxiliary Verbs (Kata Kerja Bantu) Slideshow 01-Bahasa Inggris Mudah dan Cepat Andrie Prasetyo"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google