Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perancangan Iteratif, Pengujian, dan Evaluasi Pertemuan 13.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perancangan Iteratif, Pengujian, dan Evaluasi Pertemuan 13."— Transcript presentasi:

1 Perancangan Iteratif, Pengujian, dan Evaluasi Pertemuan 13

2 Participatory Design & Task Analysis Parcipatory design : perancangan yang melibatkan pemakai Parcipatory design : perancangan yang melibatkan pemakai Keterlibatan pemakai dalam perancangan akan : Keterlibatan pemakai dalam perancangan akan : Menghasilkan lebih banyak informasi yang akurat tentang tugas Menghasilkan lebih banyak informasi yang akurat tentang tugas Memberi kesempatan untuk berargumen atas keputusan rancangan Memberi kesempatan untuk berargumen atas keputusan rancangan Memberi rasa keikutsertaan yang membentuk investasi ego dalam implementasi yang sukses Memberi rasa keikutsertaan yang membentuk investasi ego dalam implementasi yang sukses Potensi untuk meningkatkan penerimaan pemakai atas sitem final Potensi untuk meningkatkan penerimaan pemakai atas sitem final

3 Karakteristik perancangan menurut Carrol dan Rosson (1985) : Perancangan adalah suatu proses Perancangan adalah suatu proses Proses perancangan adalah nonhierarkis Proses perancangan adalah nonhierarkis Proses perancangan adalah transformasional secara radikal Proses perancangan adalah transformasional secara radikal Perancangan secara intrinsik melibatkan penemuan tujuan-tujuan baru Perancangan secara intrinsik melibatkan penemuan tujuan-tujuan baru

4 Karakteristik perancangan menurut Carrol dan Rosson (1985) : Proses perancangan adalah nonhierarkis; tidak ketat bottom-up maupun top-down Proses perancangan adalah nonhierarkis; tidak ketat bottom-up maupun top-down Proses perancangan adalah transformasional secara radikal; melibatkan pengembangan solusi sebagian dan sementara yang akhirnya mungkin tidak berperan dalam rancangan akhir Proses perancangan adalah transformasional secara radikal; melibatkan pengembangan solusi sebagian dan sementara yang akhirnya mungkin tidak berperan dalam rancangan akhir

5 Tiga pilar perancangan 1.Guidelines document Tata letak layarTata letak layar Piranti masukan dan keluaranPiranti masukan dan keluaran Urutan aksiUrutan aksi PelatihanPelatihan 2.User interface Software Tools (UIMS) and rapid prototyping tools 3.Usability laboratories and iterative testing

6 1.User interface Software Tools (UIMS) and rapid prototyping tools 1.Pelanggan dan pemakai belum punya gbrn jelas ttg bentuk dan hasil akhir sistem akan terlihat seperti apa 2.Usability laboratories and iterative testing dilakukan uji dari yg paling kecil ke yg paling besar sebelum diberikan ke pelanggan

7 Kriteria terukur untuk antarmuka pemakai : Waktu mempelajari fungsi tertentu Waktu mempelajari fungsi tertentu Kecepatan kinerja tugas Kecepatan kinerja tugas Tingkat kesalahan Tingkat kesalahan Kepuasan subjektif pemakai Kepuasan subjektif pemakai Retensi (daya ingat) terhadap perintah Retensi (daya ingat) terhadap perintah

8 Evaluasi dalam Pemakaian Aktif Survey Survey Wawancara dan diskusi kelompok Wawancara dan diskusi kelompok Konsultasi online atau melalui telepon Konsultasi online atau melalui telepon Kotak saran online atau pelaporan kesulitan Kotak saran online atau pelaporan kesulitan Online bulletin board atau newsgroup Online bulletin board atau newsgroup User newsletter dan konferensi User newsletter dan konferensi

9 Survay Survay Pake setuju, sangat setuju, dst Pake setuju, sangat setuju, dst Wawancara Wawancara Produktif krn pewawancara bs menggali lbh dlm ttg hal2 yg spesifik yg hrs diperhatikan Produktif krn pewawancara bs menggali lbh dlm ttg hal2 yg spesifik yg hrs diperhatikan Diskusi kelompok Diskusi kelompok u/ mencari tau apakah banyak org yg berkomentar sama u/ mencari tau apakah banyak org yg berkomentar sama Konsultasi online Konsultasi online Bantuan bagi pemakai yg kesulitan Bantuan bagi pemakai yg kesulitan Kotak saran Kotak saran Menggunakan u/ kirim pesan ke admin atau perancang Menggunakan u/ kirim pesan ke admin atau perancang Bulletin board Bulletin board Pemasangan pesan2 dan pertanyaan2 terbuka Pemasangan pesan2 dan pertanyaan2 terbuka

10 Daur Hidup Pengembangan Sistem Langkah-langkah : Kumpulkan informasi Kumpulkan informasi Definisikan kebutuhan dan semantik Definisikan kebutuhan dan semantik Rancang sintaksis dan fasilitas pendukung Rancang sintaksis dan fasilitas pendukung Sebutkan piranti-piranti fisik Sebutkan piranti-piranti fisik Kembangkan software Kembangkan software Integrasikan sistem dan sebarkan kepada pemakai Integrasikan sistem dan sebarkan kepada pemakai Pelihara masyarakat pemakai Pelihara masyarakat pemakai Persiapkan rencana evolusi Persiapkan rencana evolusi


Download ppt "Perancangan Iteratif, Pengujian, dan Evaluasi Pertemuan 13."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google